Buka : 06.00 - 21.00
0851 0604 2220 | 0819 1555 0847 | 0812 2794 4404

Jalan-jalan ke Desa Wisata Purwosari Kulon Progo Daerah Istimewa Yogyakarta

Yogyakarta memang kota yang istimewa. Kota pelajar ini tak hanya populer dengan orangnya yang ramah. Tempat-tempat wisatanya pun menawarkan keelokan yang hakiki. Salah satu kawasan yang patut dikunjungi ketika berlibur ke Jogja adalah Desa Wisata Purwosari. Desa ini terletak di kawasan Kulonprogo, salah satu Kabupaten yang kaya akan wisata alamnya. Di area ini ada beberapa obyek wisata menarik yang bisa dieksplor.

  1. Ayunan langit

Salah satu wahana favorit dan sedang hits di desa wisata ini adalah Ayunan Langit. Ayunan ini sangat unik dan menjadi tantangan tersendiri bagi para pelancong yang gemar melatih keberanian. Pengunjung bisa merasakan keindahan alam Kulonprogo yang hijau sembari duduk di ayunan setinggi 700 meter. Adrenalin Anda akan terpacu dan bermain ayunan di sini akan menjadi pengalaman seru yang tak terlupakan. Hanya dengan membayar Rp 30.000 saja, pengunjung bisa dengan bebas berkeliling area wisata dan mencoba merasakan pemandangan sambil naik ayunan ini.

Desa Wisata Purwosari

sumber foto: akun IG @sahitefirdaus

  1. Gua Kidang Rencang

Selain itu, Desa Wisata Purwosari juga terkenal memiliki goa yang indah. Para pecinta goa harus singgah ke Kidang Rencang ini. Goa ini memiliki panjang 350 meter dengan mulut goa berdiameter 2 meter. Pemandangan goa sangat eksotis. Di sini Anda bisa melihat keindahan stalakmit dan stalaktit.

Menurut cerita penduduk sekitar, ada cerita dibalik nama goa ini. Dahulu hiduplah seorang kakek bernama Mbah Bongsoriyo. Kakek ini memiliki seekor kambing piaraan. Suatu hari hewan piaraan ini hilang dan ia menemukannya di goa. Uniknya, si kambing yang hilang sedang bersama seekor rusa. Itulah mengapa diberinama Kidang Rencang. Untuk membantu penelusuran goa, Anda diwajibkan mengenakan head lamp. Jangan khawatir karena perlengkapan ini bisa dipinjam sebelum Anda memasuki goa.

  1. Curug Glimpang

Tak bisa menikmati goa yang unik, Anda dan keluarga bisa bermain air di Curug Glimpang. Jika berencana datang ke Curug ini, usahakan tidak di musim kemarau. Sebab, air yang mengalir akan lebih sedikit. Di kawasan ini, Anda dan keluarga bisa bersantai sambil menikmati rindangnya pepohonan yang hijau. Suasana alam yang sejuk bisa membuat pikiran lebih fresh dan rileks.

Desa Wisata Purwosari

sumber foto : Akun IG @curug_glimpang

Curug Glimpang

sumber foto: IG @infojogja.co

Desa ini kaya akan tempat wisata yang masih jarang dikunjungi wisatawan. Padahal, alamnya sangat layak dan indah untuk dikunjungi. Untungnya pemerintah setempat telah mengembangkan dan mempromosikan area tersebut. Diharapkan area wisata Kulonprogo khususnya Desa Purwosari bisa lebih terkenal dibandingkan saat ini. Itulah sedikit contoh beberapa obyek wisata yang terdapat di Desa Wisata Purwosari Kulonprogo. Untuk bisa sampai ke daerah ini, dari pusat Kota Jogjakarta Anda harus menghabiskan waktu sekitar 1,5 hingga 2 jam. Meskipun perjalanannya cukup lama, namun panorama alam yang akan dilihat sungguh menakjubkan. Selamat berlibur!

Artikel Sebelumnya :
Menikmati Kulon Progo dari Atas Puncak Sewunut
Warung Makan Legendaris Jadah Tempe Mbah Carik

About the Author
JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan jasa di bidang rental mobil, rental motor dan paket wisata di Jogja. Berdiri sejak tahun 2009, kami siap memberikan service terbaik untuk Anda. Hubungi kami di nomer telepon: 0819 1555 0847 | 0812 2794 4404 | 0851 0604 2220 dan email : jogja4roda@gmail.com.

Leave a Reply

*

Thanks!

Klik / Tap icon untuk chat WhatsApp dengan admin Jogja Empat Roda