Buka : 06.00 - 21.00
0851 0604 2220 | 0819 1555 0847 | 0812 2794 4404

Menilik Cagar Budaya Candi Klodangan

Jika Anda ingin berwisata sambil belajar tentang sejarah, sebaiknya datanglah ke kabupaten Sleman, Yogyakarta. Karena Anda dapat menemukan berbagai macam candi yang menjadi peninggalan sejarah pada jaman dahulu. Selain tidak menghabiskan banyak uang, Anda juga akan mendapatkan pengetahuan mengenai sejarah yang ada. Selain Candi Morangan, ada candi lain yang tidak tersusun rapi yaitu Candi Klodangan. Candi tersebut terletak di kecamatan Berbah, tepatnya di dusun Klodangan, desa Sendangtirto dan ditemukan pada 3 Juni 1998.

Lokasi candi ini sangat unik karena berada di tengah-tengah persawahan sehingga Anda harus melewati sawah terlebih dahulu untuk menuju ke lokasi candi. Sejarah ditemukannya candi ini pun sangat menarik. Candi ini ditemukan oleh warga setempat yang sedang mengolah tanah untuk dijadikan bahan batu bata. Cukup sulit memang untuk menemukan dimana candi ini berada, sehingga Anda harus bertanya dengan warga setempat. Tidak banyak yang mengetahui tentang keberadaan candi ini, jadi pertama yang harus Anda tanyakan pada warga setempat adalah dimana gapura Dukuh Karangasem berada. Kemudian setelah Anda sampai ke gapura tersebut, tanyakan lagi kepada warga setempat dimana batu Candi Klodangan berada.

Candi Klodangan

Sumber foto: IG @dahpz

Candi ini terbuat dari batu putih yang diperkirakan berasal pada abad ke 9 M sampai 10 M. Candi ini belum selesai dibangun sehingga Anda hanya melihat reruntuhan atau pondasi dari candi saja. Candi yang berada pada kedalaman 120 cm dari atas permukaan tanah ini berdenah bujur sangkar. Belum selesainya bangunan candi tersebut membuat peneliti sulit mengidentifikasi apakah candi tersebut sebagai candi Buddha atau candi hindu. Meskipun begitu, Balai Pelestarian Cagar Budaya Yogyakarta mengelompokkannya sebagai Candi Hindu.

Pada kawasan Candi Klodangan, Anda mungkin akan menemukan papan informasi. Namun, papan tersebut tidak menyediakan informasi apapun mengenai candi yang ada. Apabila Anda ingin mengetahui informasi atau bahkan sejarah tentang candi tersebut, Anda bisa menanyakannya kepada warga yang ada di sekitar candi. Sisa-sisa reruntuhan yang ada tidak besar dan juga tidak kecil, ukuran candi ini juga tidak tinggi. Di dekat reruntuhan candi ini, mungkin Anda akan menemukan semacam galian yang terdapat susunan batu di dalamnya. Susunan batu ini merupakan sisa peninggalan sejarah yang sudah terkubur sejak lama.

Baca Juga :Mengintip Pesona Candi Sewu (Sewu Temple) dan Kisah Percintaan Roro Jonggrang

Untuk memasuki wisata candi ini tidak dipungut biaya sama sekali alias gratis, tetapi untuk Anda yang ingin menyaksikan peninggalan bersejarah yang unik ini juga harus menjaga lingkungan di sekitar Candi Klodangan. Dan yang lebih pentingnya lagi, reruntuhan candi yang ada harus dijaga dengan tidak mencoret-coretnya. Karena meskipun berupa reruntuhan saja, hal tersebut juga merupakan salah satu bukti peninggalan sejarah yang harus dilestarikan dan dijaga dengan baik agar situs ini tidak hilang dan punah.

Lokasi Candi Klondangan di Google Map :

 

About the Author
JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan jasa di bidang rental mobil, rental motor dan paket wisata di Jogja. Berdiri sejak tahun 2009, kami siap memberikan service terbaik untuk Anda. Hubungi kami di nomer telepon: 0819 1555 0847 | 0812 2794 4404 | 0851 0604 2220 dan email : jogja4roda@gmail.com.

Leave a Reply

*

Thanks!

Klik / Tap icon untuk chat WhatsApp dengan admin Jogja Empat Roda