Buka : 06.00 - 21.00
0851 0604 2220 | 0819 1555 0847 | 0812 2794 4404

Katanya Pondasi Candi Barong Adalah Sebuah Bukit, Mau Tahu Ceritanya???

Rate this post

Jika sedang liburan dan berwisata di Yogyakarta, biasanya para wisatawan akan menyempatkan waktunya untuk berkunjung ke wisata candi. Sebab, terdapat banyak sekali bangunan dan situs-situs candi yang dapat dilihat oleh para wisatawan. Namun dari sekian banyaknya candi yang ada, hanya ada beberapa saja yang terkenal di Yogyakarta, diantaranya adalah Candi Prambanan, Candi Ratu Boko, dan Candi Borobudur.

Selain candi-candi tersebut masih ada candi lainnya yang menyimpan penggalan cerita sejarah dan mempunyai kenampakan yang tak kalah bagusnya dengan bangunan candi berukuran besar. Salah satu dari candi tersebut, adalah Candi Barong.

candi-barong

Sumber foto : IG @4liceygk

Nampak jelas dari namanya, candi ini mempunyai hiasan menyerupai kepala barong yang khas di Pulau Dewata Bali. Berdasarkan hasil penelitian dari ahlinya, pondasi candi ini sebenarnya adalah bukit yang puncaknya telah dipotong, sehingga untuk menuju ke sini para wisatawan harus menaiki beberapa anak tangga terlebih dahulu. Hal ini terlihat jelas bahwa potongan bukit tersebut dibentuk menjadi balok-balok yang dibuat menjadi pondasi dari bangunan candi. Tak hanya itu saja, candi ini bangunannya terdiri dari tiga teras, sehingga nampak sebagai candi dengan punden berundak.

Lokasi Candi Barong

Lokasi Candi Barong, berada berdekatan dengan Candi Ratu Boko, yaitu masuk di kawasan Desa Candisari, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Candi ini merupakan sebuah bangunan yang terlihat begitu gagah karena letaknya memang berada di daerah perbukitan Batur Agung. Selain Candi Barong, masih banyak obyek wisata di Sleman yang bisa Anda kunjungi.

Kegiatan yang Dapat Dilakukan Di Kawasan Candi Barong

Karena keberadaan candi terdapat di perbuktian, menjadikan area sekitar candi mempunyai suhu udara yang terasa segar dan sejuk. Terlebih lagi, lokasinya juga jauh dari keramaian kota dan jauh dari jalanan utama, sehingga para wisatawan yang berkunjungi ke candi ini dapat melihat bukti sejarah sembari bersantai dan menikmati pemandangan di area sekitar. Kemudian, dari puncak candi para wisatawan dapat menyaksikan matahari terbenam atau sunset.

candi-barong

Sumber foto : IG @febrianaakr

Waktu Terbaik Ketika Mengunjungi Candi Barong

Saat memutuskan untuk mengunjungi candi ini, maka waktu terbaik yang direkomendasikan untuk mengunjunginya adalah pada sore hari, tepatnya diantara bulan Mei hingga bulan September.

Harga Tiket Masuk

Untuk bisa melihat keindahan candi ini, para wisatawan harus mengeluarkan biaya sekitar Rp. 3.000,- per orangnya. Harga yang terbilang sangat murah untuk berdestinasi wisata candi dan mengenal penggalan-penggalan kisah sejarah yang dimilikinya. Hal ini disebabkan karena andi ini memang tidak dikelola oleh pihak Taman Wisata Candi, sehingga tiketnya dapat dibeli dengan murah.

Para wisatawan yang ingin mengunjungi Candi Prambanan dan Candi Ratu Boko, sebaiknya sekalian saja menyempatkan waktu untuk singgah ke Candi Barong, karena letak ketiga candi ini memang tidak terlalu jauh serta rute perjalanannya juga dapat ditempuh dengan mudah dan cepat.

Tentang Kami
JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan jasa di bidang rental mobil, rental motor dan paket wisata di Jogja. Berdiri sejak tahun 2009, kami siap memberikan service terbaik untuk Anda. Hubungi kami di nomer telepon: 0819 1555 0847 | 0812 2794 4404 | 0851 0604 2220 dan email : jogja4roda@gmail.com.

Leave a Reply

*

Thanks!

WA CS 1

WA CS 2