Buka : 06.00 - 21.00
0851 0604 2220 | 0819 1555 0847 | 0812 2794 4404

Dawet Sambel Mbah Wakijem, Kuliner Nyentrik di Kulon Progo

Masih jarang sekali informasi yang ada tentang wisata kuliner di Kulon Progo. Kebanyakan yang diberitakan adalah kuliner yang berada di Kota Jogja, Sleman, Bantul dan Gunung Kidul. Padahal di Kulon Progo ini menyimpan banyak sekali macam kuliner yang bisa Anda nikmati saat melakukan trip ke sana, salah satunya adalah Dawet sambel Mbah Wakijem.

Dawet Sambel Mbah Wakijem

Dawet Sambel Mbah Wakijem, Sumber Foto : IG @makankeliling

Dawet yang biasa kita temui pada umumnya selalu disajikan dengan es batu atau campuran santan serta gula merah. Namun Dawet sambel Mbah Wakijem ini agak nyentrik, dawetnya dikasih sambal dan bawang goreng. Dawet sambel atau biasa juga disebut dawet pecel adalah makanan khas yang dulu sering ada di dekitar pegunungan Menoreh dan sering dijual di pasar tradisional. Namun untuk saat ini makanan tersebut sudah susah ditemui, tapi ada 1 warung yang masih konsisten menjual jajanan nyentrik ini yakni Mbah Wakijem.

Sedikit membahas tentang bahan-bahan dasar yang digunakan dalam menyajikan dawet sambel ini antara lain dengan bahan baku pati ganyong, kecambah, sambel kacang, bawang goreng dan kerupuk singkong. Bahan dasarnya beda dengan dawet ayu yang berbahan kanji / tepung singkong yang sering kita makan. Dari bahan-bahan tersebut muncullah sajian / jajanan yang unik dengan tekstur dawet yang begitu lembut, taburan bawang goreng yang gurih serta sambel kacang yang menciptakan sensasi menawan di mulut kita.

Dawet Sambel Mbah Wakijan, Sumber Gambar : IG @waone_justin

Jajanan Dawet sambel mbah wakijem ini bisa kita dapatkan di kawasan wisata Grojogan Sewu yang berada di Desa Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo, Yogyakarta. Kawasan wisata Grojokan Sewu ini baru dibuka pada tahun 2013 dan air terjunnya memiliki ketinggian sekitar 10 meter. Jadi warung mbah Wakijem ini juga dibuka pada tahun 2013. Dawet sambel mbah wakijem buka setiap hari dan biasa buka dari jam 6 pagi sampai jam 4 sore. Selain dawet sambel, mbah Wakijem juga menyediakan jajanan dawet ayu dan geblek (makanan khas Kulon Progo). Untuk harganya jangan khawatir, jajanan tersebut tidak akan menghabiskan uang di kantong Anda. Cukup dengan uang 3.000 rupiah, Anda bisa merasakan nikmatnya kuliner khas ala pegunungan Menoreh.

Kuliner Menarik Lainnya :
Bakmi Jowo Mbah Gito yang Unik, Asyik dan Rasanya Ciamik is locked Bakmi Jowo Mbah Gito yang Unik, Asyik dan Rasanya Ciamik
Kampung Flory, Sebuah Kemasan Wisata Jogja All In One ala nDeso

About the Author
JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan jasa di bidang rental mobil, rental motor dan paket wisata di Jogja. Berdiri sejak tahun 2009, kami siap memberikan service terbaik untuk Anda. Hubungi kami di nomer telepon: 0819 1555 0847 | 0812 2794 4404 | 0851 0604 2220 dan email : jogja4roda@gmail.com.

Leave a Reply

*

Thanks!

Klik / Tap icon untuk chat WhatsApp dengan admin Jogja Empat Roda