Buka : 06.00 - 21.00
0851 0604 2220 | 0819 1555 0847 | 0812 2794 4404

Wisata Air Kedung Pengilon, Surga yang Tersembunyi di Bantul

Kita semua mengenal Yogyakarta sebagai kota pelajar, sebagian lebih mengenal kulinernya yang terkenal yaitu gudeg. Tak hanya itu, Daerah Istimewa Yogyakarta juga kita kenal karena menyimpan situs bersejarah Candi Borobudur dan Candi Prambanan yang populer. Namun, pernahkah Anda mendengar Kedung Pengilon? Nama tersebut merupakan nama sebuah surga yang tersembunyi dan belum diketahui banyak orang. Mengapa disebut surga? Karena lokasinya yang jauh dari keramaian dan keindahan alamnya yang luar biasa bak berada di surga. Dari segi penamaannya, kedung dapat diartikan sebagai kolam dan pengilon dapat berarti cermin.

Kedung Pengilon

Sumber Foto : Akun Instagram @ajixion

Terletak di Kabupaten Bantul, lokasi wisata air ini didominasi oleh tumbuhan hijau dan pepohonan sehingga dapat memberikan suasana tenang sekaligus petualangan. Hal ini cukup kontras dengan suasana perkotaan yang diberikan oleh kota Yogyakarta. Bagi mereka yang jenuh dengan suasana perkotaan yang cukup ramai dan bising, terkadang juga penuh dengan polusi udara, maka wisata air dengan suasana alam yang natural bisa menjadi pilihan untuk menghabiskan liburan dengan keluarga maupun kerabat. Pada wisata air Kedung Pengilon, wisatawan dapat menemukan segala kelebihan yang dimiliki oleh alam untuk mendatangkan rasa petualangan, kesejukan dan ketenangan pikiran.

Kedung Pengilon

Sumber Foto : Akun IG @udawati

Air terjun yang memiliki ketinggian 10 meter menjadi pemikat para wisatawan yang datang. Hal yang harus diperhatikan adalah, kedung ini memiliki kedalaman sekitar kurang lebih 8 m sehingga bagi mereka yang ingin mencoba terjun dari tebing-tebing yang ada, harus siap secara fisik dan tentunya memiliki kemampuan berenang yang baik. Bagi pengunjung yang membutuhkan pelampung sebagai alat bantu keselamatan, lokasi wisata ini juga menyediakan dengan biaya sewa yang sangat terjangkau yaitu Rp 3.000,00 saja.

Air Terjun Kedung Pengilon

Sumber Foto : Akun IG @arikancil

Banyak aktivitas yang dapat dilakukan pengunjung di kawasan Kedung Pengilon. Para wisatawan dapat menyusuri hutan yang dekat dengan lokasi pemukiman penduduk, untuk mendapatkan sensasi bertualang dalam hutan. Bagi para pecinta fotografi, lokasi ini sangat cocok untuk dijadikan tempat hunting foto, khususnya mereka yang membutuhkan latar belakang nuansa alam dalam pemotretan. Meski memiliki sekian banyak kelebihan sebagai tempat wisata, lokasi ini masih belum diketahui banyak orang sehingga para pengunjung masih bias merasakan suasana yang tenang dan jauh dari hiruk pikuk perkotaan.

Saat artikel ini ditulis, para wisatawan yang ingin berkunjung ke kawasan ini tidak perlu mengeluarkan uang untuk membayar retribusi karena lokasi wisata ini masih dikelola oleh warga sendiri. Beberapa warga dapat kita temukan memanfaatkan halaman rumahnya untuk menjadi lokasi parkir para pengunjung yang datang. Biaya parkirnya pun terjangkau, hanya sekitar Rp 2.000,00 untuk parkir motor dan Rp 5.000,00 untuk parkir mobil. Pengunjung juga tidak disarankan untuk datang pada malam hari meski lokasi ini buka selama 24 jam, karena minimnya penerangan yang disediakan tempat ini. Untuk menjangkau lokasi wisata air Kedung Pengilon, wisatawan dapat menggunakan alamat: Desa Bangunjiwo, Dusun Petung, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Wisata Alam Menarik Lainnya :
Kaliadem, Keindahan Alam yang Menjadi Saksi Bisu Bencana Merapi
Menikmati Keindahan Matahari Terbenam dari Puncak Bukit Lintang Sewu, Yogyakarta

About the Author
JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan jasa di bidang rental mobil, rental motor dan paket wisata di Jogja. Berdiri sejak tahun 2009, kami siap memberikan service terbaik untuk Anda. Hubungi kami di nomer telepon: 0819 1555 0847 | 0812 2794 4404 | 0851 0604 2220 dan email : jogja4roda@gmail.com.

Leave a Reply

*

Thanks!

Klik / Tap icon untuk chat WhatsApp dengan admin Jogja Empat Roda