Buka : 06.30 - 22.00
0811 2953 081 | 0819 1555 0847 | 0812 2794 4404 | 0817 7044 0340

Bendungan Kamijoro, Viral di Sosmed Jadi Berkah Bagi Warga

Sudah pernah dengar bendungan yang sedang viral di Jogja sejak awal tahun 2019 ini? Bendungan tersebut bernama Bendungan Kamijoro yang berlokasi di Kaliwiru, Desa Tuksono, Kecamatan Sentolo, Kulon Progo. Lokasinya berada di tepi Sungai Progo berbatasan daerah dengan Bantul. Selain antusiasme warga sekitar Kulon Progo dan Bantul, banyak juga pengunjung yang berasal dari luar kota seperti Purworejo, Klaten Solo, Magelang dan daerah lainnya yang sedang melakukan kunjungan wisata di Jogja. Mereka penasaran dengan foto-foto Bendungan Kamijoro yang sedang viral di media sosial. 

Bendungan Kamijoro

gambar ig @agungdjum

Para pengunjung dari luar Jogja bahkan sampai menyempatkan untuk sewa mobil Jogja. Biasanya para wisatawan tersebut melakukan trip sehari dengan mengunjungi beberapa destinasi wisata seperti Borobudur, Kalibiru, Bendungan Kamijoro dan Hutan Pinus yang berada di Bantul. 

Asal Mula Pembangunan Bendung Kamijoro

Pada awalnya Bendungan Kamijoro ini merupakan lahan tak bertuan, yang merupakan tanah bekas aliran sungai dan kemudian dimanfaatkan untuk bercocok tanam. Orang Jawa sini menyebutnya dengan istilah wedi kengser. Kejadian wedi kengser ini juga terjadi di sepanjang Kali Code. 

Sebelum terlanjur seperti yang terjadi di Kali Code yang dijadikan permukiman, Pemerintah memiliki program untuk warga sekitar dengan berencana membangun bendungan guna mengatur irigasi/pengairan yang bermanfaat bagi sawah-sawah di sekitar Bantul dan Kulon Progo. 

IG @dini_sakti_lestari

Dengan menyadari pentingnya bendungan bagi keperluan irigasi sawah-sawah, maka warga setempat pun tidak merasa keberatan apabila lahan wedi kengser tersebut dibangun bendungan. Dan melihat perkembangannya sejauh ini, ternyata bendungan Kamijoro memiliki banyak manfaat bagi warga. Selain sebagai pengaturan irigasi, juga berimbas ke sektor pariwisata, kuliner dll yang tentu saja imbas dari bendungan itu sangat positif bagi warga sekitar. 

Daya Tarik Bendungan Kamijoro

Yang menjadi daya tarik dari bendungan Kamijoro ini adalah taman dan jembatannya. Tamannya sendiri dibangun pada lahan seluas kurang lebih 40ribu meter persegi, sedangkan jembatannya memiliki lebar 3 meter dan panjang jembatan 161 meter. Jembatan di Kaminjoro ini kalau dilihat-lihat, bentuknya mirip dengan jembatan Ampera yang berada di Palembang, yang desainnya berhias tali-tali baja. Yang di Kaminjoro ini seperti versi kecilnya. 

Jembatan di Bendungan Kamijoro itu sendiri memiliki fungsi sebagai penghubung antara Kaliwiru, Desa Tuksono, Sentolo, Kulon Progo dengan Dusun Plambongan, Triwidadi, Kec Pajangan, Bantul. Berdasar fungsi yang ada, jembatan ini juga dilengkapi pagar pengaman di kanan kiri serta lampu penerang jika ada warga yang lokal yang sedang melintas di jembatan tersebut. 

Baca Juga : Pantai Krokoh, Pantai Huruf U di Gunungkidul

Taman yang dibangun di Bendungan Kamijoro itu memiliki desain yang indah. Ada spot untuk kumpul-kumpul, spot untuk aktivitas massal, ada spot permainan, ada spot bertulis “Bendung Kamijoro” berupa huruf jawa dan huruf latin, ada spot tenda besar untuk berteduh pengunjung, ada spot mainan anak berupa ayunan, prosotan dll, selain itu juga ada spot tanaman buah-buahan yang berisi kurang lebih ada 300 pohon. Pohon buah itu antara lain ada pohon mangga, jambu air, kelengkeng, sawo, rambutan, durian, dll.

Tiket Masuk dan Parkir di Bendungan Kamijoro

Melihat keberadaan Bendungan Kamijoro yang kian hari kian ramai, warga setempat berinisiatif untuk mengelola tempat tersebut untuk menambah penghasilan. Hal-hal yang mereka lakukan antara lain mengelola tempat parkir, membuat toilet dan beberapa rencana lainnya yang berfungsi untuk memberikan fasilitas bagi pengunjung. 

Sumber foto : IG @peniaryaa

Di bendung Kamijoro ini tidak dikenakan biaya retribusi atau tiket masuk, alias gratis. Anda cukup dikenakan biaya parkir saja, untuk sepeda motor sebesar Rp. 2000 dan mobil/roda empat sebesar Rp. 5000. Bahkan untuk hari biasa, parkirnya bisa sampai 1000 kendaraan. Sedangkan untuk hari libur, jumlah kendaraan yang parkir bisa dua kali lipat. Rejeki dari Bendung Kamijoro itu tidak hanya dari pengelolaan parkir saja, tetapi ada banyak juga yang memanfaatkan tempat tersebut untuk berjualan kuliner, seperti es krim, pecel, gorengan, jajanan pasar, pecel, mainan anak, dll. 

Rute Menuju Bendungan Kamijoro

Untuk menuju ke Bendungan Kamijoro yang berlokasi di Kaliwiru, Desa Tuksono, Kecamatan Sentolo, Kulon Progo belum ada transportasi umum yang melewati tempat tersebut. Anda bisa menggunakan jasa transportasi rental mobil Jogja. Dengan sewa mobil di Jogja, Anda akan dianter oleh sopir dan Anda juga bisa mengunjungi beberapa destinasi wisata menarik di sekitar Bantul dan Kulon Progo. Apabila Anda membawa kendaraan sendiri, Anda bisa klik link berikut https://goo.gl/maps/uWt7Zfg9KtHj4h4T8 kemudian arahkan google map Anda menuju tempat tersebut. 

Anda bisa menyewa kendaraan / mobil untuk menuju ke tempat ini. Jogja Empat Roda menyediakan banyak armadanya. Untuk kebutuhan lepas kunci ataupun sewa dengan sopir.

Artikel menarik lainnya : Museum Sandi, Salah Satu Museum ‘Kode Unik’ Di Dunia

Tentang Kami
JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan jasa di bidang rental mobil, rental motor dan paket wisata di Jogja. Berdiri sejak tahun 2009, kami siap memberikan service terbaik untuk Anda. Hubungi kami di nomer telepon: 0819 1555 0847 | 0812 2794 4404 | 0851 0604 2220.

Leave a Reply

*

Thanks!

WA CS 2

Rental Mobil Jogja

WA CS 1

Telp