Buka : 06.00 - 21.00
0851 0604 2220 | 0819 1555 0847 | 0812 2794 4404

Relief Hewan pada Candi Gampingan di Piyungan Bantul

Mungkin sekilas tempat wisata ini, terdengar begitu asing di telinga wisatawan. Meskipun terdengar asing, tetapi Candi Gampingan memiliki relief dan cerita yang cukup menarik untuk disimak. Berdasarkan beberapa kabar yang beredar candi ini merupakan candi yang tidak disengaja ditemukan. Berikut seputar informasi wisata di tempat tersebut:

Candi Gampingan merupakan sebuah candi yang ditemukan secara tidak sengaja. Candi ini ditemukan oleh seorang pengrajin batu bata pada tahun 1995. Lokasi tepatnya Candi ini berada di Dusun Gampingan, Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Candi ini tergolong objek wisata yang masih sepi pengunjung, karena tidak banyak orang tahu mengenai keberadaan candi ini.

Mendengar kata candi, Anda pasti beranggapan dengan sebuah batu besar yang berdiri kokoh. Namun, tidak pada candi yang satu ini. Awalnya candi ini merupakan sebuah bangunan candi yang besar, namun lama-kelamaan candi tersebut mengecil dan sudah tidak utuh lagi. Kini candi tersebut hanya identik dengan sebuah bukit. Meskipun ukurannya kecil, candi ini memiliki relief yang sangat cantik.

Salah satu relief cantik yang bisa ditemukan di candi ini adalah relief hewan yang tergambar jelas pada kaki candi. Selama ini, tidak banyak candi yang memiliki relief berupa hewan, tetapi faktanya candi satu ini memilikinya. Menariknya, relief yang tergambar pada kaki candi dihiasi dengan suluran-suluran atau akar tanaman pohon teratai yang memiliki pengertian sebagai sumber kehidupan. Relief-relief hewan yang paling banyak mendominasi di candi ini adalah burung. Salah satu relief burung yang paling istimewa adalah relief berupa gambar burung gagak yang memiliki paruh besar, tubuh kuat, sayap mengembang dan ekornya berbentuk seperti kipas.

Candi Gampingan

Sumber foto: www dot matarama dot co dot id

Selain itu, juga terdapat relief ayam jantan yang memiliki dada busung dan sayap mengembang. Di tempat lain, juga dijumpai relief yang tidak kalah menarik yaitu burung pelatuk yang diilustrasikan memiliki jambul di kepala, paruh yang panjang dan runcing. Pembuatan relief burung pada Candi Gampingan sebenarnya berhubungan dengan keyakinan masyarakat setempat terhadap kekuatan transedental yang dimiliki burung. Masyarakat yakin, bahwa burung merupakan perwujudan para dewa yang membawa pesan sejahtera dari surga atau nirwana. Selain itu, burung juga ditafsirkan sebagai kebebasan multak yang merupakan simbol sebuah jiwa manusia yang terlepas dari raganya.

Selain relief burung yang mendominasi, terdapat juga relief yang menggambarkan katak. Katak dipercaya memiliki kekuatan gaib yang luar biasa dan mampu memberi hujan. Masyarakat beranggapan bahwa air hujan yang diberikan katak bisa meningkatkan hasil panen yang melimpah. Arti lain dari simbol katak adalah kebangkitan hidup manusia menuju kearah yang lebih baik. Hal menarik lain dari candi ini adalah ditemukannya Arca Jambhala dalam keadaan bersemedi yang tubuhnya dihiasi dengan bunga teratai berjumlah 8 helai.

Banyak wisatawan yang berpendapat, bahwa mengunjungi Candi Gampingan mengingatkan Anda mengenai usaha Anda untuk menuju kesejahteraan. Namun, semua itu mungkin hanya wujud representasi dari rasa kekaguman saja. Lalu, bagaimana dengan Anda?

Baca Sebelumnya :Berlibur Bersama Keluarga di Candi Mendut Magelang Jawa Tengah

Lokasi Candi Gampingan menurut Google Map :

About the Author
JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan jasa di bidang rental mobil, rental motor dan paket wisata di Jogja. Berdiri sejak tahun 2009, kami siap memberikan service terbaik untuk Anda. Hubungi kami di nomer telepon: 0819 1555 0847 | 0812 2794 4404 | 0851 0604 2220 dan email : jogja4roda@gmail.com.

Leave a Reply

*

Thanks!

Klik / Tap icon untuk chat WhatsApp dengan admin Jogja Empat Roda