Buka : 06.00 - 21.00
0851 0604 2220 | 0819 1555 0847 | 0812 2794 4404 | 0817 7044 0340

Kampoeng Cyber, Masyarakat Melek Teknologi Tanpa Tinggalkan Tradisi

Kampoeng Cyber

Kampoeng Cyber Yogyakarta

Saat ini tidak ada seorang pun yang hidup tanpa memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Hal ini bisa Anda lihat dari kehidupan sehari-hari Anda dan orang-orang di sekitar Anda yang tidak terlepas dari penggunaan gadget. Umumnya penggunaan gadget tersebut adalah untuk membantu memudahkan segala aktivitas yang sedang di jalankan. Di Yogyakarta, ada sebuah kampung yang keseluruhan masyarakatnya memaksimalkan perkembangan teknologi infomasi dan komunikasi yaitu Kampoeng Cyber. Lantas seperti apa kampung yang satu ini?

Apa itu Kampoeng Cyber?

Yogyakarta memang dikenal dengan segala kekhasan dan tradisi, bahkan kota yang satu ini juga dijuluki sebagai Kota Pelajar di Indonesia. Di tengah unsur tradisi Jawa yang begitu kental bisa Anda temukan di sana. Tidak jauh dari pusat Kota Yogyakarta, Anda bisa menemukan sebuah wisata yang memperkenalkan bagaimana masyarakat suatu wilayah memaksimalkan manfaat dari perkembangan teknologi.

Kampoeng Cyber memang sengaja dibangun untuk mengutamakan penggunaan teknologi bagi masyarakat daerah tersebut. Kampung yang satu ini memang sudah memiliki misi tersendiri untuk mengembangkan kampung dan masyarakatnya yaitu untuk mengejar ketertinggalan akan teknologi dan menjembatani masyarakat yang memiliki keterbatasan dalam menggunakan teknologi, di mana yang paling utama adalah penggunaan internet.

Akses Kampoeng Cyber

Terletak di Kelurahan Patehan, Kecamatan Kraton, Yogyakarta, Kampoeng Cyber ini mulanya berdiri dikarenakan adanya salah seorang warga yang memilikiide kreatif untuk meningkatkan kualitas dari lingkungannya yaitu dari RT 36. Hal inilah yang kemudian menjalar ke RT-RT yang lain hingga akhirnya pemerintah Kota Yogyakarta meresmikan Kampoeng Cyber pada tahun 2008.

Anda tidak perlu bingung bagaimana bisa menuju ke kampung ini, karena lokasi dari wisata Kampoeng Cyber terletak tidak jauh dari pusat kota. Lebih mudahnya Anda cukup mencari lokasi wisata Taman Sari. Namun karena keterbatasan lebar jalan yang ada di sana, Anda tidak bisa menjangkaunya secara langsung dengan menggunakan mobil. Anda bisa memarkirkan mobil di kawasan wisata Taman Sari. Dari sana Anda bisa berjalan kaki hanya sekitar 50 m, akses jalan Kampoeng Cyber ini hanya bisa dilewati oleh kendaraan beroda dua.

Artikel menarik lainnya :

Ada Sarang Burung Raksasa di Bukit Mojo Gumelem

Wisata Alam yang Berbeda di Yogyakarta, Pintu Langit Dahromo

Masyarakat Lokal Kekinian

Jika Anda telah berkunjung ke Kampoeng Cyber, akan sangat mudah menemukan masyarakat yang menggunakan gadget layaknya laptop dan smartphone untuk setiap kegiatan yang dilakukannya. Bahkan Anda akan sangat mudah menemukan akses WiFi dimana pun selama berada di kampung ini. Yang keren, meskipun bisa dikatakan telah melek teknologi, masyarakat tidak meninggalkan segala tradisi yang ada di sana khususnya tentang Yogyakarta.

Banyak produk-produk khas Jawa yang bisa Anda temukan di sana dan bahkan masyarakat membawa produk ini untuk dipasarkan melalui dunia maya serta memperkenalkannya pada masyarakat dunia. Mulai dari batik, makanan, hiasan di sepanjang kampung bahkan anda bisa mempelajari cara mengelola suatu usaha dengan memaksimalkan fungsi dari teknologi bersama dengan masyarakat. Bisa Anda bayangkan berwisata ke Kampoeng Cyber akan membuat wisata Anda menyenangkan dan bermanfaat.

Tentang Kami
JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan jasa di bidang rental mobil, rental motor dan paket wisata di Jogja. Berdiri sejak tahun 2009, kami siap memberikan service terbaik untuk Anda. Hubungi kami di nomer telepon: 0819 1555 0847 | 0812 2794 4404 | 0851 0604 2220 dan email : jogja4roda@gmail.com.

Leave a Reply

*

Thanks!

WA CS 2

WA CS 1

Phone