Buka : 06.00 - 21.00
0851 0604 2220 | 0819 1555 0847 | 0812 2794 4404 | 0817 7044 0340

Wisata Penuh Sejarah, Gua Rancang Kencono Yogyakarta

Gunung Kidul memang selalu menjadi destinasi wisata bagi para wisatawan dalam negeri maupun mancanegara. Ada banyak tempat wisata yang bisa ditemukan di Gunung Kidul, salah satunya yaitu Gua Rancang Kencono. Gua ini adalah salah satu yang ada di Gunung Kidul dengan panorama yang luar biasa indahnya.

Gua Rancang Kencono

Gambar : IG @khusnanthoriq

Sensasi alam Gua Rancang Kencono

Salah satu hal yang membuat gua rancang kencono ini menjadi istimewa yaitu karena tempat ini memiliki ruangan seluas 20 x 20 m2 dengan ketinggian yang mencapai 12 meter dan biasa digunakan sebagai tempat untuk acara-acara seperti sarasehan, camping dan lain sebagainya. Ruangannya pun tidak begitu gelap karena sinar matahari masih bisa masuk dan tempat ini juga tidak banyak memiliki ornamen, dimana ornamennya hanya terdapat di beberapa stalagtit yang letaknya menggantung di langit goa sehingga sangat memudahkan para pengunjung yang beraktivitas di  sini.

Asal mula Gua Rancang Kencono

Konon kabarnya menurut penuturan yang terdapat di buku “legenda dan budaya desa Bleberan”, gua ini ditemukan pada tahun 1720 oleh dua prajurit mataram yang melarikan diri, dimana nama dua prajurit tersebut adalah Kyai Putut Linggo Bowo dan Kyai Soreng Pati yang menemukan tempat ini untuk dijadikan tempat istirahat. Setelah itu, gua ini selanjutnya dijadikan tempat pertemuan untuk menyusun rencana penyerangan. Disebut gua Rancang di Kencono karena arti dari nama itu adalah merancang perbuatan yang sifatnya mulia.

Foto : IG @suryomulyo6

Terdapat sebuah ruangan 3×3 dalam gua ini yang dijadikan sebagai tempat bertapa para pejuang untuk mencari petunjuk mengenai hal apa yang harus dilakukan untuk bisa menang melawan penjajah. Ketika masa peperangan berakhir, gua ini kemudian tidak digunakan lagi dan dibiarkan begitu saja. Tetapi dengan semakin berkembangnya waktu, masyarakat gunung kidul akhirnya membuat tempat tersebut menjadi salah satu wisata sejarah yang menjadi kebanggaan kabupaten Gunung Kidul.

Baca Juga : Memacu Adrenalin di Tegalarum Adventure Park

Lokasi Gua Rancang Kencono

Lokasi Gua Rancang Kencono berada di Gunung Kidul, tepatnya di daerah pedukuhan Menggoran II, Ds Bleberan, Payen, Gunung Kidul. Ini lokasi menurut googlemap : https://goo.gl/maps/Tz8KFYFAa4n

Harga Tiket Masuk

Harga tiket destinasi wisata Gua Rancang Kencono hanya sebesar Rp3.000,- per orangnya. Harga tiket itu sudah termasuk dengan tiket untuk memasuki wilayah air terjun Sri Getuk yang letaknya hanya 1 km dari lokasi tersebut.

Perjalanan menuju Gua Rancang Kencono

Jika Anda ingin mengunjungi tempat wisata ini, setidaknya ada jalur yang bisa digunakan yaitu

  • Jalur akses pertama: dari kota Yogyakarta menuju Piyungan. Lanjut ke Patuk hingga sampai di Pertigaan Gading, kemudian pergi Playen dan terakhir menuju Bleberan.
  • Jalur akses kedua: dari kota Yogyakarta menuju kota Imogiri. Kemudian lanjut ke Panggang melaju ke Playen dan berakhir di Bleberan.

Gua Rancang Kencono, pict by: @shobikhatritina

Akan lebih mudah jika Anda menggunakan jasa sewa mobil Jogja Empat Roda. Dengan dukungan pengemudi yang berpengalaman, kru dan mobil siap mengantar Anda ke destinasi ini.

Related post : Menikmati Piramida Suku Maya ala Gunungkidul di Sisi Timur Wonosari

Tentang Kami
JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan jasa di bidang rental mobil, rental motor dan paket wisata di Jogja. Berdiri sejak tahun 2009, kami siap memberikan service terbaik untuk Anda. Hubungi kami di nomer telepon: 0819 1555 0847 | 0812 2794 4404 | 0851 0604 2220 dan email : jogja4roda@gmail.com.

Leave a Reply

*

Thanks!

WA CS 2

WA CS 1

Phone