Buka : 06.00 - 21.00
0851 0604 2220 | 0819 1555 0847 | 0812 2794 4404

Desa Wisata Pentingsari : Nuansa Alam yang Menghijau

Mungkin sebagian dari Anda yang hidup di Kota terkadang merasakan kebosanan dengan suasana Kota yang dipenuhi bangunan dan jalan yang selalu macet. Pernahkah Anda berpikir untuk menghentikan sejenak rutinitas Anda dan berlibur di sebuah tempat yang mengasikkan dan tenang? Mungkin tidak ada salahnya untuk mencoba berlibur di Desa wisata Pentingsari.

Pentingsari

Sumber foto: Akun IG syahrul_arts

Desa Pentingsari merupakan sebuah desa wisata yang bertempat di Dusun Pentingsari, Desa Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Desa cantik ini memiliki bentuk semenanjung dengan lembah Kali Kuning di bagian barat . Desa menawan ini terbagi menjadi 2 yaitu dusun Pentingsari dan Bonorejo. Sebelum menjadi desa wisata, dulunya tempat ini merupakan sebuah desa yang berpenduduk seperti desa lainnya. Karena letaknya yang berada di sekitar Gunung Merapi, akhirnya desa ini dikembangkan menjadi desa wisata pada 15 Mei 2008.

Pentingsari

Sumber foto: Akun IG agathon_h

Desa Wisata Pentingsari memiliki beberapa objek wisata unggulan yang sangat menarik. Berikut informasinya:

  1. Luweng Diponegoro

Luweng merupakan sebuah bukit bersejarah yang menyaksikan perjuangan Pangeran Diponegoro saat berperang melawan penjajah pada masa colonial Belanda. Tempat ini digunakan untuk tempat penyediaan makanan selama di persembunyian.

  1. Batu Dakon

Sebuah batu yang dipercaya mempunyai kekuatan mistis sebagai peramal nasib pasukan dan berperan untuk mengatur siasat perang.

  1. Suci Sendangsari

Merupakan sebuah pancuran air yang dipercaya bisa membuat orang awet muda karena dianggap sebagai tempat pertemuan Jaka Tarup dan Nawang Wulan

  1. Batu Persembahan

Adalah salah satu objek wisata di Desa Wisata Pentingsari yang kaitannya dengan Baru Klinting. Tempat ini merupakan area persembahan untuk ular besar dengan korban seekor kera dari gunung Merapi pada bulan Suro

  1. Ponteng

Merupakan area bertemunya Sungai Pawon dengan Sungai Kuning.

  1. Wisata Alam

Nuansa asli pegunungan yang masih sangat segar dan menyilaukan mata dihiasi dengan tumbuhan pepohonan dan ocehan burung yang berterbangan. Selain itu terdapat banyak jenis tumbuhan sayur-sayuran yang dikelola dengan bagus.

  1. Jalur Traking

Tempat wisata satu ini, cocok bagi Anda yang menyukai aktivitas luar ruangan seperti mendaki. Anda bisa merasakan jalur treking yang luar biasa seperti berjalan di pematang sawah, menaiki dan menuruni tebing, melintasi terowongan dan menyusuri sungai.

Pentingsari

Sumber foto: Akun IG tatan_jonatan923

Selain tempat wisata yang menarik di atas, Anda juga akan diajak untuk menikmati sajian seni dan budaya seperti belajar menari, belajar membatik, belajar jathilan, kenduri, sajian kuliner dan bermain gamelan. Untuk menghemat biaya, Anda bisa mengikuti program paket Desa Wisata Pentingsari. Tersedia berbagai macam fasilitas untuk setiap paket dengan harga yang lumayan murah.

Pentingsari

Sumber foto: Akun IG @hennanda

Bagi wisatawan yang berasal dari luar daerah, Anda tidak perlu khawatir karena desa wisata ini menyediakan fasilitas homestay atau area untuk menginap. Anda juga bisa memilih homestay dengan fitur rumah joglo yang kental dengan suasana pedesaan di Desa Wisata Pentingsari. Tertarik bukan?

Baca Juga : Desa Wisatamenarik lainnya

About the Author
JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan jasa di bidang rental mobil, rental motor dan paket wisata di Jogja. Berdiri sejak tahun 2009, kami siap memberikan service terbaik untuk Anda. Hubungi kami di nomer telepon: 0819 1555 0847 | 0812 2794 4404 | 0851 0604 2220 dan email : jogja4roda@gmail.com.

Leave a Reply

*

Thanks!

Klik / Tap icon untuk chat WhatsApp dengan admin Jogja Empat Roda