Buka : 06.00 - 21.00
0851 0604 2220 | 0819 1555 0847 | 0812 2794 4404

Warung Makan mBah Juri dengan Menu Andalan Spesial Wader Presto

Rate this post

Warung Makan mBah Juri berlokasi dekat dengan Goa Maria atau biasa disebut makam Sendangsono. Tempat makan ini cuma bisa memuat sekitar sepuluh sampai lima belas pelanggan saja dan memakai ruangan bagian depan rumah yang dirombak oleh yang punya warung. Kehebatan dari warung ini, meski jauh dari kesan mewah, namun yang berkunjung ke Warung makan mBah Juri adalah orang-orang yang berada dan pejabat-pejabat beserta koleganya. Tidak jarang jurnalis dari televisi dan media massa nasional dan lokal sengaja datang ke sini untuk acara liputan kuliner. Anda heran? Senikmat apa sih masakannya, kok bisa ada warung terpencil yang namanya seterkenal ini?

Alamat, Jam Operasional, dan Peta Lokasi di Google Map Warung Makan mBah Juri

Jl. Gua Maria, Banjaroyo, Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55672 (Depan Kantor Kelurahan Banjaroya ada jalan masuk). Telepon : 081327207681. Buka setiap hari mulai dari jam 06.30 WIB 17.30 WIB.

https://goo.gl/maps/cTRa4MHSCct

Warung Makan Mbah Juri, sumber foto : anishidayah dot com

Warung Makan Mbah Juri menyajikan kuliner tradisional dengan menu andalan Ikan Wader. Sebelumnya kami menyangka kalau ikan wader yang dipakai adalah wader berukuran satu, dua, atau maksimal 3 jari, rupanya kami keliru. Ikan tersebut berukuran lumayan besar, kira-kira seukuran ikan bandeng. Ikan Wader mbah Juri diolah dengan cara dipresto kurang lebih 6 jam sampai durinya empuk, kemudian dicampur dengan rempah-rempah dalam kuantitas yang banyak. Selain menu di atas, di tempat ini juga tersedia ingkung ayam beserta lauk yang lain dan tentu saja sayurannya.




Seingat saya, pengalaman ini adalah pertama kali kami menyaksikan ikan wader dalam ukuran tidak biasa. Jika diperhatikan selintas, ikan ini mirip dengan ikan tawes dari segi sisik dan bentuknya. Umumnya ikan wader berukuran 1 atau 2 jari dimasak dengan cara dibumbui bawang + garam kemudian digoreng sampai krispi saja. Dan langsung bisa disantap, atau dikasih bumbu tambahan lagi untuk diolah jadi bentuk masakan lain.

Warung Makan Mbah Juri, sumber foto : anishidayah dot com

Harga satu porsi ikan wader di Warung Makan Mbah Juri jika belum ada perubahan kira-kira 20.000 an. Layak memang, Mbah Juri mempunyai banyak pengunjung yang kemudian jadi pelanggan tetap berdatangan dari kalangan mana saja, karena keunikan cara pengolahan dan tentu saja rasa masakannya yang nikmat tiada bandingnya. Jangan lupa, ada ingkung ayam yang istimewa juga lho. Namun sayang, ketika kami datang ke tempat ini mendapatkan ketidakberuntungan, ayam ingkung sudah diborong oleh pengunjung sebelum kami datang. Yang ada selain wader hanya ada ayam potong saja yang sudah diungkep dan siap digoreng menunggu pesanan pelanggan.

Tidak usah kuatir jika Anda ke Warung makan mBah Juri ini dalam kondisi perut kosong. Ingin nambah nasi hingga tiga porsi dan sayur ekstra, ambil sepuas Anda. Sayur yang tersedia macam-macam variasinya, dari lembayung, brongkos dan tempe oseng. Semua jenis sayur disajikan di baskom besar bejejer-jejer bersama lauk yang lain yakni tempe bacem dan tahu bacem.

Warung Makan mBah Juri

Warung Makan mBah Juri, Sumber foto: IG @ardhiyanto_eko_p

Warung makan mBah Juri masih memakai peralatan tradisional seperti kayu bakar dan tungku untuk mengolah masakan ikan wader. Ini juga menjadikan aroma khas dari Wadernya. Dibanding rasa presto pada umumnya, presto wader mbah Juri memiliki cita rasa yang khas aroma smokey dibanding ikan presto lain.

Salam Kuliner!

Tentang Kami
JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan jasa di bidang rental mobil, rental motor dan paket wisata di Jogja. Berdiri sejak tahun 2009, kami siap memberikan service terbaik untuk Anda. Hubungi kami di nomer telepon: 0819 1555 0847 | 0812 2794 4404 | 0851 0604 2220 dan email : jogja4roda@gmail.com.

Leave a Reply

*

Thanks!

WA CS 1

WA CS 2