Buka : 06.00 - 21.00
0851 0604 2220 | 0819 1555 0847 | 0812 2794 4404

Mengenal Jawa di Museum Tembi (Rumah Budaya Tembi)

Segala hal mengenai kebudayaan dan adat istiadat suku Jawa dihadirkan secara lengkap di Museum Tembi (Rumah Budaya Tembi). Lokasinya berada di Jl. Parangtritis Km 8.4 Desa Tembi, Timbulharjo, Sewon, Bantul Yogyakarta. Museum ini dibuka setiap hari senin hingga jumat pukul 08.00 16.00 WIB dan tutup lebih awal pada hari sabtu dan minggu yakni tutup pada pukul 14.00 WIB. Museum yang berdiri di atas lahan seluas 3.500 meter persegi ini memiliki bangunan utama dengan luas 212 meter persegi dan bangunan lainnya seluas 1.057 meter persegi. Museum yang pada awalnya merupakan Lembaga Studi Jawa ini memamerkan lebih dari 3000 koleksi benda kuno dan bersejarah.

Museum Tembi

Sumber gambar: Akun IG @rona_kyve

Berbagai peralatan yang biasa digunakan oleh masyarakat Jawa dipamerkan di tempat ini seperti tungku, dandang, kekeb, dan kusan. Benda-benda jaman dahulu yang ada dipamerkan di tempat ini antara lain foto, poster, sepeda pancal, dan sepeda motor. Koleksi yang ada di Museum Tembi (Rumah Budaya Tembi) juga meliputi senjata tradisional. Terdapat 364 bilah keris, 68 buah pedang, dan 167 buah tombak. Selain senjata di tempat ini juga memamerkan 216 buah wayang kulit. Perpustakaan yang ada di sini memiliki koleksi 5000 buku. Buku kuno yang bertuliskan huruf Jawa seperti Babad Tanah Jawi, Babad Sundayana, Babad Mangir, dan Babad Pati yang semua sastra tersebut berisi mengenai sejarah.

Koleksi lainnya adalah beberapa dolanan anak, jam dinding, foto, dan lukisan yang memperlihatkan kebudayaan Jawa. Berbagai motif batik juga melengkapi koleksi yang dipamerkan di museum ini. Selain itu juga terdapat alat musik tradisional Jawa seperti gamelan menambah koleksi seni. Peralatan pertanian yang digunakan masyarakat Jawa dalam mengolah lahan dapat dilihat di tempat ini. Fasilitas yang sudah tersedia di Museum Tembi (Rumah Adat Tembi) antara lain bale inap, museum, perpustakaan, bale rupa, bale karya, warung dahar Pulosegeran, dan kolam renang.

Museum Tembi

Sumber gambar: Akun IG @rona_kyve

Museum ini sering mengadakan kegiatan rutin berupa pertunjukan seni tradisional Jawa, seperti pertunjukan tari dan teater serta malam pembacaan puisi. Pengunjung juga dapat menyaksikan pertunjukan wayang kulit yang dilakukan oleh dalang-dalang setempat. Selain pertunjukan-pertunjukan tersebut tempat ini juga sering mengadakan pameran seni rupa yang bertema budaya. Museum yang berdiri tahun 1999 ini menjadi tempat yang baik dan sangat cocok untuk menambah pengetahuan tentang sejarah dan kebudayaan Jawa, salah satu suku terbesar di Indonesia.

Baca Sebelumnya :Mengenang Pahlawan di Museum Sasmitaloka Panglima Besar Jenderal Sudirman

Bagi Anda yang menginap di sekitar bandara atau Malioboro juga disediakan fasilitas antar jemput yang bisa mengantar menuju museum. Paket wisata yang disediakan oleh Museum Tembi (Rumah Adat Tembi) antara lain kegiatan membatik, belajar memainkan alat musik tradisional gamelan, dan membajak sawah dengan sapi. Bagi wisatawan yang hanya mengunjungi museum tidak akan dikenakan tiket masuk atau gratis.

Lokasi Museum Tembi di Peta Google Map:

About the Author
JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan jasa di bidang rental mobil, rental motor dan paket wisata di Jogja. Berdiri sejak tahun 2009, kami siap memberikan service terbaik untuk Anda. Hubungi kami di nomer telepon: 0819 1555 0847 | 0812 2794 4404 | 0851 0604 2220 dan email : jogja4roda@gmail.com.

Leave a Reply

*

Thanks!

Klik / Tap icon untuk chat WhatsApp dengan admin Jogja Empat Roda