Buka : 06.00 - 21.00
0851 0604 2220 | 0819 1555 0847 | 0812 2794 4404

Ragam Pesona Desa Wisata Di Jogja Yang Tidak Ada di Kota Lain

Yogyakarta dikenal sebagai salah kota di Indonesia yang mempunyai berbagai tempat-tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi, salah satu diantaranya adalah tempat wisata alam, tempat wisata sejarah, tempat wisata keluarga dan masih banyak lagi yang lainnya.

Namun, diantara itu semua ada satu jenis wisata yang tak boleh terlewatkan untuk dilakukan, yaitu tempat wisata desa. Kendati DI Yogyakarta merupakan salah satu Provinsi terkecil kedua di Pulau Jawa, setelah Jakarta tetapi Provinsi ini tetap menjadi kawasan yang indah karena dikelilingi oleh pegunungan dan pantai yang memiliki pemandangan alam nan indah.

Yogyakarta mempunyai satu Kotamadya dan empat Kabupaten. Akan tetapi, Yogyakarta terdiri atas beberapa desa dalam jumlah yang cukup banyak, sebagian besar dari desa-desa tersebut merupakan desa wisata di Jogja yang dapat dijadikan tempat tujuan wisata yang menarik karena masing-masing desa mempunyai ciri khas tersendiri.

Diketahui beberapa tempat-tempat desa wisata di Jogja yang wajib dikunjungi oleh para wisatawan yang ingin mengetahui dan mengenal lebih jauh tentang kebudayaan, kebiasaan serta apa saja yang membuat desa-desa tersebut menarik untuk dikunjungi. Lebih tepatnya ada puluhan desa wisata namun Jogja Empat Roda menghimpun sedikit beberapa desa wisata yang sering dikunjungi, antara lain:

Desa Wisata Candran

Salah satu desa yang terdapat di Jogja menyuguhkan beberapa hal yang tidak ditemukan pada daerah perkotaan yaitu nuansa alam pertanian. Desa Candran yang berada di dusun Mandingan, Kelurahan Kebonagung, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta ini memang terkenal sebagai wisata desa yang sangat menyenangkan. Hal ini disebabkan karena para wisatawan yang melakukan wisata desa, di Desa Candran dapat ikut mencoba untuk bertani secara tradisional.

desa-wisata-di-jogja

Sumber foto : bisnis.liputan6.com

Di desa ini juga terdapat sebuah museum yang di dalamnya terdapat peralatan pertanian yang masih tradisional, sehingga para wisatawan dapat mengetahui dan melihat secara langsung apa saja alat-alat yang biasa digunakan oleh para petani di desa ini.

 

Desa Wisata Nglinggo

Wilayah di Indonesia yang terkenal akan perkebunan teh yang dimiliki adalah, Puncak, Bogor. Namun, di wilayah DI Yogyakarta wisatawan juga dapat menikmati pemandangan kebun teh yang berada di Desa Nglinggo, yang terletak di Kelurahan Pagerharjo, Kabupaten Samigaluh, yang letaknya tak berada jauh dari Puncak Suroloyo.

desa-wisata-nglinggo-jogja

Sumber foto : kanaljogja*com

Desa Nglinggo berada di dataran tinggi, sehingga sangat pas dijadikan sebagai lahan perkebunan teh yang hijau. Saat ingin melakukan perjalanan wisata desa, di Desa Nglinggo para wisatawan tak hanya dapat menyaksikan hamparan perkebunan teh yang hijau dan indah, karena di desa ini juga terdapat air terjun Curug Watu Jenggol yang bisa didatangi.

 

Desa Kasongan

Para wisatawan yang sering melakukan desa wisata di Jogja pasti sudah mengetahui tentang desa Kasongan yang letaknya berada di kawasan Pendukuhan Kajen, Desan Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan, Kabupatan Bantul Yogyakarta. Untuk sampai ke wisata desa, di Desa Kasongan ini para wisatawan harus melakukan perjalanan sekitar 7 km dari pusat kota Jogja.

kasongan

Desa Kasongan merupakan kawasan yang terkenal akan produksi gerabahnya. Oleh karena itu, desa ini banyak dikunjungi para wisatawan yang merupakan pencinta gerabah untuk dijadikan sebagai barang koleksi. Tak hanya itu saja, para wisatawan yang datang ke desa ini juga dipersilahkan untuk belajar membuat kerajinan gerabah.

About the Author
JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan jasa di bidang rental mobil, rental motor dan paket wisata di Jogja. Berdiri sejak tahun 2009, kami siap memberikan service terbaik untuk Anda. Hubungi kami di nomer telepon: 0819 1555 0847 | 0812 2794 4404 | 0851 0604 2220 dan email : jogja4roda@gmail.com.

Leave a Reply

*

Thanks!

Klik / Tap icon untuk chat WhatsApp dengan admin Jogja Empat Roda