Buka : 06.30 - 22.00
0811 2953 081 | 0819 1555 0847 | 0812 2794 4404 | 0817 7044 0340

Menikmati Indahnya Bukit Klangon Merapi 5/5 (1)

Bagi para traveler yang melakukan kegiatan traveling ke Yogyakarta, belum lengkap apabila belum mengunjungi Gunung Merapi. Hal ini dikarenakan kawasan Gunung Merapi memiliki beragam objek wisata yang menarik dan sayang untuk dilewatkan. Salah satunya adalah Bukit Klangon Merapi yang menyuguhkan keindahan alam Gunung Merapi yang sangat mempesona.

bukit-klangon

Sumber Foto IG @nuansyah_

Menikmati Keindahan Bukit Klangon Merapi

Bukit Klangon adalah kawasan tertinggi di kabupaten Sleman Yogyakarta. Dengan mengusung wisata gardu pandang, dari atas anda dapat menikmati kemegahan Gunung Merapi yang sangat eksotis.

Bukit Klangon oleh warga sekitar lebih dikenal dengan sebutan Bukit Indah Glagaharjo, merupakan objek wisata yang dibuka untuk umum mulai tahun 2011. Bukit ini dibuka setelah adanya erupsi Gunung Merapi. Dengan dikelola oleh warga sekitar dengan dukungan dari pemerintah setempat, anda dapat menikmati panorama dengan leluasa.

Dari Bukit Klangon anda dapat menikmati megahnya Gunung Merapi dengan jarak hanya kurang lebih 4 km dari gardu pandang yang terdapat pada bukit ini. Waktu yang tepat untuk menikmati keindahan Merapi dari Klangon adalah pada pagi hari dengan menikmati kehangatan matahari pagi serta menawarkan panorama alam yang sejuk yang dilengkapi dengan keriuhan suara burung-burung yang melintas.

Gardu pandang yang terdapat di Bukit Klangon mempunyai ketinggian 5 meter dengan berdiri kokoh. Dulunya, Bukit ini merupakan tempat downhill yang digunakan sebagai lintasan sirkuit downhill bagi pembalap sepeda gunung. Di kawasan ini sering diadakan acara balapan untuk sepeda tingkat regional maupun nasional. Saat ini merupakan satu-satunya lintasan sirkuit downhill terbaik yang terdapat di Jogjakarta.

bukit-klangon

Sumber foto IG @gorat.id

Daya tarik lain yang terdapat di Bukit ini adalah tersedianya track sepanjang 20 km yang diperuntukkan bagi anda yang memiliki hobi bersepeda dengan medan yang cukup memacu adrenalin. Track tersebut memiliki waktu tempuh kurang lebih 1,5 jam dengan menikmati keindahan pemandangan sekitar.

Bukit Klangon memiliki ketinggian hingga 1.100 meter di atas permukaan laut. Hal ini yang menyebabkan wilayah perbukitan tersebut memiliki udara yang sangat dingin dan sejuk. Oleh karena itu bagi para pengunjung hendaknya menggunakan pakaian yang tebal untuk menghindari rasa dingin selama berkunjung menikmati keindahan Bukit ini.

Selama mengunjungi Bukit Klangon hendaknya anda tidak lupa untuk membawa kamera. Karena walaupun sebuah gardu pandang, akan tetapi foto dengan latar belakang Gunung Merapi sesuatu yang tidak dapat anda lewatkan begitu saja. Perpaduan antara indahnya sinar matahari serta hijaunya Merapi merupakan racikan yang sempurna sebagai unggahan pada foto Instagram anda.

Rute Menuju Bukit Klangon

Jarak tempuh Bukit Klangon dari pusat kota Jogja lumayan cukup juga yakni sekitar 36.9 km dengan waktu tempuh kendaraan normal kurang lebih 1 jam 20 menit. Namun anda tidak perlu khawatir untuk menuju obyek wisata ini, perjalanan yang dilalui cukup mudah karena sudah layak untuk dilewati. Apabila Anda masih kurang yakin, Anda bisa menggunakan jasa rental mobil Jogja Empat Roda dengan fasilitas driver.

Tiket Masuk 

Untuk tiket masuk ke Bukit Klangon masih free, namun dikenakan beberapa biaya seperti

  • parkir motor 3.000
  • parkir mobil 5.000
  • tiket camping 15.000.
bukit-klangon-merapi

Sumber foto IG @sulistiyoraden14

Fasilitas 

Obyek wisata Bukit Klangon yang terletak di Kalitengah Lor, Glagaharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta telah memiliki beragam fasilitas yang cukup memadai, disini telah terdapat beberapa fasilitas umum yang dapat membuat nyaman bagi setiap pengunjungnya.

Beberapa fasilitas tersebut diantaranya terdapat  warung makan, track downhill, gazebo, beragam spot foto yang menarik dengan latar belakang Gunung Merapi, mushola, porter sepeda, tempat parkir dan toilet. Hal ini tentunya sangat memanjakan anda selama berlibur di kawasan obyek wisata Bukit Klangon Merapi dengan rasa nyaman dan berkesan.

Yang Perlu Diperhatikan 

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk camping di Klangon saat masa pandemic ini, diantaranya

  • Wajib mematuhi protokol kesehatan yang berlaku
  • Wajib menggunakan masker
  • Jaga jarak dengan tenda lain
  • Waktu camping hanya buka pada akhir pekan (malam sabtu & malam minggu) serta malam hari libur nasional.
  • Untuk peralatan camping, Anda bisa membawa sendiri. Nampun apabila Anda mau sewa, di klangon juga disediakan. Mohon ditelepon terlebih dahulu untuk memastikan ketersediaannya.
  • Jumlah orang camping permalam di batasi hanya 100 orang.
  • Dalam satu tenda tidak boleh melebihi kapasitas tenda

Selain terkendala covid 19, Anda tentu saja memahami status gunung Merapi yang belakangan ini meningkat. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, maka Kawasan wisata Bukit Klangon ditutup sementara untuk aktivitas camping. Penutupan camping ini mulai diberlakukan dari tanggal 31 Oktober 2020 sampai waktu yang belum bisa ditentukan.

Please rate this

Tentang Kami
JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan jasa di bidang rental mobil, rental motor dan paket wisata di Jogja. Berdiri sejak tahun 2009, kami siap memberikan service terbaik untuk Anda. Hubungi kami di nomer telepon: 0819 1555 0847 | 0812 2794 4404 | 0851 0604 2220.

Leave a Reply

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Thanks!

WA CS 2

Rental Mobil Jogja

WA CS 1

Telp