Buka : 06.00 - 21.00
0851 0604 2220 | 0819 1555 0847 | 0812 2794 4404

Berlibur Bersama Keluarga di Candi Mendut Magelang Jawa Tengah

Candi Mendut merupakan candi Budha yang masuk dalam rangkaian candi Budha bersama dengan Candi Borobudur dan Candi Pawon. Lokasi objek wisata ini berada di Desa Mendut, Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah atau berjarak kurang lebih 3 km dari komplek Candi Borobudur di sebelah timurnya. Ukurannya memang tidak terlalu besar tetapi yang menarik dari candi ini adalah adanya arca berukuran besar di dalam bilik candi. Arca Dyani Budha Cakyamuni atau Vairocana, arca Budha Avalokitesvara, dan arca Bodhisatva Vajrapani, semua arca-arca Budha tersebut memiliki tinggi hingga 3 meter.

Keunikan candi ini adalah arah pintu utama, jika kebanyakan candi Budha menghadap ke arah timur akan tetapi berbeda dengan Candi Mendut yang menghadap ke arah barat. Saat anda melihat ke dalam bilik candi, terdapat arca Dyani Budha Cakyamuni dalam posisi duduk dan posisi tangan memutar roda dharma menghadap pintu utama di arah barat. Di sisi utara dalam bilik candi terdapat arca Budha Avalokitesvara menghadap ke arah selatan berhadapan dengan arca BodhisatvaVajrapani yang menghadap ke arah utara. Di hadapan 3 arca Budha tersebut terdapat bunga segar, hio, dan hiolo.

Candi Mendut

Sumber foto: Akun Instagram @wirfanindra

Dinding candi dipahat dengan panel relief kisah fabel atau hewan. Di sisi kanan ada relief kisah kura-kura dan dua burung bangau. Kisah seekor kera dan buaya juga ada di panel relief dinding candi, dan ada juga panel relief kisah seekor gajah. Kisah-kisah tersebut merupakan fabelyang ada dalam kisah Jataka. Berdasarkan peninggalan berupa prasasti Kayumwungan, Candi Mendut dibangun oleh Raja Indra pada wangsa Syailendra. Bangunan candi ini memiliki ketinggian mencapai 3.7 meter yang berdiri gagah di atas bagian kaki candi.

Di sekitar komplek candi juga ada bangunan yang disebut Buddhist Monastery. Bagi wisatawan yang ingin masuk ke Buddhist Monastery akan melihat jajaran stupa di sepanjang jalan masuknya dan kolam yang dipenuhi dengan bunga teratai. Di tempat ini biasanya diadakan sebuah ritual yang disebut chanting atau meditasi. Bukan hanya untuk umat Budha ritual meditasi dengan mendengarkan musik dan lagu ini. Anda yang penasaran dan ingin melihat ritual chanting dapat datang sekitar pukul 19.00-20.00 WIB. Suasana tenang dan khusyuk bisa didapatkan di tempat ini.

Candi Mendut

Sumber foto: Akun Instagram @ria_citra10

Di komplek luar candi juga banyak terdapat kios souvenir, Anda bisa berbelanja cindera mata sebagai oleh-oleh. Fasilitas yang sudah disediakan di objek wisata ini antara lain, area parkir, tempat penginapan, kamar mandi atau toilet, dan mushola. Bagi Anda yang berkeliling ke arah utara dari komplek Candi Mendut juga bisa menemukan Vihara Buddha Mendut. Di area vihara, Anda dapat melihat patung Budha, tempat peribadatan, dan juga taman.

Baca Juga :Candi Sambi Sari, Candi Hindu yang Terpendam

About the Author
JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan jasa di bidang rental mobil, rental motor dan paket wisata di Jogja. Berdiri sejak tahun 2009, kami siap memberikan service terbaik untuk Anda. Hubungi kami di nomer telepon: 0819 1555 0847 | 0812 2794 4404 | 0851 0604 2220 dan email : jogja4roda@gmail.com.

Leave a Reply

*

Thanks!

Klik / Tap icon untuk chat WhatsApp dengan admin Jogja Empat Roda