Buka : 06.30 - 22.00
0811 2953 081 | 0819 1555 0847 | 0812 2794 4404 | 0817 7044 0340

Menantang Jiwa Traveling dengan Mendaki Gunung Api Purba Nglanggeran

Setelah puas menjelajahi bagian barat Yogyakarta, saatnya Anda menjelajahi tempat wisata di bagian timur Yogyakarta. Salah satu destinasi wisata di timur Yogyakarta adalah Gunung Api Purba Nglanggeran. Berikut ini beberapa info yang bisa Anda dapatkan jika Anda ingin berkunjung ke wisata alam ini.

Gunung Api Purba Nglanggeran

Sumber gambar: Instagram @kardomantumangger

Gunung Api Purba Nglanggeran merupakan ekowisata berupa gunung yang pernah aktif sekitar 60-70 juta tahun lalu. Gunung yang sudah tidak aktif ini kemudian menjadi wisata alam dengan pemandangan yang menarik bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Ekowisata yang berlokasi di Nglanggeran, Patuk, kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta ini memiliki pemandangan utama sebuah bongkahan batu andesit raksasa membentang 800 meter dan menjulang hingga 300 meter.

Dari pusat kota Yogyakarta, pengunjung hanya memerlukan waktu sekitar 1 jam agar sampai di lokasi ekowisata ini. Anda yang lelah karena menempuh perjalanan dengan rute ekstrem dan medan yang berat, sesampainya di sana bisa beristirahat di pendopo joglo yang dibangun di dekat tempat wisata utama. Saat pendakian, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang menyejukkan sejauh mata memandang. Dari puncak gunung Anda bisa melihat jajaran bebatuan di kaki gunung, perkampungan penduduk, serta hamparan sawah petani.

Melalui puncak Gunung Api Purba Nglanggeran pula Anda bisa melihat suasana matahari terbit maupun tenggelam. Saat malam hari, Anda bisa menyaksikan pemandangan dari kerlap kerlip kota Jogja di kejauhan. Karena pesona ini pulalah, banyak orang yang kemudian berkemah di puncak gunung ini. Pada akhir pekan atau liburan, Anda akan melihat banyak kemah-kemah yang dibangun di puncak gunung. Biasanya, pengunjung yang berkemah menghabiskan waktu di malam hari dengan menikmati pemandangan serta api unggun dengan bakaran marshmallow di atasnya.

Seperti tempat wisata lainnya di Yogyakarta, tempat wisata Gunung Nglanggeran juga memiliki cerita tersendiri. Menurut salah seorang tetua yang tinggal di Dusun TlogoMardidho, dusun yang ada di puncak gunung Nglanggeran, hanya 7 kepala keluarga yang boleh tinggal di dusun tersebut. Apabila kepala keluarga yang tinggal di puncak gunung lebih atau kurang dari 7, maka sesuatu yang tidak diinginkan dipercayai akan terjadi. Karena hal ini, anak-anak dusun TlogoMardidho yang telah berkeluarga akan meninggalkan dusun yang ada di puncak Nglanggeran ini.

Demikian beberapa hal seputar Gunung Api Purba Nglanggeran yang bisa dibagikan untuk menambah pengetahuan wisata Anda khususnya tempat wisata di Yogyakarta. Tempat wisata ini sangat cocok untuk mereka yang memiliki jiwa petualang. Medan yang ekstrem dan sulit seperti jalanan terjal berbatu, serta lorong gelap diantara tebing yang hanya bisa dilewati satu orang merupakan tantangan seorang petualang sejati. Apa Anda siap mencoba wisata alam yang sudah pasti melatih fisik dan mental ini?

Tentang Kami
JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan jasa di bidang rental mobil, rental motor dan paket wisata di Jogja. Berdiri sejak tahun 2009, kami siap memberikan service terbaik untuk Anda. Hubungi kami di nomer telepon: 0819 1555 0847 | 0812 2794 4404 | 0851 0604 2220.
  1. Pingback: JOGJA EMPAT RODA Rental Mobil Jogja, Sewa Mobil di Jogja Watu Amben, Indahnya Yogyakarta Dari Ketinggian - JOGJA EMPAT RODA Rental Mobil Jogja, Sewa Mobil di Jogja

Leave a Reply

*

Thanks!

WA CS 2

Rental Mobil Jogja

WA CS 1

Telp