Buka : 06.30 - 22.00
0811 2953 081 | 0819 1555 0847 | 0812 2794 4404 | 0817 7044 0340

Curug Setawing, Sebuah Air Terjun di Pegunungan Menoreh No ratings yet.

Jika diekplorasi lebih jauh lagi, maka dapat diketahui dengan jelas dan pasti bahwa pada area pegunungan Menoreh tersimpan banyak sekali keindahan yang mampu mengundang perhatian wisatawan dari berbagai daerah untuk menyaksikannya sendiri.

Pesona Setawing

curug-setawing

Sumber foto : IG @athaliawika

Pesona dan hamparan keindahannya memang selalu menjadi buah bibir para wisatawan, salah satunya adalah tentang keberadaan Curug Setawing ini. Curug merupakan nama lain dari air terjun, jadi tempat ini juga sering juga disebut sebagai Air Terjun Setawing.

Pada musim penghujan, aliran air dan debit air terjun ini akan semakin deras, sehingga dapat menambah keindahan yang dimilikinya. Air terjun ini mempunyai ketinggian sekitar 45 meter dengan aliran atau pancuran yang melebar ke bawah.

Namun, jangan khawatir karena sudah tersedia tempat seperti anak tangga yang dapat memudahkan pengunjung untuk sampai ke kawasan air terjun ini.

Selain itu, di area air terjun ini sudah tersedia gazebo dan beberapa tempat duduk yang dapat dijadikan sebagai tempat untuk istirahat.

Karena keberadaan Air Terjun Curug Setawing ini berada di Pegunungan Menoreh hingga membentang luas dari arah selatan ke utara, lokasi air terjun ini masuk dalam kawasan Pulworejo hingga Magelang, tetapi tetap dikategorikan dalam dua wilayah Provinsi, yaitu DI Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Oleh karena itu, tak heran jika banyak orang yang menyebut tempat ini sebagai salah satu wisata alam yang ada di Yogyakarta dan Jawa Tengah. Yang pasti hal ini akan menambah keragaman destinasi wisata alam di Jogja dan pastinya bagi alternatif wisata di Kulon Progo.

Baca Juga : Bakmi Jawa Pak Rebo Kintelan, Penawar Mustajab dari Rasa Lapar!

Lokasi Curug Setawing

curug-setawing

Sumber foto : IG @wicaksonofery

Walaupun lokasi curug ini masuk dalam wilayah dua Provinsi sekaligus, namun secara administratif keberadaannya tercatat dalam kawasan Desa Jatimulyo, Kec. Girimulyo, Kab. Kulon Progo.

Lokasinya cukup gampang untuk ditemukan dari kota Jogja, karena para wisatawan hanya tinggal menempuh perjalanan menuju Jalan Godean dan melanjutkan perjalanan ke arah barat untuk sampai ke Pasar Jonggrangan.

Kemudian hanya tinggal mengikuti papan petunjuk arah menuju lokasi tujuan atau bisa juga menanyakan kepada penduduk setempat saat berada di kawasan Godean.

Baca Juga : Rekomendasi Tempat Makan di Warung Gudeg Bu Juminten a.k.a Gudeg Pecinan

Dari penjelasan tersebut, mungkin pembaca dapat menyimpulkan bahwa perjalanan menuju ke tempat ini akan mudah untuk dilalui. Padahal medan jalan yang dilewati akan cukup sulit, karena harus melintasi jalanan dengan tanjakan yang begitu tajam, jalanan yang licin dan bergelombang.

Namun, selama perjalanan para wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan Pegunungan Menoreh yang nampak begitu mempesona, sehingga perjalanan akan terasa menyenangkan.

curug setawing04

Sumber foto : IG @yukdolanjogja

Sebenarnya, selain Air Terjun Curug Setawing ini masih ada sederet nama-nama air terjun lainnya yang tak kalah indahnya. Oleh karena itu, kenapa tidak sekalian saja mengunjungi curug-curug lainnya saat berada di wilayah Pegunungan Menoreh yang ada di kawasan Kulon Progo.

Dengan begitu, para wisatawan dapat mengunjungi beberapa tempat wisata alam yang memukau hati dengan sekali melakukan perjalanan jauh.

Baca Juga : Serunya Liburan Bareng Keluarga ke Rumah Hobbit Kaliurang

Please rate this

Tentang Kami
JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan jasa di bidang rental mobil, rental motor dan paket wisata di Jogja. Berdiri sejak tahun 2009, kami siap memberikan service terbaik untuk Anda. Hubungi kami di nomer telepon: 0819 1555 0847 | 0812 2794 4404 | 0851 0604 2220.

Leave a Reply

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Thanks!

WA CS 2

Rental Mobil Jogja

WA CS 1

Telp