Buka : 06.30 - 22.00
0811 2953 081 | 0819 1555 0847 | 0812 2794 4404 | 0817 7044 0340

Mari Mengenal Museum Dewantara Kirti Griya

Museum Dewantara Kirti Griya terletak di Jl Taman siswa No. 31 Yogyakarta. Museum ini sangat unik karena di tempat ini Anda bisa melihat berbagai koleksi-koleksi yang berhubungan dengan Ki Hajar Dewantara. Beliau adalah salah satu tokoh pelopor yang berjasa dalam dunia pendidikan. Beliau telah dianugrahi gelar sebagai Bapak Pendidikan Nasional. Berkat jasanya dalam memajukan dunia pendidikan, hari kelahirannya yaitu tanggal 2 Mei ditetapkan sebagai Hari Pendidikan Nasional.

Obyek wisata ini berdiri secara resmi tanggal 2 Mei 1970. Anda bisa melihat bagaimana sederhananya hidup seorang Ki Hajar Dewantara. Museum ini dahulunya merupakan rumah beliau. Dijadikannya rumah beliau sebagai museum adalah permintaan khusus dari Ki Hajar Dewantara di tahun 1958. Akhirnya permintaan tersebut dikabulkan dan setelah beliau wafat di tahun 1960, rumah beliau dijadikan museum hingga detik ini. Tempat ini menyuguhkan sejarah akan Ki Hajar Dewantara sehingga bisa beliau juga kerap disebut sebagai Pahlawan Nasional. Di Museum Dewantara Kirti Griya ini terlihat bagaimana kehidupan beliau ketika masih hidup.

Museum Dewantara Kirti Griya

Sumber foto: Akun Instagram @museumdewantara

Salah satu kesederhanaan yang terungkap adalah kamar beliau. Beliau tidur di sebuah kamar yang relatif kecil dan dilengkapi perabot-perabot sederhana seperti lemari, tempat tidur, dan peralatan mengetik. Sebelum memasuki kamar ini, pengunjung bisa melihat kursi dan meja tamu antik yang ada di bagian teras rumah. Jadi, berkunjung ke sini akan memperlihatkan bagaimana situasi yang terjadi pada beliau di kehidupan sehari-hari.

Baca Juga :Menapaki Sejarah di Museum Puro Pakualaman di Jl Sultan Agung, Yogyakarta

Dalam memajukan pendidikan Indonesia, Ki Hajar Dewantara sering mendapatkan inspirasi dengan membaca. Nah, di sini Anda bisa menemukan banyak buku bahasa Belanda yang sering dibaca oleh beliau. Selain buku berbahasa Belanda, ada pula perlengkapan kerja dan naskah milik Ki Hajar Dewantara. Film dokumenter juga bisa ditemukan di Museum Dewantara Kirti Griya. Sekurang-kurangnya terdapat 3000an koleksi barang yang berhubungan dengan dunia pendidikan.

Museum Dewantara Kirti Griya

Museum Dewantara Kirti Griya

Fasilitas yang dimiliki museum ini cukup lengkap. Ada pendopo, tempat sholat, perpustakaan dan parkiran. Sebagai informasi, Pendopo Agung Tamansiswa yang terletak di area museum ini telah diresmikan menjadi Monumen Persatuan Tamansiswa. Tarif retribusinya sangat murah. Untuk pelajar dikenakan Rp 1000, umum Rp 2000, sedangkan turis asing Rp 5000. Museum ini ini dibuka dari hari Senin-Sabtu. Jam bukanya yaitu pukul 08.00 13.00. Namun, khusus untuk hari Jumat hanya sampai jam 11.00. Di hari Minggu dan hari besar nasional museum ini diliburkan. Pastikan Anda melihat tanggal terlebih dahulu sebelum memutuskan datang ke sini.

Museum Dewantara Kirti Griya mengajarkan nilai-nilai keluhuran yang diusung oleh Ki Hajar Dewantara demi mensukseskan pendidikan rakyat Indonesia. Berkunjung ke museum ini juga mengajarkan bahwa untuk memperoleh ide brilian, tak perlu dengan hal yang mewah. Dengan hal yang sederhana tetap bisa membuat seseorang bertindak positif dan memajukan negara.

Peta Lokasi Museum Dewantara Kirti Griya di Google Map:

Tentang Kami
JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan jasa di bidang rental mobil, rental motor dan paket wisata di Jogja. Berdiri sejak tahun 2009, kami siap memberikan service terbaik untuk Anda. Hubungi kami di nomer telepon: 0819 1555 0847 | 0812 2794 4404 | 0851 0604 2220.

Leave a Reply

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Thanks!

WA CS 2

Rental Mobil Jogja

WA CS 1

Telp