Buka : 06.00 - 21.00
0851 0604 2220 | 0819 1555 0847 | 0812 2794 4404

Tebing Kayangan, Tebing Kera Sakti ala Yogyakarta

Rate this post

DIY (Daerah Istimewa Yogyakarta) terdapat banyak sekali destinasi wisata yang sangat berkesan ketika dikunjungi. Kebanyakan dari tempat-tempat tersebut mempunyai nama unik dan menarik, sesuai dengan keadaan yang sesungguhnya. Salah satu tempat wisata yang dimaksudkan tersebut adalah Tebing Kayangan / Khayanganyang sering juga disebut dengan nama Belik Khayangan. Sesuai dengan namanya, tempat ini merupakan sebuah tebing.

Tebing Khayangan

Sumber foto: akun instagram @ayodolan

Belik Kayangan ini merupakan tebing yang mempunyai kemiringan sekitar 90 derajat Celcius, yang disebut-sebut mirip dengan tebing yang ada di dalam film kera sakti. Selain dijadikan sebagai salah satu tempat wisata, tebing ini juga biasa digunakan oleh penduduk setempat sebagai tempat untuk melakukan ritual-ritual adat Jawa seperti perayaan tradisional Jawa. Oleh karena itu, jika beruntung para wisatawan bisa melihat langsung perayaan adat Jawa yang dilakukan oleh penduduk setempat.

Tebing Kayangan

Sumber gambar: akun instagram @bambanx_unt

Keunikan dan daya tarik yang dimiliki oleh tebing ini tidak dapat diragukan lagi. Pasalnya, terdapat perpaduan aliran sungai yang segar dan terlihat begitu jernih di sekitar tebing. Ditambah lagi juga terdapat pepohonan yang rindang dan rimbun yang ada disekitar tebing ini, sehingga para wisatawan yang datang dapat merasakan kesejukan udara yang masih asri serta alami. Nama Tebing Kayangan ini sangat cocok disematkan untuk tempat ini. Sebab menurut mitos, tempat ini merupakan tempat peristirahatan para Dewa dan Dewi.

Lokasi Tebing Khayangan

Untuk bisa sampai ke tempat tujuan, pasti dibutuhkan informasi dimana keberadaannya. Lokasi tebing yang indah ini berada di Perdusunan Pendoworejo, Girimulyo, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.

Rute Perjalanan

Agar bisa sampai ke lokasi ini, para wisatawan harus memulai perjalanan dari Jalan Godean untuk sampai ke perempatan Kenteng Nanggulan Kayuhan. Perjalanan harus diteruskan dengan melewati jalur lurus ke arah barat, yaitu melewati jalanan beraspal yang dikelilingi oleh area persawahan. Namun, sesekali para wisatawan juga akan melewati jalanan yang cukup ekstrim, salah satunya adalah tanjakan, turunan hingga tikungan tajam. Saat melewati jembatan patung sapi, rute perjalanan akan diteruskan dengan melewati jalanan menanjak sekitar 500 meter untuk sampai ke pertigaan.

Kemudian, belok ke arah kanan dengan mengikuti jalan untuk sampai ke jalan masuk kecil yang berada di seberang bangunan Masjid. Ketika melewati jalanan tersebut, kondisi jalan mulai agak berbatu namun dari sinilah aliran sungai dari lokasi tujuan mulai terdengar yang merupakan tanda bahwa hampir sampai dan hanya tinggal meneruskan perjalanan beberapa meter saja untuk sampai ke lokasi tujuan.

Tak hanya perbekalan dan kondisi badan yang fit juga yang harus dipersiapkan untuk melakukan perjalanan jauh menuju Tebing Kayangan ini. Pasalnya, para wisatawan harus menyiapkan kendaraan dalam kondisi prima untuk digunakan sebagai tunggangan ke tempat tujuan, bisa dengan mobil ataupun motor.

Tentang Kami
JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan jasa di bidang rental mobil, rental motor dan paket wisata di Jogja. Berdiri sejak tahun 2009, kami siap memberikan service terbaik untuk Anda. Hubungi kami di nomer telepon: 0819 1555 0847 | 0812 2794 4404 | 0851 0604 2220 dan email : jogja4roda@gmail.com.

Leave a Reply

*

Thanks!

WA CS 1

WA CS 2