Buka : 06.00 - 21.00
0851 0604 2220 | 0819 1555 0847 | 0812 2794 4404

Menikmati Keindahan Puncak Panguk di Bantul, Yogyakarta

Berwisata di kota Jogja belum terasa lengkap jika belum mengunjungi Puncak Panguk. Tempat wisata yang baru dibuka pada tahun 2016 ini ramai dikunjungi wisatawan karena memiliki pemandangan yang cukup instagrammable. Puncak ini sebenarnya merupakan sebuah bukit yang berada dalam satu kawasan dengan kebun buah Mangunan dan hutan pinus Dlingo. Sebagian besar turis yang mengunjungi destinasi wisata ini mengetahuinya melalui unggahan-unggahan di media sosial, terutama Instagram.

Bukit Panguk

Sumber Foto : Akun Instagram @mooe.abi

Puncak bukit ini terletak persis di bukit Batu Lawang, dusun Kediwung, desa Mangunan, kecamatan Dlingo, kabupaten Bantul, Yogyakarta. Untuk menuju tempat wisata ini, Anda perlu terlebih dahulu menuju ke jalan Imogiri timur. Setelah itu, lanjutkan perjalanan Anda ke arah kebun buah Mangunan dan hutan pinus Dlingo. Jika sudah sampai di Mangunan, tanyakan arah menuju dusun Kediwung kepada warga setempat. Jika Anda sudah berada di dusun Kediwung, maka cukup ikuti penunjuk jalan yang telah di sediakan untuk menuju ke puncak Panguk.

Karena lokasinya yang cukup menanjak dan terdapat banyak tanjakan, maka akan lebih baik jika ke tempat ini dengan mengendarai sepeda motor. Namun, jika Anda pergi bersama rombongan, maka disarankan untuk menggunakan mobil sport dan membawa ban cadangan karena lokasi wisata dengan bengkel cukup jauh.

Puncak Panguk

Sumber Foto : Akun IG @deddycahyo

Jika Anda berkesempatan mengunjungi puncak Panguk, usahakan datang pada pagi hari agar dapat menikmati matahari terbit dengan latar belakang kabut pekat serta pegunungan hijau di deretan hutan pinus Dlingo dan kebun buah Mangunan. Untuk memudahkan wisatawan mendapat angle yang bagus ketika berfoto, tempat wisata ini telah menyediakan banyak gardu panjang yang menuju ke arah tebing. Oleh karena itu, tidak heran jika tempat ini dibanjiri banyak wisatawan, terutama anak-anak muda untuk sekedar berfoto atau menikmati udara sejuk di atas bukit.

Bukit Panguk Kediwung

Sumber Gambar : Akun IG @areajogja

Sama seperti tempat-tempat wisata alam lainnya di kota Yogyakarta, tidak diperlukan biaya mahal untuk menikmati keindahan alam di sini. Pada waktu artikel ini diposting, pengunjung hanya diwajibkan membayar biaya parkir sebesar Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Sedangkan untuk harga masuknya, tidak ada tarif khusus yang diberikan oleh pengelola. Pengunjung dapat membayar seikhlasnya sesuai dengan kemampuan mereka. Jika Anda merasa kelaparan atau kehausan setelah berkeliling di lokasi wisata, pengelola telah menyediakan beberapa warung yang menjual aneka minuman dan makanan ringan. Beberapa gazebo pun disediakan di sini untuk sekedar bersantai atau tidur-tiduran menikmati udara sejuk.

Jadi, tunggu apa lagi? Sempatkan untuk mengunjungi puncak Panguk jika Anda sedang berada di kota Yogyakarta. Karena lokasinya yang satu kawasan dengan hutan pinus Dlingo dan kebun raya Mangunan, maka alangkah baiknya jika tempat-tempat wisata tersebut dikunjungi secara bersamaan.

Artikel Menarik Lainnya :
Wisata Murah Meriah Mengasyikkan di Air Terjun Lepo, Yogyakarta
Rasakan Sensasi Sop Berbeda dari Sop Merah Bu Asih atau Sop Merah Tungkak

About the Author
JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan jasa di bidang rental mobil, rental motor dan paket wisata di Jogja. Berdiri sejak tahun 2009, kami siap memberikan service terbaik untuk Anda. Hubungi kami di nomer telepon: 0819 1555 0847 | 0812 2794 4404 | 0851 0604 2220 dan email : jogja4roda@gmail.com.

Leave a Reply

*

Thanks!

Klik / Tap icon untuk chat WhatsApp dengan admin Jogja Empat Roda