Buka : 06.30 - 22.00
0811 2953 081 | 0819 1555 0847 | 0812 2794 4404 | 0817 7044 0340

lava tour merapi

Lava Tour Merapi yang berada di Jogja merupakan salah satu destinasi wisata yang menawarkan sensasi petualangan yang seru. Lokasinya berada di kaki Gunung Merapi, di Kaliadem & Kaliurang.

Pasca terjadinya erupsi dahsyat yang terjadi pada Gunung Merapi tahun 2010 yang lalu. Kawasan wisata Kaliurang kini mempunyai penawaran paket wisata yang sangat menarik.

Jeep Lava Tour Merapi

Erupsi tersebut telah merubah wajah Kaliadem yang dahulu merupakan daerah perkemahan yang hijau dengan hamparan tanah yang luas, menjadi bekas erupsi Merapi yang digunakan untuk destinasi wisata baru, yakni Jeep Lava Tour Merapi.

Dalam tour Merapi ini, Anda akan mengunjungi beberapa tempat wisata, diantaranya Bunker Kaliadem, Batu Alien, Stonehenge Merapi, Kalikuning, Rumah Mbah Maridjan, Museum Mini Sisa Hartaku.

Sejarah Lava Tour Merapi Jogja

Seperti yang kita tahu, Gunung Merapi menjadi salah satu gunung paling aktif yang ada di Indonesia. Bahkan para peneliti geologi telah menggunakan objek Gunung Merapi sebagai salah satu tempat penelitian, sebab disini tersimpan banyak cerita dan juga informasi.

Mereka mengajukan teori tentang seperti apa kehebatan Gunung Merapi. Salah satu peneliti yang merupakan ahli geologi dari Belanda, Reinout Willem telah membuat asumsi bahwa Gunung Merapi sudah pernah meletus hebat tahun 1006.

Letusan hebat ini diperkirakan sebagai penyebab mundurnya kerajaan Mataram kuno, yang kemudian berpindah tempat dari Jawa Tengah ke daerah Jawa Timur.

Letusan Gunung Merapi yang terjadi pada 2006 dan 2010 merubah wajah daerah sekitar gunung Merapi. Daerah yang semula berupa lahan hijau menjadi tanah timbunan bekas lahar Merapi.

Para wisatawan bisa melihat dari dekat seperti apa material bekas letusan dari Gunung Merapi. Wisatawan bisa menyaksikan bunker tempat perlindungan yang telah merenggut nyawa 2 relawan kala itu.

Menjelajah Sisa Erupsi Merapi

Wisata lava tour yang ada di Merapi menjadi salah satu pilihan wisata yang bisa membuat anda menikmati keindahan alam Gunung Merapi sambil berpetualang. Memacu adrenalin saat melewati lintasan offroad.

Tapi apa istimewanya? Anda pasti bertanya-tanya apa saja kegiatan yang bisa dilakukan di sana. Apakah kegiatannya menarik atau membosankan?

Jadi nanti disana anda akan diajak untuk berkeliling Gunung Merapi dan menikmati indahnya alam. Lalu melihat sisa erupsi yang ada di setiap lokasi pemberhentian.

Penasaran bermanuver di air dan menyusuri bekas erupsi dari salah satu gunung paling aktif di dunia?

Berikut beberapa tempat menarik yang akan dilewati saat menggunakan Jeep Lava Tour Merapi :

1. Museum Mini Sisa Hartaku

Pertama, lokasi yang bisa anda kunjungi ketika mengikuti wisata Merapi Lava Tour ini adalah Museum Mini Sisa Hartaku. Museum ini terbilang unik dan berbeda.

Ketika anda mengunjungi museum ini, anda dapat melihat berbagai macam barang yang sudah rusak dan sebagian meleleh. Ini merupakan barang peninggalan warga sekitar yang rusak diterjang erupsi Merapi.

Tempat ini telah dijadikan sebagai museum oleh warga sekitar guna mengenang dahsyatnya peristiwa letusan gunung Merapi.

Ketika anda masuk ke museum ini, tidak akan dipungut biaya. Pengunjung yang datang umumnya akan memberi uang sekedarnya di dalam kotak sumbangan.

Di depan museum, anda juga bisa melihat kerangka motor yang terbakar dan kerangka sapi utuh. Ketika masuk ke dalam ruangan, anda bisa melihat jam dinding yang meleleh.Jam dinding ini menjadi satu-satunya penunjuk waktu kapan bencana awan panas tersebut melanda.

2. Bunker Kaliadem

Salah satu spot favorit yang disukai para wisatawan saat mengikuti wisata Lava Tour Merapi adalah Bunker Kaliadem.

Tempat ini merupakan tempat yang tepat bagi anda untuk melihat pemandangan yang sangat indah. Ketika cuaca sedang cerah, dari sini anda bisa melihat puncak Merapi dengan begitu jelas. Momen seperti ini memang tidak mudah ditemukan. Sebab umumnya cuaca sering berkabut dan mendung.

Bila anda penasaran apa sebenarnya isi dari bunker, anda bisa masuk untuk melihat kondisi dalam ruangan. Namun jangan lupa untuk membuat senter atau alat penerangan lain. Sebab di dalam bunker gelap dan tidak ada lampu.

Bunker Kaliadem ini adalah tempat dimana ada relawan yang berlindung dan meninggal. Karena saat erupsi terjadi, ternyata bunker tidak bisa menahan suhu panas dari erupsi Merapi tersebut.

3. Petilasan Rumah Mbah Marijan

Sesampainya di tempat ini, anda dapat melihat berbagai macam barang peninggalan mbah Marijan yang terdampak erupsi Merapi. Selain itu, di sini anda juga bisa beristirahat di pendopo khas Jawa.

Bagi anda yang ingin melihat pemandangan dari wilayah ketinggian, anda dapat naik gardu pandang yang berada di samping petilasan mbah Marijan.

Jika anda ingin menikmati berbagai macam jajanan, di tempat ini juga ada warung yang dikelola anak mbah Marijan. Salah satu minuman khas yang tersedia di tempat ini adalah wedang gedang. Ini adalah minuman jahe hangat dicampur dengan irisan pisang.

Rasanya sangat khas dan cocok untuk menghangatkan badan dengan kondisi dingin di atas pegunungan. Jadi anda bisa mencobanya.

4. Kali Kuning

Ketika anda mengikuti wisata Lava Tour Merapi, rasanya belum lengkap bila anda tidak mampir ke Kali Kuning. Di tempat ini, anda akan diajak untuk bermain air sampai puas.

Cukup terkena cipratan air saja atau basah kuyup, semuanya akan dilayani.

Anda tinggal request ke driver Jeep. Di sini ada beberapa Jeep yang bergantian masuk ke dalam sungai dengan kecepatan tidak stabil. Sehingga akan menciptakan cipratan air yang cukup tinggi.

Ini merupakan lokasi yang paling seru. Sebab disini anda bisa berteriak sekencang mungkin. Jadi bagi anda yang banyak pikiran, bisa meluapkan semua di sini.

5. Stonehenge Merapi

Hawa dingin dan keelokan pesona Gunung Merapi yang tersuguhkan di bumi Yogyakarta, tak heran kalua Stonehenge yang berada di kaki Gunung Merapi ini ramai dikunjungi wisatawan. Stonehenge ini adalah replika dari Stonehenge yang ada di Inggris.

Keunikan Stonehenge Merapi ini terlihat dari bangunannya yang tersusun dari batu-batuan besar erupsi Gunung Merapi. Dengan bentuk yang unik dan menawan tersebut, pengunjung biasanya mengabadikan momen liburannya dengan berswafoto. Anda bisa melihat beberapa swafoto #stonehengemerapi di media sosial Instagram. Di tempat ini juga, apabil sedang tidak berkabut Anda bisa berswafoto dengan latar belakang gunung Merapi. Dengan sudut pandang yang pas dan cuaca yang cerah akan menghasilkan foto dengan pemandangan yang sangat memukau.

6. Batu alien

Kemunculan Batu Alien ini terjadi akibat erupsi besar Gunung Merapi pada tahun 2010. Tingginya lebih dari 2 meter dan terlempar jauh sampai Dusun Jambu. Sekilas mata memandang, Batu Alien ini hanya berbentuk batu vulkanik biasa dengan diameter yang sangat besar. Tetapi jika dilihat dengan lebih seksama, batu ini tampak membentuk gradasi wajah manusia. Guratan-guratan pada batu tersebut membentuk mata, hidung, mulut dan telinga, dengan posisi menghadap atas. Sehingga, banyak orang menamakan batu ini dengan sebutan batu alien.

Tiket Merapi Lava Tour

Para wisatawan akan diajak untuk menyusuri bekas aliran lahar pasca erupsi Gunung Merapi. Anda akan diajak berpetualang dengan naik mobil Jeep. Sepanjang perjalanan, anda bisa mampir ke berbagai destinasi wisata pasca letusan Merapi. Seperti Museum Sisa Hartaku dan juga Bunker Kaliadem.

Merapi Lava Tour terbagi dalam tiga rute, yakni short dengan waktu 60-90 menit, medium 120-150 menit, dan long 180-210 menit. Tour dengan rute pendek menggunakan Jeep ini berisi maksimal 4 wisatawan dewasa dengan harga

  • Short Trip        : 350.000
  • Medium Trip   : 450.000
  • Long Trip        : 550.000
  • Sunrise Trip    : start from 450.000

Karena Lava Tour Merapi ini sangat menarik, tidak jarang banyak pelanggan Jogja Empat Roda yang sudah mencobanya beberapa kali.

Lokasi Wisata Lava Tour

Anda pasti penasaran bukan sebenarnya dimana lokasi dari Lava Tour Merapi ini? Kalau Anda masih ragu dengan banyaknya operator jeep Lava Tour Merapi, Anda bisa reservasi di tempat kami Jogja Empat Roda.

lava-tour-merapi

Short Trip

1-1,5 jam
3 Destinasi Wisata
1 Jeep max 4 Orang
Include : Jeep, Helm, Driver as Guide, Asuransi
Exclude : Tiket Masuk Stonehenge & The World Castle
Pilihan Rute :
Museum Mini, Batu Alien, Bunker Kaliadem
Stonehenge, Batu Alien, Bunker Kaliadem
Museum Mini, Batu Alien, Rumah Mbah Maridjan
Museum Mini, The World Castle, Batu Alien
350.000
jeep-lava-tour-merapi

Medium Trip

2-2,5 jam
4 Destinasi Wisata
1 Jeep max 4 Orang
Jeep, Helm, Driver as Guide & Fotografer
Exclude: Tiket Masuk Stonehenge & The World Castle
Pilihan Rute :
Museum Mini, Batu Alien, Bunker Kaliadem, Rumah Mbah Maridjan
Stonehenge, Batu Alien, Bunker Kaliadem, Museum Mini
Museum Mini, Batu Alien, The World Castle, Bunker Kaliadem
Museum Mini, Batu Alien, Manufer Air Kalikuning
450.000
jeep-lava-tour-merapi

Long Trip

3-3,5 Jam
4-5 Destinasi Wisata
1 Jeep max 4 Orang
Include : Jeep, Helm, Driver as Guide, Asuransi
Exclude : Tiket Masuk Stonehenge & The World Castle
Pilihan Rute :
Museum Mini, Batu Alien, Bunker Kaliadem, Stonehenge, Manufer Air Kalikuning
Museum Mini, Bunker Kaliadem, Batu Alien, Rumah Mbah Maridjan, Manufer Air Kalikuning
550.000
jeep-lava-tour-merapi

Sunrise Trip

1-3 jam
3-5 Destinasi Wisata
1 Jeep max 4 Orang
Include : Jeep, Helm, Driver as Guide, Asuransi
Exclude : Tiket Masuk Stonehenge & The World Castle
Pilihan Rute :
Short : Bunker Kaliadem, Batu Alien, Museum Mini/Stonehenge
Medium : Bungker Kaliadem, Museum Mini, Manufer Air Kalikuning
Long : Bunker Kaliadem, Batu Alien, Museum Mini/Stonehenge, Manufer Air Kalikuning
Start 450.000
Thanks!

WA CS 2

Rental Mobil Jogja

WA CS 1

Telp