Buka : 06.00 - 21.00
0851 0604 2220 | 0819 1555 0847 | 0812 2794 4404

Sayang Dilewatkan, Kunjungi Keindahan Curug Banyunibo di Bantul

Rate this post

Bantul merupakan sebuah wilayah yang terletak di sebelah selatan Yogyakarta, dimana terkenal dengan beragam wisatanya. Mulai dari wisata alamnya, wisata kulinernya, dan sentra kerajinan yang beraneka ragam. Wisata alam selain pantai, yang bisa anda kunjungi di kawasan Bantul adalah Curug Banyunibo.

curug-banyunibo

Sumber foto: IG @explore.awesomeness

Curug Bayunibo merupakan air terjun yang masih tergolong baru, kini sudah mulai dikembangkan menjadi obyek wisata oleh warga sekitar. Secara administratif, curug ini terletak di Dusun Kabrokan kulon, Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul. Perjalanan menuju Curug Banyunibo ini, terbilang cukup sulit mulai jalanan yang berliku, aspal yang tidak rata, dilanjutkan dengan jalanan setapak yang dikeraskan dengan cor blok menyusuri hutan dan deretan perkampungan. Perjalanan yang melelahkan, akan dibuat menjadi ringn dengan pemandangan sekeliling, lokasi curug ini memang sedikit mblusuk.

Rute Menuju ke Curug Banyunibo, Bantul

Untuk menuju ke Curug Banyunibo wisata di Bantul, anda bisa menggunakan kendaraan pribadi. Perjalanan anda menuju ke Daerah Pajangan, cukup susuri ring road selatan menuju Pabrik Gula Madukismo. Perjalanan dilanjutkan menuju Desa Krebet, setibanya di Desa Krebet arahkan kendaraan anda belok kanan. Petunjuk objek wisata Curug Banyunibo sangatlah kecil, anda harus jeli agar tidak kesasar, atau anda bisa bertanya ke penduduk sekitar. Untuk tiket parkir, anda akan dikenakan tarif sebesar Rp 2.000 saja. Mengunjungi curug ini sebaiknya pada saat musim hujan, karena debit air akan semakin deras, dibandikan dengan musim kemarau.

curug-banyunibo

Sumber foto : IG @hendra_gbleack

Pesona Alam Curug Banyunibo

Sekilas berbeda dengan air terjun lain yang airnya jatuh kebawah dari atas ketinggian. Air terjun ini lebih mirip seperti lereng jurang dari bebatuan kapur yang kemudian dilalui aliran air. Airnya sangat jernih dengan pantulan warna hijau dari lumur yang tumbuh di bebatuan. Selain pemandangan alam dan jernihnya air, sangat cocok digunakan sebagai background foto. Keasrian hutan yang menjadi latar belakang, seolah menambah keindahan dan ketenangan. Suasana yang tenang dan nyaman, membuat anda enggan untuk pergi menikmati keindahan yang disuguhkan oleh Curug Banyunibo wisata di Bantul.

Airnya yang jernih siap menggoda anda untuk bermain basah-basahan, menikmati kesegaran air dari aliran air curug. Banyak sekali anak-anak yang bermain air dibawah air terjun tersebut, selain itu bagi anda yang menyukai tantangan bisa melakukan pendakian menyusuri aliran air Curug Banyunibo. Anda harus ekstra hati-hati, karena bebatuan curug yang cukup licin dengan kemiringan yang cukup vertikal, sekitar 70 derajat. Tempat wisata ini memang menyimpan pesona keindahan alam yang menakjubkan, karena objek wisata ini masih terbilang baru maka fasilitas penunjangnya masih sangat sederhana. Lapak-lapak sederhana milik warga setia menjajakan makanan dan minuman, sebagai pelengkap untuk menikmati keindahan Curug Banyunibo ini.

Hal unik lain yang membuat wisatawan semakin kagum adalah, kebersihan objek wisata yang dijaga oleh warga setempat. Terbukti dengan tidak adanya sampah di area sekitar, dan pepohonan yang tumbuh masih rindang.
Itulah tadi sekilas tentang objek wisata Curug Banyunibo. Mengunjungi Yogyakarta rasanya tidak lengkap kalau tidak mengunjungi objek wisata satu ini. Tetaplah menjaga kebersihan tempat wisata, jangan merusak apa yang tidak seharusnya anda rusak. Dijamin objek wisata ini tidak akan mengecewakan anda, ayo tulis di agenda wisata anda ke Yogyakarta. Selamat berlibur, semoga liburan anda menyenangkan dan mengesankan.

Tentang Kami
JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan jasa di bidang rental mobil, rental motor dan paket wisata di Jogja. Berdiri sejak tahun 2009, kami siap memberikan service terbaik untuk Anda. Hubungi kami di nomer telepon: 0819 1555 0847 | 0812 2794 4404 | 0851 0604 2220 dan email : jogja4roda@gmail.com.

Leave a Reply

*

Thanks!

WA CS 1

WA CS 2