Buka : 06.30 - 22.00
0811 2953 081 | 0819 1555 0847 | 0812 2794 4404 | 0817 7044 0340

Berpetualang Menikmati Ciptaan Alam di Goa Kidang Kencana

Goa Kidang Kencana – Tidak ada habisnya jika kita menggambarkan keindahan Kota yogyakarta. Sebagai salah satu pusat budaya yang banyak berkembang di daerah ini, maka banyak kenangan yang bisa Anda ukir ketika memutuskan untuk berlibur ke Yogyakarta. Sebagian besar mungkin mengenal Yogyakarta dengan keberadaan candi Borobudur dan Malioboro. Namun jika Anda bosan berwisata ke sana, Anda patut mencoba wisata alam Yogyakarta.

Khas dan Alaminya Goa

Salah satu destinasi wisata alam yang masih alami, dan patut untuk Anda masukkan ke dalam list adalah Goa Kidang Kencana. Tempat ini sangatlah cocok bagi wisatawan yang gemar berpetualang dan menikmati keindahan alam. Jangan tanyakan apa saja yang bisa wisatawan temukan di goa yang satu ini, karena banyak sekali lokasi dan spot yang bagus hasil lukisan alam yang tidak bisa Anda temukan di tempat lain.

Kisah Dibalik Goa KidangKencana

Nama Goa Kidang Kencana memiliki sejarah tersendiri. Sebelum menjadi tempat wisata, konon dahulu Goa ini dikenal dengan kisah dari seekor rusa dan Mbah Bongsoriyo yang merupakan seorang penggembala kambing pada masanya. Ia yang kehilangan kambing-kambingnya lalu melakukan pencarian dan tidak sengaja menemukan goa ini. Ternyata hewan gembalaannya ada di dalam goa bersama seekor rusa. Cerita sederhana inilah yang diyakini bahwa alasan mengapa disebut sebagai Kidang Kencana. Karena Kidang sendiri merupakan sebutan rusa dengan Bahasa Jawa.

Dimana Bisa Menemukan Goa Ini?

Goa Kidang Kencana ini beralamatkan di Dusun Sabrangkidul, Desa Purwosari Kecamatan Girimulyo Kulonprogo. Untuk bisa sampai ke lokasi wisata Anda bisa menempuh jalur yang cukup mudah yaitu dari pusat Kota Yogyakarta  menuju ke Goa Kiskendo dan di sana Anda akan menemukan papan petunjuk arah yang mengarahkan wisatawan ke Goa Kidang Kencana.

Apa yang Bisa Anda Temukan di Goa Kidang Kencana?

Wisata ini memang memiliki sedikit kekurangan dari segi fasilitasnya. Di dalamnya belum dilengkapi dengan adanya lampu penerangan dan jalanan yang harus dilewati para wisatawan hanya berupa cor semen, inilah yang membuat agak kesulitan masuk ke dalam Goa belum lagi pada lokasi tertentu Anda harus jongkok atau bahkan merangkak saking sempitnya medan yang harus dilalui.

Goa Kidang Kencana

Sumber gambar : IG @singmetosleepy

Namun jangan khawatir selama perjalanan menyusuri Goa Anda bisa menikmati ornamen-ornamen pada dinding Goa yang merupakan persembahan alam kepada manusia yaitu dari batu karst. Anda bisa menemukan batu kapur layaknya pohon beringin yang dikenal sebagai Ringin Kurung. Candi Sewu yang merupakan batuan yang membentuk layaknya stupa yang ada pada candi. Salah satu ornamen yang unik adalah Bungkus Angkrem yaitu batu yang memiliki entuk layaknya hati. Banyak hal lain yang dapat Anda nikmati di tempat wisata ini, sehingga jangan sampai melewatkannya begitu saja.

Baca Juga :

Nikmati Deru Air dari Grojogan Tuwondo, Wisata Air di Yogyakarta

Puncak Kukusan, Destinasi Wisata Pilihan Melihat Sunrise

Tentang Kami
JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan jasa di bidang rental mobil, rental motor dan paket wisata di Jogja. Berdiri sejak tahun 2009, kami siap memberikan service terbaik untuk Anda. Hubungi kami di nomer telepon: 0819 1555 0847 | 0812 2794 4404 | 0851 0604 2220.

Leave a Reply

*

Thanks!

WA CS 2

Rental Mobil Jogja

WA CS 1

Telp