Buka : 06.00 - 21.00
0851 0604 2220 | 0819 1555 0847 | 0812 2794 4404

Geblek Mbah Yol, Penganan Tradisional Legendaris Kulon Progo

Kulon Progo merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Selain terkenal dengan tempat wisata alam Kalibiru yang eksotis, makanan khas nya pun tidak kalah unik dan menarik. Salah satunya adalah Geblek Mbah Yol.

Geblek Mbah Yol

Geblek Mbah Yol, Sumber Gambar: www dot aksaraku dot com

Geblek dalam bahasa Jawa bisa di artikan sebagai umpatan untuk mengatai seseorang, tapi bukan itu yang dimaksudkan. Geblek merupakan makanan khas Kulon Progo yang terbuat dari singkong. Singkong diparut kemudian diambil sarinya, dicampur dengan bumbu seperti bawang putih, garam serta bumbu-bumbu lainnya. Geblek hanya memiliki satu rasa dan bentuk yang khas. Yakni berbentuk seperti angka delapan (8).

Geblek akan terasa lebih nikmat rasanya apabila dimakan bersama besengek bacem. Besengek adalah olahan sejenis tempe yang terbuat dari benguk atau kacang koro. Perpaduan yang pas antara gurih asinnya geblek dengan manis nya besengek tempe bacem membuat ketagihan setiap kali menyantap geblek.

Geblek Mbah Yol, Sumber Foto: aksaraku dot com

Untuk menemukan makanan ini tidaklah sulit, geblek banyak dijual di pasar ataupun warung-warung di Kulon Progo. Bahkan banyak penjaja makanan di tempat-tempat wisata di Kulon Progo yang menjual geblek. Namun ada salah satu tempat penjual geblek yang terkenal di Kulon Progo yaitu Geblek Mbah Yol.

Geblek Mbah Yol berlokasi di Desa Garang, Tawangsari, Pengasih, Kulon Progo. Mbah yol mulai berjualan geblek sejak masih muda hingga sekarang berusia sekitar 70 tahunan. Meskipun usianya sudah senja tidak menyurutkan semangat Mbah Yol membuat geblek, karena beliau beranggapan bahwa dengan tetap membuat dan menjual geblek akan bisa membagi kebahagiaan kepada sesama.

Geblek, Sumber Gambar http://forum.liputan6.com

Untuk mendapatkan sebesek Geblek Mbah Yol tidaklah mahal, karena harga jenis makanan ini sangat terjangkau, hanya dengan merogoh kocek sepuluh ribu aja kita sudah bisa menikmati kelezatan Geblek Mbah Yol yang legendaris.

Semoga Geblek Mbah Yol akan tetap menjadi panganan dan oleh-oleh yang akan dicari dan dinikmati para pelancong, disamping maraknya oleh-oleh kekinian yang hadir di Yogyakarta. Jangan lupa mampir ke warung ini ya..

Artikel Sebelumnya :
Lapar di Tengah Malam? Makan aja ke Gudeg Bromo Bu Tekluk
Ngayogjazz 2017, Event Musik Jazz Tahunan yang Paling Dinanti
Mau Berburu Kuliner di Malam Hari? Sate Klatak Pak Jono, Recommended Untuk Dicoba

Tentang Kami
JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan jasa di bidang rental mobil, rental motor dan paket wisata di Jogja. Berdiri sejak tahun 2009, kami siap memberikan service terbaik untuk Anda. Hubungi kami di nomer telepon: 0819 1555 0847 | 0812 2794 4404 | 0851 0604 2220 dan email : jogja4roda@gmail.com.

Leave a Reply

*

Thanks!

Klik / Tap icon untuk chat WhatsApp dengan admin Jogja Empat Roda