Buka : 06.30 - 22.00
0811 2953 081 | 0819 1555 0847 | 0812 2794 4404 | 0817 7044 0340

Asrinya Pesona Alam di Desa Wisata Ledok Sambi 5/5 (1)

Desa Wisata Ledok Sambi – Jogja memang tak pernah hentinya menyuguhkan tempat wisata yang memiliki daya tarik tersendiri. Sebab, saat ini banyak sekali tempat wisata yang dihadirkan dengan pesona luar biasa yang bisa membuat para pengunjung terpesona dengan berbagai hal yang disajikan.

ledok-sambi

Ledok Sambi – Sumber foto @primanursary

 

Salah satu tempat wisatanya yaitu Desa Wisata Ledok Sambi. Ledok yang bisa diartikan sebagai lembah, merupakan salah satu tempat wisata di Jogja yang menyuguhkan panorama alam yang asri dengan berbagai macam aktifitas yang menarik untuk dilakukan. Letaknya berada di aliran sungai dengan pemandangan alam Merapi yang indah dan ciamik.

 

Daya Tarik Desa Wisata Ledok Sambi

desa-wisata-yogyakarta

Sumber foto IG @tutiiba

Pemandangan alam yang disuguhkan di desa wisata ini tentu saja bisa memberikan kesejukan, serta ketenangan hati. Sebab, di setiap sudut desa wisata ini, anda semuanya akan disuguhkan dengan bentangan luasnya persawahan yang terlihat sangat alami dan asri. Selain itu, anda juga bisa melihat keindahan dari pepohonan yang hijau dan juga rindang. Lalu, air jernih yang mengalir pun juga bisa anda jumpai di wilayah Desa Wisata Ledok Sambi ini.

Yang lebih menarik dari desa wisata ini yaitu terdapatnya rumah-rumah khas Jogja yang luas. Biasanya rumah desa ini dijadikan sebagai tempat bermain sambil merasakan kesejukan udara yang bisa membuat hati jiwa dan pikiran kita menjadi lebih tenang.

Dulunya pada tahun 2004 tempat wisata ini hanyalah sebuah warung yang dikelola oleh komunitas outbound. Seiring berkembangnya kebutuhan wisatawan terhadap destinasi wisata alam, Ledok Sambi berubah menjadi desa wisata dan baru diresmikan pada tanggal 1 Juli 2020 lalu.

Lebih menariknya lagi bahwa pengelolaan Desa Wisata Ledok Sambi ini memberdayakan tenaga dan pikiran dari masyarakat sekitar. Ibu-ibu yang terkumpul dalam kelompok PKK desa menyiapkan berbagai macam makanan & minuman. Sedangkan untuk bapak-bapak atau yang laki-laki bertugas untuk perawatan area wisata dan melakukan kegiatan sebagai operator games seperti flying fox, paintball, hingga pengaturan lalu lintas area masuk desa dan juga parkir.

 

Aktivitas Yang Bisa Dilakukan Di Desa Wisata Ledok Sari

Sumber foto IG @staisyah1611

Ada berbagai macam kegiatan yang bisa anda lakukan pada saat berkunjung di Desa Wisata Ledok Sambi. Anda bisa mencoba semua aktifitas yang ada. Apa saja aktifitas yang bisa dicoba di desa wisata ini? Berikut adalah ulasannya;

  1. Bercocok Tanam

Di Desa Wisata Ledok Sambi terdapat lahan pertanian yang membentang dengan sangat luas. Bah, di lahan pertanian ini anda semuanya bisa mencoba mempraktekan bagaimana kegiatan yang dilakukan oleh para petani masyarakat sekitar. Diantaranya yaitu kegiatan bercocok tanam, membajak sawah serta bisa mencoba belajar budidaya jamur.

  1. Tracking

Desa Wisata Ledok Sambi memang menyuguhkan pemandangan alami dan asri. Dan ini yang menjadi daya tarik desa wisata ini yang disukai para pengunjung. Para pengunjung disini juga bisa menyusuri desa dengan tracking yang telah dipandu oleh pemandu wisata dari desa setempat. Tracking tersebut akan melalui sungai, sawah dan pedesaan tersebut. Pengalaman ini akan sangat menarik bagi Anda yang setiap hari disibukkan dengan rutinitas belajar maupun pekerjaan.

  1. Belajar Peternakan

Di desa wisata ini anda juga bisa belajar mengenai ilmu peternakan. Salah satunya dengan mempraktekan  bagaimana cara memerah susu sapi perah yang baik dan benar. Selain itu, anda juga bisa memperoleh ilmu tentang bagaimana memelihara serta merawat sapi perah. Tak hanya itu saja, anda juga bisa mencoba menangkap ikan di sawah.

  1. Outbound

Sumber foto IG @ledoksambi

Desa Wisata Ledok Sambi lokasinya memang sangat berdekatan dengan lokasi Kali Kuning. Maka dari itu, di desa wisata ini anda semuanya juga bisa melakukan aktivitas yang menyenangkan seperti outbound. Sebab, disini telah disediakan area dan fasilitas outbound, diantaranya seperti flying fox, paint ball, camping, permainan tali, permainan air dan lain sebagainya.

Ledok Sambi ini cocok sekali untuk wisata keluarga. Dengan konsep piknik, mereka menawarkan warung makan terbuka. Jadi pengunjung tidak boleh bawa makanan sendiri, tapi beli di warung yang sudah disediakan. Pengunjung bisa meminjam tikar dan mencari posisi terbaik untuk menikmati pemandangannya. Ada juga beberapa kursi dan meja yang disediakan di pinggir-pinggir sungai.

Pengunjung bisa membeli makanan dan minuman yang ada di warung tersebut. Harganya pun sangat terjangkau, untuk kisaran harga makanan sekitar Rp 4.000 – Rp 18.000, sedangkan untuk harga minuman berkisar antara Rp 5.000 – Rp 15.000.

Apabila Anda menginginkan untuk camping di Ledok Sambi, Anda cukup sewa lahan saja dengan peralatan camping bawa sendiri, biayanya Rp 35.000 /orang. Apabila Anda membutuhkan paket lengkap camping, Anda bisa menyewa tenda dengan harga Rp 120.000 /malam.

Program-program outbound yang sering dilakukan di desa wisata ini antara lain : Program Corporate Outing, Program School Outing, Program Family Outing, dan Special Program.

  1. Seni dan Budaya

Di Desa Wisata Ledok Sambi anda bisa melihat kegiatan adat atau budaya seperti kenduri, ruwahan dan lain sebagainya.  Sedangkan, untuk kegiatan kesenian yang bisa anda jumpai disini diantaranya seperti wayang kulit, karawitan Jawa, dan masih banyak lagi yang lainnya.

 

Harga Tiket Masuk Desa Wisata Ledok Sambi

Untuk bisa masuk ke Desa Wisata ini para pengunjung tidak dipungut biaya masuk. Anda cukup membayar biaya parkir saja. Murah kan??

Sejak pandemi Covid-19, Desa Wisata Ledok Sambi tetap buka dengan menawarkan destinasi wisata yang murah namun bersih dan menyegarkan. Namun jangan lupa, bagi Anda yang berkunjung ke lokasi wisata ini tetap harus menerapkan protokol kesehatan. Tetap pakai masker, cuci tangan, jaga jarak, dan untuk masuk harus dicek suhu tubuh.

 

Lokasi Desa Wisata Ledok Sambi

Ledok Sambi by IG @ledoksambi

Desa wisata Ledok Sambi termasuk salah satu kawasan pedesaan yang memiliki nuansa alami khas Jogja. Untuk kawasan desa wisata ini lokasinya berada di dekat Gunung Merapi, yang lokasinya berada di Jl. Kaliurang Km. 19,2 tepatnya berada di  Dusun Sambi, Desa Pakembinangun Kecamatan Pakem, Sleman Yogyakarta. Jika bingung mencari lokasinya, Anda bisa gunakan google maps untuk memandu Anda sampai de destinasi wisata ini.

Untuk transportasi umum belum tersedia. Namun apabila Anda membutuhkan transportasi yang nyaman, Anda bisa menghubungi sewa mobil Jogja Empat Roda. Anda bisa sewa dengan sopir maupun sewa lepas kunci.

 

Destinasi Wisata terdekat dengan Desa Wisata Ledok Sambi

Ada banyak destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi setelah dari Ledok Sambi, diantaranya ada : Jeep Merapi Lava Tour, Museum Gunung Api Merapi, Taman Kaliurang, Bukit Klangon, Bungker Kaliadem, Museum Ullen Sentalu, Batu Alien, The Lost World Castle, Stonehenge Cangkringan, Blue Lagoon, Desa Wisata Pulesari, Desa Wisata Pentingsari, Air Terjun Tlogo Muncar, The Worlds Landmark Merapi Mark, Agrowisata Turi, dan wisata-wisata kuliner serta oleh-oleh khas menarik.

Please rate this

Tentang Kami
JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan jasa di bidang rental mobil, rental motor dan paket wisata di Jogja. Berdiri sejak tahun 2009, kami siap memberikan service terbaik untuk Anda. Hubungi kami di nomer telepon: 0819 1555 0847 | 0812 2794 4404 | 0851 0604 2220.

Leave a Reply

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Thanks!

WA CS 2

Rental Mobil Jogja

WA CS 1

Telp