Buka : 06.30 - 22.00
0811 2953 081 | 0819 1555 0847 | 0812 2794 4404 | 0817 7044 0340

Menikmati Kemegahan Candi Plaosan Klaten No ratings yet.

Indonesia dikenal sebagai salah satu Negara dengan destinasi wisata yang bervariasi dan menakjubkan. Selain wisata kuliner dan wisata belanja, Indonesia juga kaya akan peninggalan sejarah yang mengagumkan, salah satunya adalah candi. Candi adalah bangunan keagamaan yang dijadikan tempat pemujaan dewa-dewi atau memuliakan Buddha. sebagai salah satu aset budaya yang unik dan orisinil, candi-candi di Indonesia mempunyai daya tarik dan memberikan warna tersendiri di mata dunia. Candi Plaosan adalah salah satu candi yang terletak di Indonesia tepatnya di Dukuh Plaosan, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. candi ini merupakan salah satu bentuk dari candi Buddha, ditunjukan melalui adanya kemuncak stupa, arca Buddha, serta candi-candi kecil berbentuk stupa. Candi yang cantik ini terletak didalam kompleks candi yang dibangun pada abad ke-9 oleh Rakai Pikatan dan Sri Kahulunan pada zaman Mataram Kuno.

Candi Plaosan

Sumber gambar: akun instagram @arudewangga

Kompleks candi Plaosan sendiri terdiri dari 2 bagian yaitu candi PlaosanLor dan Candi Plaosan Kidul. Pada candi PlaosanLor, terdapat 2 bangunan yang memiliki relief berbeda. Candi Induk Utara menggambarkan relief tokoh-tokoh wanita, sedangkan Candi Induk Selatan menggambarkan tokoh-tokoh Pria. Kedua candi ini dikelilingi oleh 116 stupa perwara serta 50 buah candi perwara, dan beberapa parit buatan. Candi kedua adalah candi Plaosan Kidul. Candi Plaosan Kidul memiliki beberapa perwara berbentuk candi dan stupa, namun beberapa candi perwara telah dipugar.

Sebagai salah satu objek wisata di Klaten, candi ini sudah banyak dikunjungi. Mulai dari penduduk setempat, wisatawan lokal, hingga wisatawan asing. Keindahan dan kemegahan candi dilengkapi dengan nuansa alam yang indah dan sejuk. objek wisata ini sangat cocok bagi Anda yang sedang travelling dan berlibur bersama keluarga. Untuk Anda yang memiliki hobyphotography atau sedang bekerja sebagai seorang photographer, candi di Klaten ini memiliki daya tarik tersendiri untuk Anda jadikan subjek foto. Bentuk candi yang padat dan eksotis memberikan nuansa budaya yang sangat kuat. Tempat ini sendiri sering digunakan sebagai tempat pengambilan gambar tokoh-tokoh pewayangan.

Candi Plaosan

Sumber foto: akun instagram @eatsleeptravelid

Dikenal memiliki kisah romansa didalamnya, banyak pasangan yang mengunjungi tempat ini. Candi ini dibangun sebagai bukti cinta Rakai Pikatan kepada Pramudya Wardhani yang kisah cintanya tidak direstui oleh keluarga masing-masing. Dipercaya menyimpan kekuatan cinta Rakai Pikatan dan Pramudya Wardhani, candi Plaosan mampu mendatangkan jodoh dan memperkuat cinta sebuah hubungan. Jadi, peninggalan sejarah yang satu ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang sedang menjalin suatu hubungan percintaan. Ajak pasangan mengunjungi candi, dan lukis kisah cinta Anda disana.

Candi Plaosan

Sumber foto: akun instagram @adi_wijayanto

Untuk memasuki area candi, Anda tidak dikenakan tarif apapun, Anda hanya butuh membayar Rp 1000,00 untuk kendaraan roda dua, dan Rp 2000,00 untuk kendaraan roda empat. Candi Plaosan dibuka dari jam 09.00 pagi sampai jam 17.00 sore WIB. Jadi, tunggu apa lagi, Anda bisa menikmati liburan kamu di candi yang indah ini. Nikmatilah keindahan Indonesia, jaga, dan hormati keberadaannya.

Baca Juga : Candi Kalasan, Candi Budha Tertua di Yogyakarta

Please rate this

Tentang Kami
JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan jasa di bidang rental mobil, rental motor dan paket wisata di Jogja. Berdiri sejak tahun 2009, kami siap memberikan service terbaik untuk Anda. Hubungi kami di nomer telepon: 0819 1555 0847 | 0812 2794 4404 | 0851 0604 2220.

Leave a Reply

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Thanks!

Rental Mobil Jogja

Whatsapp
Telepon