Buka : 06.30 - 22.00
0811 2953 081 | 0819 1555 0847 | 0812 2794 4404 | 0817 7044 0340

Candi Kalasan, Candi Budha Tertua di Yogyakarta No ratings yet.

Selain dikenal dengan sebutan Candi Kalasan, candi ini juga mempunyai nama lain yaitu Candi Tara. Bangunan candi ini memang didirikan pada masa pemerintahan Raja Sakai yang berasal dari Dinasti Syailendra.

candi-kalasan

Sumber foto : IG @adhitsamin

Candi ini merupakan candi Budha tertua di kota Yogyakarta, untuk dipersembahkan kepada Dewi Tara. Candi ini berbentuk bujur sangkar yang di setiap sisinya berukuran 45 meter dengan ketinggian yang sama pula, yaitu 34 meter. Kemudian, secara vertikal candi ini terdiri dari 3 bagian diantaranya adalah atap candi, tubuh candi dan kaki candi.

Jika diperhatikan lebih dekat, candi ini mempunyai relief-relief yang menari di bagian permukaannya. Relief-relief tersebut berupa pahatan yang menggambarkan keberadaan agama Buddha yang sangat kental di masa itu. Kemudian, terdapat juga pahatan relief berupa kuncup bunga, dedaunan dan pahatan sulur. Yang membuat candi ini menjadi semakin unik adalah seluruh relief yang ada dibuat dengan dilapisi semen kuno yang dikenal dengan Brajalepha. Brajalepha merupakan semen tradisional yang terbuat dari getah pohon.

candi-kalasan

Sumber foto : IG @arya_bangpinatih

Sama seperti bangunan candi-candi lain yang terdapat di Yogyakarta, candi ini juga menyimpan banyak cerita sejarah. Cerita-cerita sejarah yang menyelimuti candi ini, dapat terlihat jelas dari semua yang terlihat pada Candi Kalasan ini. Selain banyak didatangi para wisatawan, candi ini juga banyak dikunjungi oleh para arkeologi yang berasal dari masyarakat setempat, luar daerah hingga yang berasal dari luar negeri sekalipun. Pasalnya, masih banyak hal menarik yang bisa dipelajari dan dipelajari pada candi ini, sehingga tak heran setiap harinya candi ini pasti menjadi lokasi tujuan wisata candi yang menarik untuk disinggahi.

Lokasi dan Akses Menuju Candi Kalasan

Candi Kalasan menjadi bagian dari wisata cagar budaya di wilayah Sleman, tepatnya di Perdusunan Kalibening, Desa Tirtamartani, Kalasan, DI Yogyakarta. Ada dua akses perjalanan yang dapat ditempuh untuk sampai ke candi itu, yaitu bisa menggunakan kendaraan pribadi dan bisa juga menggunakan kendaraan umum.

Menempuh perjalanan dengan kendaraan pribadi :

  • Apabila memutuskan untuk berangkat dari kota Yogyakarta, para wisatawan dapat melewati Jalan Solo. Kemudian, para wisatawan akan menemukan sebuah bangunan candi yang berada di sebelah kanan jalan.

Menempuh perjalanan dengan kendaraan umum :

  • Bagi yang memilih untuk menempuh perjalanan dengan kendaraan umum, maka hal yang harus dilakukan adalah naik angkutan umum dengan jalur Jogja Perambanan, kemudian turun di dekat Rumah Sakit Perambanan dan tinggal berjalan ke arah selatan dengan jarak tempuh sekitar 50 meter.
candi-kalasan

Sumber foto : IG @tonozyandru

Fasilitas yang Ada Di Candi Kalasan

Kendati fasilitas yang ada di sekitar Candi Kalasan masih terbilang minim, tetapi fasilitas tersebut bisa dikatakan sudah cukup baik walaupun hanya terdapat tempat parkir kendaraan dan beberapa warung kecil yang dapat didatangi untuk makan atau beristirahat.

Please rate this

Tentang Kami
JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan jasa di bidang rental mobil, rental motor dan paket wisata di Jogja. Berdiri sejak tahun 2009, kami siap memberikan service terbaik untuk Anda. Hubungi kami di nomer telepon: 0819 1555 0847 | 0812 2794 4404 | 0851 0604 2220.

Leave a Reply

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Thanks!

WA CS 2

Rental Mobil Jogja

WA CS 1

Telp