Buka : 06.00 - 21.00
0851 0604 2220 | 0819 1555 0847 | 0812 2794 4404 | 0817 7044 0340

Mau Wisata Edukasi, Alam, dan Hiburan? Kunjungi Gembira Loka Zoo

Yogyakarta memang salah satu kota di Indonesia, yang memiliki banyak destinasi wisata. Mulai dari wisata alam, belanja, kuliner, hingga wisata yang mengedukasi. Semua destinasi wisata di kota gudeg ini memiliki ciri khas masing-masing, sehingga patut untuk anda kunjungi. Salah satu tempat wisata di Jogja yang patut anda kunjungi bersama keluarga, adalah Gembira Loka Zoo.

gembira-loka-zoo

Sumber foto : IG @ayuhendayani

Merupakan sebuah kebun binatang di Yogyakarta, tepatnya di Jalan Kebun Raya No.2 Rejowinangun, Kota Gede, Yogyakarta. Sejarah berdirinya Gembira Loka Zoo berasal dari sebuah ide dan keinginan Sri Sultan Hamengkubuwono VIII, pada tahun 1933. Beliau ingin membangun sebuah taman hiburan, tetapi keinginan tersebut belum terealisasi sepenuhnya. Pada tahun 1959, KGPAA Paku Alam VIII menunjuk Tirtowinoto untuk melanjutkan pembangunan taman hiburan tersebut. Penunjukan Tirtowinoto merupakan pilihan yang tepat, karena bisa membawa kemajuan untuk taman hiburan Gembira Loka ini. Terlihat pada tahun 1978, koleksi satwa di Gembira Loka Zoo sudah sangat lengkap, bahkan sudah bisa membuat pengunjung mencapai angka 1,5 juta orang.

Gembira Loka Zoo merupakan paduan antara wisata edukasi, dan wisata alam. Kebun binatang ini mengalami perkembangan dari segala aspek, mulai dari jumlah satwa yang bertambah, suasana tempat wisata yang semakin cantik, dan wahana yang semakin menarik. Saat anda memasuki kebun binatang ini, anda akan disambut dengan bangunan gedung berupa museum. Berbeda dengan kebun binatang lainnya, di Gembira Loka tak hanya berisa jeruji besi dengan binatang didalamnya. Di museum setelah pintu masuk, anda akan melihat pigura besar yang berisi berbagai macam flora dan fauna, seperti serangga, burung, harimau, dan lain sebagainya. Selain satwa, di museum juga ada berbagai jenis flora dari segala penjuru dunia. Satu lagi yang membuat pengunjung tertarik, mereka tak hanya bisa melihat jenis atau spesies saja melainkan mereka juga bisa menggali informasi dari setiap flora dan fauna yang ada di dalam pigora. Karena disetiap jenis atau spesies flora dan fauna terdapat sebuah teks mengenai penjelasannya.

gembira-loka-zoo

Sumber foto : IG @tariska_salsadilla

Selain museum yang ditata seperti laboratorium, Gembira Loka Zoo juga memiliki tempat untuk budidaya ternak dan tumbuhan. Sehingga budidaya ini bisa memenuhi kebutuhan flora dan fauna di kebun binatang lainnya di Indonesia. Budidaya ini dikelola dengan sangat profesional oleh orang yang sudah ahli dibidangnya.

Berkunjung ke Gembira Loka Zoo, anda sudah bisa menyaksikan the worlds largest living lizard. Pada tahun 1992 hingga 1996, kebun binatang ini menjadi tempat penangkaran komodo di luar habitatnya. Karena keberhasilannya tersebut, Gembira Loka mendapat penghargaan tahun 1998 di Thoiry Paris. Selain komodo dragon, hewan reptile lainnya seperti ular, katak dari segala penjuru dunia, biawak, kaiman, dan kura-kura juga terdapat disana. Selain hewan reptile, Gembira Loka juga memiliki koleksi binatang lainnya, seperti gajah, onta, harimau, orang hutan, dan lainnya. Untuk gajah dan onta bisa anda tunggangi, tentunya di area yang sudah ditentukan.

gembira-loka-zoo

Sumber foto : IG @haryopambudi

Gembira Loka Zoo, tak hanya menyuguhkan wisata alam dan edukasi saja melinkan juga wisata hiburan. Banyak wahana hiburan yang bisa anda coba, seperti ATV, Kapal Katamaran, Kereta Keliling, Taman Labirin, Speed Boat, dan wahana hiburan lainnya. Disini juga terdapat beberapa kolam, seperti kolam tangkap, kolam araphaim, kolam sentuh,dan terapi ikan. Di kolam araphaim anda akan merasa berada didalam laut, karena didalamnya terdapat ikan-ikan besar yang meliuk-liuk, lengkap dengan batu karang yang sangat mempesona.

Nah sungguh indah kan Gembira Loka Zoo Yogyakarta ? Sangat sayang untuk anda lewatkan jika berlibur ke Yogyakarta. Selamat berlibur, semoga dengan berkunjung ke Gembira Loka bisa menambah ilmu tentang flora dan fauna.

Tentang Kami
JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan jasa di bidang rental mobil, rental motor dan paket wisata di Jogja. Berdiri sejak tahun 2009, kami siap memberikan service terbaik untuk Anda. Hubungi kami di nomer telepon: 0819 1555 0847 | 0812 2794 4404 | 0851 0604 2220 dan email : jogja4roda@gmail.com.

Leave a Reply

*

Thanks!

WA CS 2

WA CS 1

Phone