Buka : 06.00 - 21.00
0851 0604 2220 | 0819 1555 0847 | 0812 2794 4404 | 0817 7044 0340

Lorong Waktu Kerajaan Mataram di Museum Ullen Sentalu

Di setiap kota yang ada di Indonesia, khususnya yang ada di Pulau Jawa pasti mempunyai museum masing-masing bangunan museum yang terkenal di kotanya. Begitu pula di kota Yogyakarta, di kota ini terdapat banyak sekali museum dalam kategori yang berbeda-beda, seperti museum yang menyimpan kebudayaan, sejarah dan masih banyak lagi yang lainnya. Diantara semua museum tersebut, salah satunya ada museum di Yogyakarta yang cukup terkenal, yaitu Museum Ullen Sentalu. Museum yang terletak di Jalan Boyong, Kaliurang ini mempunyai koleksi peninggalan kebudayaan masa lampau yang dimiliki oleh Kerajaan Mataram.

Museum Ullen Sentalu

Sumber gambar: akun instagram @danang_saputra

Dengan mendatangi museum ini, masyarakat menjadi lebih tau tentang bagaimana kebudayaan yang ada di masa Kerajaan Mataram dengan melihat peninggalan-peninggalan yang ada di dalam museum ini. Museum ini terbagi dalam beberapa ruangan, diantaranya adalah ruangan yang menyimpan koleksi gamelan, ruangan yang menyimpan koleksi lukisan tokoh-tokoh Dinasti Mataram, serta beberapa ruangan lainnya yang memamerkan koleksi batik, syair sampai album hidup Gusti Ratu Siti Nurul Kusumawardani. Kemudian, terdapat pula koridor Letja Randa dan ruangan Sesana Sekar Buawana yang merupakan museum outdoor.

Museum Ullen Sentalu

Sumber gambar: akun instagram @jeung_tata

Museum Ullen Sentalu ini merupakan salah satu museum terbaik di Indonesia. Hal ini disebabkan karena pelayanan di museum ini sangatlah baik. Untuk pelayannya, setiap wisatawan akan ditemani oleh pemandu yang sudah berpengalaman, pemandu tersebut akan menceritakan semua hal secara rinci tentang museum ini. Kemudian, tata kelola museum ini juga terbilang sudah baik karena lingkungan museum begitu sejuk dan suasananya yang hening, karena letak museum ini menyatu dengan alam dan dikelilingi oleh pepohonan.

Museum Ullen Sentalu

Sumber gambar: akun instagram @mayadinara

Dengan demikian, dapat dipastikan para wisatawan dapat menikmati suasana ketika tour berkeliling museum. Selepas berkeliling museum, para wisatawan dapat mencicipi hidangan lezat yang ada di Restoran Beukenhof, yang letaknya masih berada dalam kawasan museum sehingga para wisatawan dapat menghilangkan rasa letih dengan beristirahat untuk menikmati aneka hidangan lezat di restoran ini.

Sama seperti museum pada umumnya, para wisatawan yang ingin berkunjung ke museum ini harus membeli tiket masuk terlebih dahulu. Harga tiket masuk di Museum Ullen Sentalu ini terbilang lebih mahal dibandingkan dengan museum lainnya. Namun, harga tiketnya bervariasi karena dibedakan dari usia dan tempat asal.

Harga Tiket Masuk Museum Ullen Sentalu

Domestik :

  • Untuk anak-anak dari 5 16 tahun, seharga Rp. 15.000,-
  • Untuk orang dewasa, seharga Rp. 30.000,-

Asing :

  • Untuk anak-anak dari 5 16 tahun, seharga Rp. 30.000,-
  • Untuk orang dewasa, seharga Rp. 50.000,-

Sementara untuk wisatawan yang datang berombongan harus melakukan reservasi terlebih dahulu, supaya bisa mendapatkan prioritas saat tour berkeliling museum. Biasanya, harga tiket masuk untuk rombongan akan diberikan harga khusus, hal ini juga berlaku pada rombongan pelajar.

Tentang Kami
JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan jasa di bidang rental mobil, rental motor dan paket wisata di Jogja. Berdiri sejak tahun 2009, kami siap memberikan service terbaik untuk Anda. Hubungi kami di nomer telepon: 0819 1555 0847 | 0812 2794 4404 | 0851 0604 2220 dan email : jogja4roda@gmail.com.

Leave a Reply

*

Thanks!

WA CS 2

WA CS 1

Phone