Buka : 06.30 - 22.00
0811 2953 081 | 0819 1555 0847 | 0812 2794 4404 | 0817 7044 0340

Batu Alien Merapi, Fenomena Alam yang Unik dan Menarik 5/5 (1)

Selain menawarkan objek wisata, budaya dan kuliner kepada para pengunjung, Jogja juga memiliki  banyak tempat wisata alam yang unik dan menarik untuk dikunjungi. Salah satu destinasi alam yang banyak dikunjungi oleh masyarakat umum adalah Batu Alien Merapi.

batu-alien-merapi
Batu Alien Merapi | Sumber IG : @pinkanbeby34

Sejarah Wisata Batu Alien Merapi

batu-alien-merapi

Area Batu Alien Merapi | Sumber foto IG : @intan.rizky

Berbicara mengenai Gunung Merapi, maka sebagian orang pasti sangat familiar dengan gunung yang satu ini. Seperti yang sudah kita tahu bersama, Gunung Merapi merupakan salah satu Gunung Api yang hingga saat ini masih dalam keadaan aktif. Memiliki ketinggian hampir mencapai 3.000 meter, gunung ini menjulang tinggi dengan segala macam keindahan pemandangan di sekitarnya.

Karena merupakan gunung api yang masih aktif, tentu anda tak lupa dengan tragedi tahun 2010 silam. Ketika Gunung Merapi mengalami erupsi yang mengakibatkan ratusan orang meninggal dunia dan sebagian lokasi yang berada disekitarnya harus mengalami relokasi.

Baca Juga : Mengenal Kisah Syekh Subakir dan Tombak Kyai Panjang dari Magelang

Namun, sangat tidak disangka-sangka dibalik peristiwa bencana alam tersebut terdapat dampak positif yang ditimbulkan akibat letusan Gunung Merapi. Setelah peristiwa erupsi beberapa tahun yang lalu, masyarakat sekitar telah melakukan berbagai perubahan pada lokasi-lokasi yang terkena dampak erupsi.

Di mana tempat tersebut dialih fungsikan sebagai sebuah tujuan wisata. Destinasi wisata ini kemudian dikenal dengan istilah lava tour.

Lava tour Merapi ini memiliki berbagai rangkaian tujuan wisata dari beberapa lokasi yang terdampak secara langsung oleh Erupsi Gunung Merapi. Salah satu tujuan wisata yang ditawarkan adalah lokasi Batu Alien Merapi. Objek wisata Batu Alien ini terletak di Dusun Jambu, Desa Kepuharjo, Cangkringan Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Keistimewaan Batu Alien Merapi

Tak dapat dipungkiri, objek wisata yang satu ini dengan segala daya tariknya tentu diminati oleh para pengunjung yang datang. Bahkan, Batu Alien ini pun memiliki berbagai keistimewaan yang memikat hati siapapun yang melihatnya.

Dari berbagai sumber terkait, awalnya, Batu Alien ini belum ada. Kemunculan Batu Alien ini bersamaan dengan terjadinya erupsi Gunung Merapi. Batu Alien ini memiliki tinggi kurang lebih 2 meter. Dengan berat ribuan kg. Menariknya, Batu Alien tersebut terlempar keluar dari perut Gunung Merapi hingga dusun Jambu.

Sekilas pandang, sebelum dijadikan tempat wisata Batu Alien Merapi, bentuk batu besar ini hanya nampak seperti bongkahan batu vulkanik biasa. Akan tetapi, jika dilihat dari sudut pandang tertentu yang lebih dekat dan dilihat secara seksama, maka batu ini akan tampak memiliki sebuah tekstur wajah pada batu tersebut.

Tentunya, Batu Alien ini memiliki tekstur wajah yang lengkap dengan kedua mata, hidung mulut, dan telinga. Mungkin menurut sebagian orang, sekilas terlihat seperti wajah makhluk asing, dengan posisi wajah menghadap ke atas. Namun, hal inilah yang kemudian menjadi keistimewaan Batu Alien ini, hingga menyita banyak perhatian khalayak ramai.

Baca Juga : Menelusuri Keindahan Goa di Goa Sriti Kulon Progo

Rute Perjalanan Menuju Kawasan Wisata

Bagi anda yang ingin berkunjung ke tempat wisata ini, maka tak perlu khawatir. Pasalnya, rute perjalanan yang harus dilalui sangatlah mudah, Anda bisa menggunakan mobil matic. Apabila Anda dari luar kota Jogja, Anda bisa menggunakan jasa sewa mobil Jogja dengan sopir, atau lepas kunci.

Tersedia transmisi manual dan matic. Kawasan wisata Batu Alien ini memiliki jarak sekitar 30 km ke arah utara kota Jogja. Anda dapat memilih rute perjalanan melalui jalan lingkar Jogja atau ring road utara. Berawal dari jalan tersebut, anda akan mendapatkan akses jalan yang lebih aman untuk sampai ke Batu Alien Merapi.

Baca Juga : Wader Pak Suko, Warung Makan Murah dan Enak di Kawasan Jogja Selatan

Please rate this

Tentang Kami
JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan jasa di bidang rental mobil, rental motor dan paket wisata di Jogja. Berdiri sejak tahun 2009, kami siap memberikan service terbaik untuk Anda. Hubungi kami di nomer telepon: 0819 1555 0847 | 0812 2794 4404 | 0851 0604 2220.
Thanks!

WA CS 2

Rental Mobil Jogja

WA CS 1

Telp