Buka : 06.00 - 21.00
0851 0604 2220 | 0819 1555 0847 | 0812 2794 4404

Karst Tubing Surobayan, Pesona Wisata Baru di Bantul

Yogyakarta memang terkenal dengan pesona wisata alamnya. Baru-baru ini banyak bermunculan tempat wisata baru di Yogyakarta dan kali ini kita akan membahas salah satu wisata alam yang sedang populer yaitu Karst Tubing Surobayan yang baru saja dibuka 5 Juni 2016. Tempat ini merupakan wisata alam yang menantang adrenalin karena pengunjung akan dibawa menyusuri sungai berarus deras sepanjang kurang lebih 2 km dalam waktu sekitar 1 jam.

Wisata Karst Tubing Surobayan ini mengadopsi konsep wisata Cave Tubing Kalisuci. Lalu apakah yang membuat wisata ini populer dan apa keunikan dari wisata ini? Sesuai dengan namanya, yang membedakan wisata river tubing ini dengan wisata lainnya adalah Karst. Karst berarti batuan kapur yang terbentuk dari aliran sungai. Jadi wisata ini lebih menawarkan wisata menyusuri sungai dengan pemandangan dinding karst yang menjadi konsep utamanya.

Pengunjung yang khususnya berasal dari luar kota tidak perlu jauh-jauh menempuh perjalanan karena lokasi wisata ini sangat mudah dijangkau. Bagi pengunjung yang menggunakan sepeda motor hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit dari pusat kota Jogja untuk sampai ke lokasi ini. Tempat wisata ini tepatnya berlokasi di Jalan Wates km 9,5 dekat dengan Universitas Mercubuana (UMBY), Dusun Surobayan, Desa Argomulyo, Kecamatan Sedayu, Kabupaten Bantul.

Karst Tubing Surobayan

Sumber foto: Akun IG @dhiaclarissa

Untuk menikmati wisata River Tubing di Karst Tubing Surobayan, pengunjung tidak perlu mengeluarkan biaya mahal karena pengunjung hanya dikenakan tarif tiket dengan harga Rp. 30.000 per orang. Wisata ini buka mulai pukul 09.00 hingga 17.00 WIB. Fasilitas yang ada juga sudah memadai mulai dari pemandu, safety pack (ban, rompi pelampung, sepatu, dan helm, pelindung lutut dan sikut, serta p3k). Selain itu pengunjung akan lebih nyaman karena sudah disediakan kamar mandi bilas yang dilengkapi dengan shower.

Ketika menikmati wisata ini, pengunjung akan dihadapkan dengan arus sungai yang deras khususnya saat musim hujan mengingat wisata ini memang hanya tersedia saat musim hujan saja karena saat musim kemarau aliran airnya sangat sedikit dan keruh. Kondisi dinding sungai yang sempit dengan aliran arus yang deras mengharuskan pengunjung untuk fokus agar tidak mengalami benturan di sisi kanan dan kiri tebing sungai selama kegiatan river tubing. Untuk masalah keamanan, pengunjung tidak perlu khawatir karena pengelola sudah menyediakan safety pack. Selama kegiatan river tubing, pengunjung akan disajikan pemandangan karst atau dinding batuan kapur alami yang berongga rongga. Setelah selesai river tubing, pengunjung dapat beristirahat sambil menikmati makanan di warung makan yang tersedia dengan beragam menu pilihan ala pedesaan.

Banyak yang berpendapat bahwa pemandangan yang disajikan tempat ini mirip dengan cave tubing Kalisuci karena jalur yang dilalui adalah sungai sempit dan sama-sama memiliki dinding karst, hanya saja pada wisata ini pengunjung tidak melewati goa-goa ketika river tubing. Jika sobat termasuk traveler yang menyukai tantangan maka tidak ada salahnya mengunjungi wisata Karst Tubing Surobayan. Selain harga tiket masuk yang terjangkau, lokasi wisata ini juga mudah di temukan.

About the Author
JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan jasa di bidang rental mobil, rental motor dan paket wisata di Jogja. Berdiri sejak tahun 2009, kami siap memberikan service terbaik untuk Anda. Hubungi kami di nomer telepon: 0819 1555 0847 | 0812 2794 4404 | 0851 0604 2220 dan email : jogja4roda@gmail.com.

Leave a Reply

*