Buka : 06.00 - 21.00
0851 0604 2220 | 0819 1555 0847 | 0812 2794 4404

Susur Sungai Karst Tubing Sedayu Bantul Yogyakarta

Lokasi Karst Tubing Sedayu terletak di Jalan Wates kilometer 9,5, tepatnya di Surobayan, masuk ke wilayah Sedayu, Bantul. Dari kota Jogja berjalanlah menuju Jalan Wates. Tempat rekreasi ini difungsikan bagi yang memang ingin bermain air. Sesudah melewati Pertamina yang ada di kanan jalan, kemudian masih lurus dengan jarak kurang lebih 300 meter. Nanti bertemu dengan pertigaan sebelum ada belokan dengan posisi agak menurun. Di pertigaan tadi, lalu belok kiri. Disana akan terlihat plang sebagai petunjuk arah. Jalannya cukup mudah untuk diakses, sebab telah tersedia tidak hanya parkir motor, tetapi juga tempat parkir mobil.

Karst Tubing Sedayu

Sumber Foto : IG @aan_c3

Hanya untuk biaya tubing dikenakan biaya sebesar Rp 30.000, sedangkan bila ingin minta jasa pengambilan gambar, maka biaya yang dikenakan adalah Rp 50.000. File hasil gambar bisa diambil langsung di kasir sesudah selesai. Hal pertama yang diperlukan ketika berada di Karst Tubing Sedayu adalah memakai sebuah lifejacket serta pelampung. Sebagai pengaman pada alas kaki dipakai sepatu yang memang telah disediakan. Pihak pengelola akan memberikan pengarahan bagaimana selama bermain susur sungai sebelum akhirnya bermain air. Aliran sungai berasal dari Kali Onteng yang memang mengalir ke Bumi Ijo serta arah yang lain.

Berkunjung ke Karst Tubing Sedayu sangatlah menyenangkan. Tidak hanya aman bagi anak kecil, tetapi juga jarak tempuh juga tidak terlalu jauh. Terdapat dua jarak yang bisa ditempuh di dalam kegiatan susur sungai, yaitu 900 meter dan 1,2 kilometer. Banyak momen yang bisa diabadikan sebelum akhirnya benar-benar menjalani aktivitas susur sungai. Sensasi dari aliran sungai yang deras bisa dirasakan dan sangatlah menyenangkan. Sungai memang tidak terlalu luas, namun di tepian sungai banyak bebatuan. Kedalaman dari sungai mencapai 1,5 hingga 2 meter. Tiap akhir pekan jumlah pengunjung bisa mencapai 15 hingga 200 wisatawan.

Karst Tubing Sedayu

Sumber Foto : Akun IG @tari_sin

Ketika melakukan kegiatan susur sungai, nanti akan diberikan waktu untuk berhenti di satu titik kemudian bisa mengabadikan momen dengan berfoto bersama. Pemandu akan memberikan waktu. Ketika nanti ada kelompok lain yang akan lewat, maka waktu berfoto selesai dan kegiatan susur sungai kembali berjalan. Waktu yang diberikan sebagai jeda adalah selama satu jam. Hal ini sebagai langkah antisipasi agar tidak terjadi tubrukan antar kelompok yang sedang berkegiatan susur sungai.

Kegembiraan bermain di Karst Tubing Sedayu bisa dilakukan dengan saling menyiram air ke sesama. Kadang karena asyik bermain, air bisa secara tidak sengaja ikut terminum. Saling berteriak hingga perut kembung, itulah hal suasana menyenangkan yang kerap terjadi selama kegiatan susur sungai. Saling tertawa di dalam kebersamaan, berbagi kegembiraan. Sehingga, tempat ini bisa dijadikan sebagai salah satu referensi liburan keluarga.

Tempat Wisata Menarik Lainnya :
Wisata Air Kedung Pengilon, Surga yang Tersembunyi di Bantul
Wisata Desa Lengkap dan Menyenangkan Ala Dolan Ndeso Boro

About the Author
JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan jasa di bidang rental mobil, rental motor dan paket wisata di Jogja. Berdiri sejak tahun 2009, kami siap memberikan service terbaik untuk Anda. Hubungi kami di nomer telepon: 0819 1555 0847 | 0812 2794 4404 | 0851 0604 2220 dan email : jogja4roda@gmail.com.

Leave a Reply

*

Thanks!

Klik / Tap icon untuk chat WhatsApp dengan admin Jogja Empat Roda