Buka : 06.30 - 22.00
0811 2953 081 | 0819 1555 0847 | 0812 2794 4404 | 0817 7044 0340

Wisata Air Terjun Kedung Pedut Yang Mempesona

Air Terjun Kedung Pedut. Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki segudang obyek wisata menarik yang bisa dikunjungi. Tidak heran jika Yogyakarta tidak pernah sepi dari para pengunjung yang datang dari luar daerah untuk menghabiskan masa-masa liburan mereka di kota ini.

kedung-pedut

Air Terjun Kedung Pedut / Sumber foto : IG @lionil

Salah satu obyek wisata menarik yang bisa dikunjungi adalah lokasi Air Terjun Kedung Pedut. Air terjun ini memiliki dua warna, di mana sumber airnya berasal dari 7 mata air Kulonprogo. Air terjun ini berada di sebuah lembah yang diapit oleh dua buah bukit yang penuh dengan pepohonan hijau.

Air Terjun Kedung Pedut ini berlokasi di wilayah Dusun Kembang, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasi air terjun ini tepatnya di kawasan perbukitan Menoreh, kurang lebih 35 km arah barat dari pusat kota Yogyakarta.

Indahnya Dua Warna Air Terjun Kedung Pedut

Berkunjung ke lokasi air terjun mungkin sudah merupakan hal biasa bagi kebanyakan orang. Tapi bagaimana jika air terjun yang dikunjungi tersebut memiliki dua warna yang sangat indah dan elok dipandang mata?

Ya, demikianlah keadaan Air Terjun Kedung Pedut ini. Ketika melihat hasil pengambilan gambar air terjun ini, kemungkinan anda akan mengira bahwa dua warna pada air terjun tersebut adalah hasil editan, padahal tidak demikian. Sebab, kedua warna pada Air Terjun Kedung Pedut yang terdiri dari warna putih jernih dan hijau tosca tersebut adalah warna alami.

kedung-pedut

Sumber foto : IG @galangkriting

Warna putih jernih yang terdapat pada Air Terjun Kedung Pedut berasal dari kejernihan air yang mengalir disini. Kejernihan air tersebut merupakan pertanda bahwa kondisi alam disekitar air terjun ini sangat baik disebabkan masyarakat sekitar yang betul-betul menjaga kondisi alam tersebut. Adapun warna hijau tosca yang nampak, kemungkinan besar disebabkan oleh pengaruh bebatuan dasar sungainya.

Berdasarkan keterangan dari pengelola air terjun, diketahui bahwa pada pagi hari warna air di sekitar Air Terjun Kedung Pedut ini sangat bening sehingga dasarnya kelihatan. Pada siang hari warna airnya akan nampak kebiruan, sedangkan di sore hari warna airnya nampak kehijauan.

Selain air dua warna, Air Terjun Kedung Pedut juga memiliki beberapa kolam alami dengan rata-rata kedalaman air setinggi dada dan leher orang dewasa. Kolam alami ini sengaja dibuat untuk bermain air bagi para pengunjung yang datang ke sana. Adapun air di sekitar air terjun hanya untuk dilihat, tidak boleh mandi dan bermain air di dalamnya.

Pada dinding tebing di sekitar Air Terjun Kedung Pedut ini terdapat bambu-bambu yang menempel kuat, yang berfungsi sebagai tempat duduk dan tempat bersantai sambil menikmati pemandangan di sekitarnya atau sebagai tempat beristirahat sehabis bermain air.

Pada lokasi Air Terjun Kedung Pedut ini dibangun jembatan dari bambu yang memiliki nilai estetika, yang membuat lokasi air terjun ini menjadi unik dibandingkan dengan lokasi air terjun lainnya. Walaupun jembatannya dari bambu, jembatan ini sangat kuat dan kokoh, sehingga para pengunjung tidak perlu takut untuk menyeberanginya.

 

Rute dan Kondisi Jalan Menuju Air Terjun Kedung Pedut

Rute menuju Kedung Pedut dari arah Yogyakarta adalah menuju Pasar Godean, melewati sungai Progo, lalu melalui Jalan Kiskendo. Dari jalan ini ambil arah kanan menuju goa Kiskendo, lalu ambil arah kiri menuju desa wisata Jatimulyo.

Rute yang harus dilalui dari arah Kiskendo sampai desa wisata Jatimulyo cukup mudah dan tidak membingungkan. Sebab, jalan ke arah tersebut hanya satu jalur dan pihak pengelola wisata telah memasang penunjuk arah di setiap jalan. Dalam perjalanan menuju lokasi Air Terjun Kedung Pedut, anda nantinya akan melewati lokasi Air Terjun Kembangsoka. Sebaiknya anda mampir terlebih dahulu ke lokasi Air Terjun Kembangsoka tersebut sebelum melanjutkan kembali perjalanan menuju lokasi Air Terjun Kedung Pedut.

Setelah tiba di desa wisata Jatimulyo, pengunjung harus memakir kendaraan mereka di tempat parkir yang sudah disediakan. Selanjutnya perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 400 meter. Setelah tiba di lokasi air terjun, dijamin rasa capek anda sehabis berjalan kaki akan hilang ketika menyaksikan panorama alam yang sangat indah memukau di sana.

Tentang Kami
JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan jasa di bidang rental mobil, rental motor dan paket wisata di Jogja. Berdiri sejak tahun 2009, kami siap memberikan service terbaik untuk Anda. Hubungi kami di nomer telepon: 0819 1555 0847 | 0812 2794 4404 | 0851 0604 2220.

Leave a Reply

*

Thanks!

WA CS 2

Rental Mobil Jogja

WA CS 1

Telp