Buka : 06.00 - 21.00
0851 0604 2220 | 0819 1555 0847 | 0812 2794 4404

Goa Selarong: Wisata Sejarah Penuh Makna

4 (80%) 1 vote

Berlibur ke Daerah Istimewa Yogyakarta adalah hal yang biasa, tetapi hal ini bisa menjadi luar biasa jika Anda mengunjungi Goa Selarong. Cukup membayar tiket masuk seharga lima ribu rupiah saja, Anda sudah bisa memasuki salah satu tempat wisata yang fenomenal di Yogyakarta. Goa Selarong adalah suatu tempat yang pernah menjadi markas pahlawan Indonesia yakni Pangeran Diponegoro dan para pasukannya setelah berperang gerilya melawan kolonial Belanda sekitar tahun 1825-1830. Sejarah mengatakan bahwa Pangeran Diponegoro saat itu menggunakan Goa Selarong sebagai markas untuk menyusun aksi balas dendam karena rumahnya dibakar habis.

Goa Selarong

Sumber gambar: akun IG @wildanmuhsy

Di dalam Goa Selarong, Anda dapat menemui dua Goa lainnya yakni GoaKakung dan Goa Putri. Saat dulu, Goa Kakung merupakan kediaman bagi Pangeran Diponegoro dan Goa Putri dijadian tempat tinggal untuk Raden Ayu Ratnaningsih sang selir dari Pangeran Diponegoro yang paling setia setelah istrinya meninggal. Saat ini, lokasi Goa Selarong dijadikan tempat wisata edukasi karena tempat ini memiliki banyak sejarah bagi Indonesia. Suasana goa ini sangat sejuk dan cukup sepi sehingga cocok bagi Anda yang ingin berlibur mencari ketenangan. Pada hari biasa (bukan hari libur), goa ini terbilang sepi karena jarang wisatawan yang datang mengunjungi.

Jam buka lokasi wisata sejarah Goa Selarong adalah pukul 08.00 sampai dengan 16.00 WIB. Waktu yang tepat jika ingin mengunjungi tempat bersejarah ini adalah sekitar pukul 12.00 sampai dengan 14.00 WIB. Pada waktu tersebut Anda dapat melihat isi goa dengan lebih jelas. Apabila hujan deras, tidak disarankan untuk mengunjungi tempat ini.

Apabila Anda ingin mampir dan belajar sejarah ke Goa Selarong, berikut adalah beberapa rute yang bisa Anda tuju. Jika Anda berada dari terminal Giwangan, Anda bisa menyusuri jalan ring road hingga menemukan persimpangan empat arah Giwangan. Ambil arah ke barat (belok kanan) dan lurus terus sampai Anda sampai ke perempatan Bantul (jalan ring road). Kemudian di perempatan tersebut belok lah ke arah selatan (belok kiri) lalu lurus terus sampai bertemu simpang tiga jalan Selarong, nama jalan tersebut adalah jalan Bantul-Selarong. Setelah itu ambil arah ke selatan kemudian ke barat hingga bertemu pertigaan. Dari pertigaan itu sudah ada petunjuk arah Goa Selarong. Kurang lebih 20 menit Anda sudah bisa menemukan Goa Selarong. Nanti Anda akan ada patung Pangeran Diponegoro di atas kuda, dan Anda telah sampai di tujuan.

Selain berwisata sejarah, Anda juga bisa menikmati taman bermain. Tempat ini cocok sekali untuk Anda yang memiliki anak, karena disini ada wahana bermain dan bisa juga sekaligus mengenalkan sejarah kepada mereka. Lokasi wisata Goa Selarong ini sangat rindang lantaran masih banyak pohon hijau yang berakar kokoh disana.

Tentang Kami
JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan jasa di bidang rental mobil, rental motor dan paket wisata di Jogja. Berdiri sejak tahun 2009, kami siap memberikan service terbaik untuk Anda. Hubungi kami di nomer telepon: 0819 1555 0847 | 0812 2794 4404 | 0851 0604 2220 dan email : jogja4roda@gmail.com.

Leave a Reply

*

Thanks!

WA CS 1

WA CS 2