Buka : 06.30 - 22.00
0811 2953 081 | 0819 1555 0847 | 0812 2794 4404 | 0817 7044 0340

Embung Batara Sriten Jogja, Pesona Senja Di Bumi Gunungkidul

Setelah puas dengan wisata pantai, gardu pandang dan kuliner yang ada di kabupaten Gunungkidul. Anda dapat beralih ke tempat yang tak kalah menarik yaitu wisata Embung atau Waduk. Embung atau waduk yang disarankan untuk Anda kunjungi adalah Embung Batara Sriten Jogja. Embun Batara Sriten ini memiliki keistimewaan dibandingkan dengan wisata-wisata lain.

Embung Batara Sriten senja hari

foto : instagram @fadhil001

Lokasi Embung Batara Sriten

Embung Batara Sriten merupakan tempat wisata baru yang terletak di Pilangrejo, Nglipar, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Letaknya di puncak pegunungan Baturagung Utara. Empada ketinggian 859 mdpl.  Untuk menuju lokasi ini aksesnya bisa dijangkau dengan cukup mudah. Silahkan di cek via google map di sini : https://goo.gl/maps/2DLGefR6z9Hh7axn7

Asal-Muasal Embung Batara Sriten

Embung Batara Sriten dibuat pada bulan September 2014 silam dan diresmikan oleh Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono  X. Embung ini merupakan waduk tertinggi yang ada di Gunungkidul, bahkan diklaim menjadi waduk tertinggi di Yogyakarta dan Jawa Tengah

Sumber foto : IG @lelyolie

Harga Tiket Masuk

Para pengunjung dikenakan tarif yang sangat terjangkau yakni sebesar Rp 3.000,00 per orang untuk masuk ke tempat wisata Embung Batara Sriten.

Kondisi Alam Di Sekitar Embung  Batara Sriten

Kondisi alam Embung atau waduk ini sungguh luar biasa indah karena hamparan sawah hijau, bukit kars, dan puncak mangir yang berada dibalik embung. Pemandangan tersebut masih sangat alami dan mengisyaratkan bahwa bumi Gunungkidul masih terjaga kelestarian alamnya.

Baca juga : Museum Sandi, Salah Satu Museum ‘Kode Unik’ Di Dunia

Saat pengunjung menyusuri bibir Embung Batara Sriten Jogja terdapat lapisan menyerupai plastik dari bahan HDPE atau disebut juga dengan geo membran yang difungsikan sebagai penampung air, sehingga embung ini tidak digunakan untuk perikanan karena dapat merusak geo membrane tersebut.

Indahnya Sunset Di Puncak Tertinggi Gunungkidul

Bagi para pemburu senja, tempat ini sangatlah cocok untuk mendapatkan view sunset yang menakjubkan. Pemandangan indahnya dilengkapi dengan pepohonan dan hamparan sawah yang hijau. Sinar kuning pada langit yang biru di ufuk barat seakan mengisyaratkan begitu luarbiasanya alam semesta yang diciptakan Tuhan.

foto by : @mumet_simamat

Hembusan angin sore yang sejuk juga menambah ketenangan bagi Anda kala menikmati sunset. Disaat sunset tiba Anda bisa berswafoto dengan berbagai angel yang menarik. Selanjutnya hasil foto Anda bisa upload ke media sosial yang Anda miliki. Dan bagi siapapun yang melihat feed medsos Anda akan tertarik untuk mengunjungi Embung Batara Sriten Jogja. Agar kegiatan pengambilan gambar-gambar narsis Anda berjalan lancar, sebagai tips usahakan mengunjungi lokasi wisata ini saat musim panas.

Manfaat Dari Adanya Embung Batara Sriten

Adanya Embung Batara Sriten Jogja ini sengaja dibangun oleh pemerintah daerah Gunungkidul sebagai upaya untuk menyimpan pasokan air saat musim kemarau. Hal tersebut dilakukan karena wilayah Gunungkidul yang sebagian besar berupa tebing karst akan sulit mendapatkan air bersih saat musim kemarau tiba.

Artikel lainnya : Bendungan Kamijoro, Viral di Sosmed Jadi Berkah Bagi Warga

 

Tentang Kami
JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan jasa di bidang rental mobil, rental motor dan paket wisata di Jogja. Berdiri sejak tahun 2009, kami siap memberikan service terbaik untuk Anda. Hubungi kami di nomer telepon: 0819 1555 0847 | 0812 2794 4404 | 0851 0604 2220.

Leave a Reply

*

Thanks!

WA CS 2

Rental Mobil Jogja

WA CS 1

Telp