Buka : 06.30 - 22.00
0811 2953 081 | 0819 1555 0847 | 0812 2794 4404 | 0817 7044 0340

Menelusuri Keindahan Goa di Goa Sriti Kulon Progo

Yogyakarta menjadi salah satu kota yang menjadi saksi bisu perjuangan para pahlawan bangsa yang kini dikenang menjadi tempat wisata. Dari sekian banyak tempat wisata bersejarah di Yogyakarta ada satu tempat yang masih kurang dilirik oleh para wisatawan. Tempat wisata yang dimaksud adalah Goa Sriti. Pada masa penjajahan Belanda, Goa yang satu ini dijadikan sebagai tempat persembunyian Pangeran Diponegoro. Pada waktu itu, Pangeran Diponegoro sedang melakukan perang gerilya untuk melawan pasukan Belanda. Dalam menjalankan perang gerilya, Pangeran Diponegoro membutuhkan tempat bersembunyi yang aman dan tidak mudah diketahui oleh pasukan Belanda. Apalagi mengingat bahwa markas Belanda berada di area perbukitan maka tidak heran bila Pangeran Diponegoro memilih goa tersebut sebagai tempat persembunyian.

Goa Sriti

sumber gambar: https://jogjalandotcom

Goa sriti berlokasi di Kulon Progo tepatnya di Dusun Dukuh, Purwoharjo, Kecamatan Samigaluh. Untuk bisa mencapai ke lokasi bersejarah ini, Anda membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam dengan jarak sekitar 30 km dari kota Yogyakarta. Akses menuju ke goa tempat persembunyian Pangeran Diponegoro ini tidaklah sulit, Anda bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat dengan mengambil rute ke arah suroloyo atau kalibiru.

Jarak dari Samigaluh ke Goa Sriti tidak terlalu jauh, Anda cukup menempuh perjalanan sekitar 1 km lagi untuk bisa sampai ke tempat bersejarah tersebut. Namun, medan untuk menuju ke lokasi wisata goa tersebut cukup menanjak dan banyak tikungan tajam untuk itu bila Anda ingin pergi kesana harus lebih berhati-hati dalam berkendara. Pastikan juga kendaraan Anda dalam keadaan baik dan mampu untuk dibawa ke tempat yang memiliki medan jalan yang menanjak.

Goa Sriti

sumber foto: https://jogjalandotcom

Bagi Anda yang menyukai tantangan maka goa yang satu ini bisa menjadi alternatif tujuan wisata Anda. Di tempat bersejarah tersebut Anda akan diajak untuk menyusuri keindahan tersembunyi dalam goa. Namun, disarankan untuk menggunakan pemandu wisata karena mereka lebih mengetahui medan dari goa bersejarah tersebut. Cukup dengan merogoh kocek sekitar Rp 30.000, Anda sudah bisa mendapatkan fasilitas seperti caving goa, minum, alat pelampung dan pemandu wisata.

Sayangnya goa bersejarah ini tidak banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Mungkin karena kurangnya promosi dari pemerintah daerah atau para wisatawan kurang tertarik dengan tempat wisata bersejarah yang dirasa terlalu kuno. Ini juga menjadi salah satu alasan mengapa Goa Sriti ini tidak mendapatkan perawatan yang memadai. Di goa tempat persembunyian Pangeran Diponegoro ini Anda akan disuguhkan pemandangan yang masih alami dan belum tersentuh oleh orang banyak. Jadi, ajaklah keluarga dan kerabat berlibur ke tempat bersejarah yang ada di Kulon Progo ini dan jangan lupa bagikan pengalaman kepada yang lain agar goa ini menjadi ramai pengunjung.

Baca sebelumnya :

Berwisata Religi ke Makam Kyai Siroj Payaman

Tentang Kami
JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan jasa di bidang rental mobil, rental motor dan paket wisata di Jogja. Berdiri sejak tahun 2009, kami siap memberikan service terbaik untuk Anda. Hubungi kami di nomer telepon: 0819 1555 0847 | 0812 2794 4404 | 0851 0604 2220.

Leave a Reply

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Thanks!

WA CS 2

Rental Mobil Jogja

WA CS 1

Telp