Buka : 06.30 - 22.00
0811 2953 081 | 0819 1555 0847 | 0812 2794 4404 | 0817 7044 0340

Kealamian Kedung Cumpleng di Kulon Progo No ratings yet.

Sebelum merambah untuk mengunjungi tempat-tempat wisata alam yang berada di luar negeri, sebaiknya lakukan eksplorasi lebih jauh lagi untuk mendatangi pesona wisata alam yang ada di Indonesia. Salah satu pesona alam tersebut dapat ditemukan di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Pasalnya, tempat wisata di Jogja ini terkenal bahwa masih terdapat banyak sekali keindahan alam yang masih tersembunyi dan belum tereksploitasi. Saking banyaknya, bahkan masih ada beberapa daftar wisata alam di Jogja yang belum pernah disinggahi oleh para wisatawan.

Tempat-tempat wisata alam yang masih tersembunyi tersebut, sangat cocok dijadikan tempat tujuan untuk para wisatawan yang tidak ingin berdestinasi wisata ke tempat yang itu-itu saja. Tentu saja dibutuhkan energi, waktu dan perbekalan yang cukup untuk mencapai kesana. Salah satu kabupaten di Yogyakarta yang potensi wisatanya belum banyak tereksploitasi adalah kabupaten Kulon Progo. Tempat wisata di Kulon Progo sebenarnya lumayan lengkap, mulai dari wisata alam berupa pantai, pegunungan, hingga air terjun.

Di Kulon Progo, Yogyakarta terdapat banyak sekali tempat wisata yang masih alami, salah satunya adalah air terjun Kedung Cumpleng yang lokasinya ada di Kecamatan Samigaluh.

kedung cumpleng

Kedung Cumpleng | Sumber foto : sobondeso.blogspot*co.id

 

Keindahan Air Terjun Kedung Cumpleng

Sama seperti air terjun pada umumnya, air terjun Kedung Cumpleng ini juga meyuguhkan pemandangan yang luar biasa. Air yang mengalir begitu deras dari atas bukit sangatlah bening dan air terjun yang berjatuhan juga terasa sangat menyegarkan. Namun, ada ciri khas tersendiri yang dimiliki oleh air terjun ini, yaitu adanya pohon bambu liar yang tumbuh di sekitarnya. Pohon-pohon bambu tersebut memang masih dibiarkan begitu saja, karena tempat ini memang jarang didatangi oleh wisatawan. Selain itu, pohon bambu yang ada di sekitarnya juga dapat menambah keindahan dan kesejukan yang dimiliki oleh tempat ini.

 

Lokasi dan Rute Perjalanan Menuju Air Terjun Kedung Cumpleng

Untuk bisa sampai ke Air Terjun Kedung Cumpleng ini, para wisatawan harus datang ke Perdusunan Nglinggo, Desa Pagerharjo, Kec. Samigaluh, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta, tepatnya berada sekitar 42 kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Rute perjalanan yang dapat dilewati adalah pusat kota Yogyakarta Kulon Progo Kawasan Samigaluh Nglinggo Desa Pagerharjo.

Pada awalnya untuk bisa sampai ke air terjun ini memang bisa dilalui dengan menggunakan kendaraan pribadi, namun saat masuk dalam kawasan air terjun ini para wisatawan harus berjalan kaki, sehingga mereka harus menitipkan kendaraan dengan memarkirkannya di rumah warga terdekat.

Karena di sekitar kawasan air terjun Kedung Cumpleng belum ada fasilitas yang memadai, seperti warung, toilet/tempat duduk dan belum ada tempat parkir, maka para wisatawan yang yang ingin datang kesini harus mempersiapkan semua perbekalan yang diperlukan dan sebaiknya jangan datang ketika hari mulai petang, karena di tempat ini masih sangat minim penerangan, terlebih lagi juga tidak ada fasilitas hotel ataupun penginapan jenis lainnya. Namun, jika terpaksa harus menginap, maka bisa mendirikan tenda dengan berkemah atau juga bisa bermalam dengan menginap di rumah warga sekitar.

Please rate this

Tentang Kami
JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan jasa di bidang rental mobil, rental motor dan paket wisata di Jogja. Berdiri sejak tahun 2009, kami siap memberikan service terbaik untuk Anda. Hubungi kami di nomer telepon: 0819 1555 0847 | 0812 2794 4404 | 0851 0604 2220.

Leave a Reply

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Thanks!

Rental Mobil Jogja

Whatsapp
Telepon