Buka : 06.30 - 22.00
0811 2953 081 | 0819 1555 0847 | 0812 2794 4404 | 0817 7044 0340

Museum Dr Yap : Museum Unik yang Mengoleksi Alat-alat Kedokteran

Mengunjungi museum akan membuat wawasan akan sejarah masa lampau semakin bertambah. Di daerah Yogyakarta, ada banyak museum yang menarik, salah satunya adalah Museum Dr Yap. Berada di Jl. Cik Di Tiro No. 5, Yogyakarta, museum ini menempati area sekitar 246 meter persegi. Cukup mudah menemukannya karena masih ada di kompleks RS Mata Dr Yap. Sayangnya, museum ini belum ramai akan pengunjung. Padahal ini sudah diresmikan Sri Sultan HB X pada tahun 1997. Awalnya, Yayasan Rumah Sakit Dr.Yap yang berinisiatif membangun museum. Inisiatif ini didasari banyaknya peninggalan alat-alat kedokteran yang menumpuk di gudang. Barang-barang yang tergeletak ini sayang sekali jika hanya dibiarkan begitu saja. Akhirnya setelah meminta izin kerabat Dr.Yap yang ada di Belanda, dibuatlah museum ini.

Museum Dr. Yap

sumber foto: blog Seruniessays

Sesuai dengan namanya, museum ini berisikan peralatan kedokteran yang digunakan untuk kesehatan mata. Selain itu, di museum ini bisa ditemukan hal-hal yang berhubungan dengan Dr.Yap. Jadi, di sini banyak koleksi barang-barang yang pernah digunakan oleh beliau saat masih hidup.

Museum Dr Yap memberikan suasana museum yang lain dari yang lainnya. Umumnya museum berisikan barang-barang dari masa penjajahan. Namun, obyek wisata ini menyuguhkan atmosfer dunia kedokteran spesialis mata. Selain lengkapnya alat-alat kedokteran, Anda juga akan melihat sisi lain kehidupan Dr.Yap yang tak diekspos di khalayak umum.

Museum Dr Yap ini hanya ada satu-satunya di Yogyakarta. Ada 4 bagian dari Museum R.S Mata Dr. Yap. Ruang pertama adalah kamar tidur Dr.Yap. Ruang ini memuat barang antik, perabotan, dan hasil karya seni beliau. Ruang kedua adalah Perpusatakaan. Terdapat sekurang-kurangnya 900an buku. Tak hanya buku kedokteran, di sini bisa dijumpai buku seni, sejarah, dan juga sastra. Kecintaannya pada sastra membuatnya secara tidak langsung mengoleksinya hingga menjadi perpustakaan. Ruang ketiga adalah ruang tempat alat-alat makan berada di mana terdapat peralatan makan tempo dulu. Perabotannya sebagian besar dibuat dari keramik dan diletakkan di dalam etalase kaca dengan tujuan kebersihan tetap terjaga. Terakhir adalah ruang Opthalmologi yang berisi alat-alat kedokteran.

Di museum yang unik ini, Anda akan melihat kamar tidur Dr.Yap. di dalamnya terdapat lemari pakaian, tempat tidur, meja kerja, dan alat rias. Ternyata, beliau memiliki kegemaran terhadap hal-hal yang bernilai seni. Ini dibuktikan terdapat lukisan, piringan, dan tape recorder. Beliau bahkan memiliki hobi melukis, memotret, membaca sastra. Ada juga lukisan anggota keluarga Dr.Yap yang digantung secara rapi di kamar pribadinya.

Sosok yang memiliki nama lengkap Dr. Yap Hong Tjoen memang mendedikasikan hidupnya untuk dunia kesehatan. Jika ingin mengetahui teknologi kedokteran khusus mata di masa lampau, jangan ragu datang ke Museum Dr.Yap.

Baca Sebelumnya :Mengamati Replika dan Awetan Flora Fauna di Museum Gembira Loka

Tentang Kami
JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan jasa di bidang rental mobil, rental motor dan paket wisata di Jogja. Berdiri sejak tahun 2009, kami siap memberikan service terbaik untuk Anda. Hubungi kami di nomer telepon: 0819 1555 0847 | 0812 2794 4404 | 0851 0604 2220.

Leave a Reply

*

Thanks!

WA CS 2

Rental Mobil Jogja

WA CS 1

Telp