Buka : 06.30 - 22.00
0811 2953 081 | 0819 1555 0847 | 0812 2794 4404 | 0817 7044 0340

Desa Wisata Manding

Desa Wisata Manding adalah sebuah desa yang terletak di Jl. Parangtritis dan merupakan sentra kerajinan kulit. Alamat tepatnya di Jl. DR Wahidin Sudiro Husodo, Manding, Sabdodadi, Bantul, sekitar 15 km dari pusat kota Jogja ke arah selatan menuju Pantai Parangtritis.

Desa Wisata Kulit Manding

Desa Wisata Kulit Manding

Asal mula kerajinan kulit di Manding dipelopori oleh tiga pemuda Manding pada tahun 1947, yakni Prapto Sudarmo, Ratno Suharjo dan Wardi Utomo. Semula ketiga pemuda tersebut bekerja di sebuah perusahaan kulit di Kota Yogyakarta yang memproduksi pakaian dan pelana kuda. Kemudian ketiga pemuda tersebut, mendirikan usaha sendiri dengan berbahan dasar kulit juga. Sejak berdiri tahun 1976 hingga tahun 90-an, pengrajin mampu mengeksport hasil kerajinan mereka hingga ke Spanyol. Hingga saat ini, di Desa Manding terdapat sekitar 40 showroom dan 100-an pengrajin kulit.

Kerajinan kulit Manding tak kalah berkualitas jika dibandingkan dengan kerajinan kulit di Cibaduyut maupun Tanggulangin. Masyarakat di tempat ini menata apik hasil kerajinan mereka di showroom-showroom sepanjang jalan. Kerajinan kulit yang mereka buat antara lain berupa tas, sepatu, ikat pinggang, travellbag, sandal, dompet dan masih banyak lagi.

Baca juga tempat wisata di sekitar Desa Wisata Manding :

Kerajinan kulit Manding di produksi dengan cara yang masih rumahan, yaitu dalam hal proses membuat pola, mengguntingnya, sampai menjahitnya. Mereka mempekerjakan beberapa karyawan untuk menghasilkan karya-karya mereka. Oleh karena itu, pembeli tidak hanya bisa membeli dari hasil kerajinan yang sudah jadi, tetapi konsumen bisa memesannya, dengan model yang mereka inginkan, namun dengan harga yang berbeda tentunya dari harga barang yang sudah jadi. Walaupun merupakan produk rumahan tetapi kualitas tetap terjaga.

Sekarang tunggu apalagi, tidak usah bingung mencari buah tangan berupa kerajinan kulit buat orang-orang tersayang. Nanti di Jalan Parangtritis Km.11 ada gapura besar bertuliskan Manding, jadi tak akan sulit untuk menemukan lokasi kerajinan kulit, dan setelah masuk gapura deretan toko telah menyambut dan memamerkan berbagai aksesories dan hasil kerajinan yang bagus, jadi silahkan memilih sesuai dompet dan sesuai banyak orang tersayang yang akan dibawakan oleh-oleh istimewa. Satu nilai tambah lagi, untuk masuk ke sentra kerajinan kulit ini tak perlu tiket masuk, hanya parkir saja. Bagi yang ingin dibuatkan Paket Tournya bisa klik Buat Paket Tour Anda Sendiri.

Tentang Kami
JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan jasa di bidang rental mobil, rental motor dan paket wisata di Jogja. Berdiri sejak tahun 2009, kami siap memberikan service terbaik untuk Anda. Hubungi kami di nomer telepon: 0819 1555 0847 | 0812 2794 4404 | 0851 0604 2220.
  1. nendisofiandy Reply

    saya pingin coba main kesana juga, tertarik dengan hasil kerajinan kulitnya, manding terkenal dengan kerajina kulit berkualitas.

    • jogjaempatroda Reply

      siap.. jangan lupa kunjungin tempat-tempat wisata yg lain gan.. jogja istimewa

Leave a Reply

*

Thanks!

WA CS 2

Rental Mobil Jogja

WA CS 1

Telp