Buka : 06.00 - 21.00
0851 0604 2220 | 0819 1555 0847 | 0812 2794 4404

Wisata Murah Meriah Mengasyikkan di Air Terjun Lepo, Yogyakarta

Air terjun Lepo merupakan salah satu destinasi wisata di kota Yogyakarta yang wajib untuk dikunjungi. Air terjun ini terletak di Dusun Pokoh 1, Desa Dlingo, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Pertama kali dibuka pada tahun 2013, air terjun ini telah menarik banyak wisatawan untuk berkunjung, terutama di akhir pekan atau hari libur nasional. Terletak di kabupaten Bantul, wisatawan hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit saja untuk sampai di lokasi air terjun ini.

Air Terjun Lepo

Sumber Foto : Akun IG @rytamon

Air terjun ini pertama kali ditemukan oleh lurah Dusun Pokoh, Bahrun Wardoyo yang menjabat pada waktu itu. Penemuan ini didasari atas kesukaan beliau mencari tempat-tempat yang memiliki potensi sebagai destinasi wisata. Meski pertama kali dibuka untuk umum pada tahun 2013, namun pengelolaan tempat wisata ini baru dimulai sekitar pertengahan tahun 2014. Proyek pengelolaan sarana dan prasarana di tempat wisata ini baru selesai pada tahun 2016 lalu. Kini, pengunjung dapat dengan mudah menuju ke tempat air terjun ini dengan kendaraan pribadi berupa mobil atau motor.

Air Terjun Lepo

Sumber Gambar : Akun IG @deontosan

Jika Anda sedang berada di pusat kota Yogyakarta, menuju ke lokasi air terjun ini dapat lebih mudah di lakukan dengan melewati Jalan Imogiri Barat ke arah Mangunan. Selanjutnya, masuk ke pertigaan kebun buah Mangunan ke arah pasar Dlingo. Setelah itu, Anda akan memasuki Dusun Pokoh. Jika Anda sudah memasuki Dusun Pokoh, maka Anda hanya perlu mengikuti penunjuk jalan untuk sampai di air terjun Lepo. Jika bingung, jangan khawatir, penduduk di dusun ini terkenal ramah. Anda dapat bertanya kepada penduduk sekitar yang Anda temui dan mereka akan dengan senang hati memberi tahu arah jalan yang benar.

Air Terjun Lepo

Sumber Foto : Akun IG @bustan_arf

Wisatawan yang pernah datang ke tempat ini seringkali menyamakan keindahan alam di air terjun ini dengan Erawan Falls yang terletak di negara Thailand. Jika Anda berkesempatan untuk mengunjungi destinasi wisata satu ini, Anda dapat menyaksikan beberapa tingkat air terjun yang berada dalam satu aliran sungai. Air terjun pertama terletak di samping tempat penarikan uang sumbangan. Air terjun ini terbilang cukup dangkal karena tingginya kurang dari satu meter. Air terjun Lepo sendiri berada di tingkat kedua dengan kedalaman sekitar 10 meter. Terdapat kolam sepanjang 30 meter di bawah air terjun yang biasa dimanfaatkan pengunjung untuk berenang. Sedangkan di tingkat ketiga terdapat kolam dangkal dengan bagian dasar yang tertutup endapan kapur yang terlihat dari permukaan air.

Untuk menikmati keindahan air terjun Lepo, saat artikel ini ditulis, Anda cukup membayar biaya parkir sebesar Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Selebihnya Anda cukup membayar sumbangan seikhlasnya untuk membantu kemajuan fasilitas di area wisata ini. Sangat murah, bukan?

Baca Sebelumnya :

Embung Tambakboyo Elok Cocok untuk Refreshing
Sambel Spesial dan Keunikan dari Bakso Ironayan

About the Author
JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan jasa di bidang rental mobil, rental motor dan paket wisata di Jogja. Berdiri sejak tahun 2009, kami siap memberikan service terbaik untuk Anda. Hubungi kami di nomer telepon: 0819 1555 0847 | 0812 2794 4404 | 0851 0604 2220 dan email : jogja4roda@gmail.com.

Leave a Reply

*

Thanks!

Klik / Tap icon untuk chat WhatsApp dengan admin Jogja Empat Roda