Buka : 06.00 - 21.00
0851 0604 2220 | 0819 1555 0847 | 0812 2794 4404 | 0817 7044 0340

Gereja Ayam, Situs Unik yang Tersembunyi

Magelang adalah kota di Jawa Tengah yang terkenal dengan beragam destinasi wisatanya yang menarik untuk dikunjungi. Aneka destinasi wisata yang menakjubkan ada di Magelang, dari Candi Borobudur hingga kawasan pendakian Merapi. Selain itu, ada suatu situs unik yang bernama Gereja Ayam. Bangunan unik ini belum terlalu dikenal oleh masyarakat, sehingga dapat disebut sebagai situs unik yang tersembunyi.

Gereja Ayam

Sumber gambar: Akun Instagram @arnanda12

Keunikan bangunan terlihat dari bentuknya yang menyerupai ayam, yang kemudian dinamakan menjadi Gereja Ayam. Menariknya, bangunan ini terletak di kawasan bukit indah, yaitu Bukit Rhema. Ketinggian bukit tergolong tinggi, sehingga dari puncak bangunan terlihat pemandanganindah, termasuk panorama Candi Borobudur dari sudut pandang yang berbeda.Selain keunikan bentuk bangunan yang menjadikan orang-orang tertarik untuk mengunjungi bangunan tersebut adalah ingin mengetahui keadaan bangunan secara langsung. Berkunjung ke tempat ini pada saat cuaca cerah sangat menguntungkan, karena mampu menyajikan pesona yang tak ternilai. Selain itu, ada beberapa fakta unik lainnya yang dapat Anda ketahui.

Gereja Ayam Magelang

Sumber foto: Akun IG @ipang_gusmilado

  1. Pembangunannya Tak Pernah Selesai

Pembangunan bangunan tersebut tidak pernah selesai karena keterbatasan biaya dan protes dari warga sekitar.Awalnya, bangunan tersebut akan dijadikan sebagai rumah ibadah, tetapi karena tidak sempurna pembangunannya, maka fungsinya menjadi tidak pasti dan akhirnya kini tidak terawat. Banyak aksi vandal yang mencoret-coret bangunan tersebut.

  1. Sebenarnya Bukan Gereja

Banyak masyarakat yang belum mengetahui kebenaran bahwa bangunan ini bukanlah gereja.Meskipun pencetus pendirian bangunan yang bernama Daniel Alamsjah adalah pemeluk Kristen, namun tujuan pembangunannya bukan khusus untuk gereja.Gedung tersebut dibangun sebagai tempat ibadah bagi agama apapun. Faktanya, bangunan ini pernah dijadikan sebagai tempat ibadah bagi agama Kristen, Islam, dan Buddha. Selain sebagai tempat ibadah, bangunan tersebut pernah digunakan sebagai tempat rehabilitasi bagi pecandu narkoba.

  1. Bentuknya Bukan Ayam, Melainkan Merpati

Awalnya, bangunan yang disebut gereja ayam tersebut akan dibangun sebagai rumah ibadah dengan bentuk merpati. Akan tetapi, karena pembangunannya tidak selesai, maka bentuk bangunannya pun tidak sempurna dan lebih menyerupai ayam.

  1. Dekat dengan Objek Wisata Punthuk Setumbu

Mendengar nama dan bentuk bangunannya yang unik, menjadikan wisatawan tertarik mengunjungi tempat ini. Selain keunikannya, tersembunyinya bangunan unik tersebut dapat terkuak karena lokasinya yang dekat dengan Punthuk Setumbu. Punthuk Setumbu merupakan destinasi wisata yang digunakan untuk menyaksikan keindahan sunset di Magelang, terutama Borobudur.

  1. Asyik untuk Hunting Foto

Salah satu penyebab terkenalnya bangunan unik tersebut adalah adegan film AADC 2 yang berlokasi di gereja tersebut. Sebelumnya, pengunjung yang berwisata ke bekas rumah ibadah tersebut sudah cukup banyak. Mereka hunting foto berlatar belakang suasana di Gereja Ayam tersebut. Adapun sepasang calon pengantin yang mengadakan foto prewedding di tempat ini.

Tentang Kami
JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan jasa di bidang rental mobil, rental motor dan paket wisata di Jogja. Berdiri sejak tahun 2009, kami siap memberikan service terbaik untuk Anda. Hubungi kami di nomer telepon: 0819 1555 0847 | 0812 2794 4404 | 0851 0604 2220 dan email : jogja4roda@gmail.com.

Leave a Reply

*

Thanks!

WA CS 2

WA CS 1

Phone