Buka : 06.00 - 21.00
0851 0604 2220 | 0819 1555 0847 | 0812 2794 4404

Yuk Wisata ke Desa Wisata Banyusumurup: Desa Para Pengrajin

Ingin berwisata yang lain dari biasanya bukan ke pantai, gunung, air terjun, atau wisata alam lainnya? Cobalah berkunjung ke Desa Wisata Banyusumurup. Desa ini terletak di Yogyakarta. Yogyakarta memang khas sekali dengan kebudayaan Jawa yang kental sehingga berkunjung ke salah satu desa wisatanya akan membantu memperkaya pengetahuan Anda dengan kebudayaan Jawa.

Banyusumurup

Sumber foto: Akun IG @roh_kyt

Di desa ini Anda akan di suguhkan pemandangan mengenai proses pembuatan keris. Keris adalah senjata tradisional yang berasal dari Jawa. Desa yang terletak di Kabupaten Gunung Kidul ini sangat terkenal dengan produksi kerisnya yang melegenda. Desa Banyusumurup ini terletak di daerah Imogiri, Bantul. Kenapa melegenda, hal tersebut dikarenakan pembuatan keris beserta aksesorisnya sudah dilakukan dari tahun 1950-an. Ada banyak aneka aksesoris keris yang diproduksi di desa ini, diantaranya sarung keris atau disebut warangka serta gagang keris atau yang disebut sebagai pendok.

Dengan berkunjung kesini, Anda akan mengenal seluk beluk pembuatan aksesoris keris. Anda juga dapat bertemu dengan beberapa pengrajin keris ataupun aksesorisnya yang memiliki kualitas terbaik sehingga daya jualnya pun sangat tinggi. Jumlah produksi keris maupun aksesorisnya dari desa ini lumayan banyak. Setiap minggunya sekitar 3 sampai 5 kodi keris beserta aksesorisnya akan di kirim tidak hanya untuk kebutuhan pasar di Yogyakarta, permintaan dari luar Yogyakarta bahkan luar negri juga sangat tinggi. Sehingga keuntungan yang didapat pun cukup besar.

Banyusumurup

Sumber foto: Akun IG @suryono1536

Saat Anda akan berkunjung ke Desa Wisata Banyusumurup, Anda tak perlu khawatir. Desa ini cukup mudah dijangkau dan jalan menuju desa juga cukup mudah untuk diakses. Dari perempatan terminal Giwangan, Anda dapat berjalan lurus menuju arah selatan. Sesampainya Anda di kawasan pertigaan ke makam Imogiri, Anda harus mengambil jalur sebelah kanan. Akan tetapi, tidak ada angkutan umum yang membawa Anda sampai ke desa ini. Anda harus menggunakan kendaraan pribadi atau bisa menggunakan jasa taksi.

Saat sampai disini, Anda akan disambut udara sejuk layaknya saat berada di pedesaan. Meskipun desa ini sudah menjadi sebuah desa wisata yang banyak dikunjungi para wisatawan baik dalam maupun mancanegara, suasana khas pedesaan masih dapat Anda rasakan. Sebagian besar pengrajin keris ataupun aksesoris keris Desa Wisata Banyusumurup adalah produksi rumahan. Sampai saat ini belum banyak sanggar atau merk keris tertentu yang dikembangkan para pengrajin. Akan tetapi ada salah satu pengrajin keris yang terkenal dari desa ini yaitu Pak Jiwo.

Berkunjung ke Desa Wisata Banyusumurup akan memberi sensasi berbeda apalagi untuk Anda penggemar kebudayaan tradisional khususnya Jawa. Anda bisa melihat secara langsung proses pembuatan aneka aksesoris keris dan keris itu sendiri tahap demi tahap. Disini, Anda tidak akan menemukan banyak papan penunjuk seperti ciri khas suatu kawasan wisata lainnya.

 

About the Author
JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan jasa di bidang rental mobil, rental motor dan paket wisata di Jogja. Berdiri sejak tahun 2009, kami siap memberikan service terbaik untuk Anda. Hubungi kami di nomer telepon: 0819 1555 0847 | 0812 2794 4404 | 0851 0604 2220 dan email : jogja4roda@gmail.com.

Leave a Reply

*

Thanks!

Klik / Tap icon untuk chat WhatsApp dengan admin Jogja Empat Roda