Buka : 06.30 - 22.00
0811 2953 081 | 0819 1555 0847 | 0812 2794 4404 | 0817 7044 0340

Menikmati Kopi Jos Lik Man Yang Tersohor dan Terunik di Kota Yogyakarta

Apabila kamu seorang penggemar nikmatnya kopi, sudah pernahkah merasakan kopi yang amat tenar di kota Yogyakarta ini? Benar, kopi bercampur arang atau bara api atau acap kali disebut dengan “Kopi Jos” ini sungguh-sungguh populer di Daerah Istimewa Yogyakarta. Keunikannya adalah sebelum diminum kopi ini ditambahkan bara api yang dicelupkan ke dalam gelas. Warung kopi angkringan yang paling tenar yakni Kopi Jos Lik Man. Kopi ini mungkin salah satu penyajian kopi terunik yang ada di dunia. Penasaran? Mari kita simak ulasan berikut.

Kopi Jos Lik Man

Kopi Jos Lik Man, Sumber Gambar : Akun IG @hanungardiyanto

Kopi Jos Lik Man berlokasi di Jl. Wongsodirjan tepatnya di sebelah utara Stasiun Tugu Yogyakarta. Dengan menu beragam diantaranya aneka sate dan penganan enak khas ala angkringan jogja menjadikan warung ini tidak pernah sepi dari pengunjung tiap harinya. Nongkrong malam-malam sembari minum kopi adalah fenomena sangat lazim di kultur budaya kita,  kopi campur arang pada minuman ini tentu akan menambah rasa gayeng di tongkrongan. Apalagi konon katanya Kopi jos bisa meredang lambung yang yang sedang kelebihan asam.

Telah banyak dipercaya bahwasanya arang  bisa digunakan untuk penetral kelebihan asam lambung dan sejak dulu djadikan obat untuk problem begah atau perut kembung, yang pada masa sekarang bisa ditemui di apotik atau toko obat dikenal dengan tablet arang aktif  (Activated Charcoal). Sekitar 50 yang tahun lalu kopi merupakan metode yang lebih disukai untuk mencerna obat yang menuntaskan problem perut dan usus. Meskipun sebagian peracik kopi arang mengatakan minuman ini sebagai suplemen stamina, kopi arang ditengarai lebih disukai karena  keunikan rasanya.

Seorang pria paruh baya yang lebih populer dipanggil Pak atau Lek Man sudah meracik kopi jos ini semenjak tahun 60-an. Layaknya sebagian besar racikan kopi dari di tempat ini, beliau menambahkan serbuk kopi dengan 4 sdt (sendok teh) gula. Lalu beliau menuangkan air mendidih dari cerek hitam dan dengan serta merta menambahkan kekhasan dari kopi ini yakni arang atau areng merah membara sampai terdengar bunyi josss..!

Angkringan Kopi Jos Lik Man memiliki beragam kalangan yang menjadi pelanggannya. Biasa yang datang terbagi menurut jam kedatangan. Ada pegawai kantoran datang dari pulang bekerja untuk sekedar mampir membeli tempe goreng, tahu, sate usus dan nasi kucing.  Di waktu yang lain, ada sepasang muda mudi umumnya datang lebih malam untuk berkencan sambil ngopi jos. Tak berselang lama, tidak sedikit juga yang datang untuk nongkrong sambil memainkan musik dan bernyanyi ramai-ramai. Iklim yang diciptakan seperti inilah yang membuat kawasan warung ini menarik perhatian, dan membuat pelanggan betah dan selalu datang kembali. Walaupun tempat ini semakin populer bagi para pelancong yang datang dari luar jogja, Lek Man dan teman-temannya selalu hangat dan humble pada setiap tamu yang datang.

Lokasi Angkringan Kopi Jos Lik Man :

https://goo.gl/maps/FYjh8XHnWW52

Artikel Sebelumnya :

Ayam Geprek Mbok Moro, Ayam Geprek Super Nikmat, Gurih dan Pedas
Bakmi Jawa Pak Rebo Kintelan, Penawar Mustajab dari Rasa Lapar!
Sate Goreng Ringin Kronggahan, Rekomendasi Sate Pak Bondan Winarno

Tentang Kami
JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan jasa di bidang rental mobil, rental motor dan paket wisata di Jogja. Berdiri sejak tahun 2009, kami siap memberikan service terbaik untuk Anda. Hubungi kami di nomer telepon: 0819 1555 0847 | 0812 2794 4404 | 0851 0604 2220.

Leave a Reply

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Thanks!

WA CS 2

Rental Mobil Jogja

WA CS 1

Telp