Buka : 06.30 - 22.00
0811 2953 081 | 0819 1555 0847 | 0812 2794 4404 | 0817 7044 0340

Mengamati Replika dan Awetan Flora Fauna di Museum Gembira Loka

Ingin melihat berbagai jenis koleksi museum yang berbeda dari museum lainnya? Museum Gembira Loka yang berlokasi di Jl. Kebunraya, Yogyakarta menawarkan wisata edukasi yang berbeda untuk Anda. yang namanya Kebun Raya biasanya mengutamakan koleksi tumbuhan, namun di sini terdapat berbagai macam koleksi lain yang terkait dengan kebun raya. Museum ini terletak di dalam Kebun Binatang Gembira Loka di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Museum ini memiliki papan nama yang berbeda, yaitu Laboratorium Pendidikan Alam. Bangunannya ada di jalur pejalan kaki yang berkeliling kebun binatang.

Museum Gembira Loka

Sumber gambar : anishidayah dot com

Museum ini diresmikan pada tanggal 10 November 2007. Umurnya cukup muda untuk sebuah museum. Di sini terdapat berbagai koleksi yang tidak lazim. Koleksi yang ada adalah taman bunga, serta berbagai jenis serangga awetan seperti kupu-kupu. Mungkin untuk koleksi yang satu ini masih normal. Namun, selain adanya koleksi tanaman bunga dan kupu-kupu, ada banyak lagi koleksi yang akan membuat pengetahuan Anda semakin kaya. Misalkan, koleksi tentang metamorfosis serangga secara umum. Dengan penjelasan yang cukup lengkap Anda akan mengetahui bahwa ada metamorphosis sempurna dan tidak sempurna. apa perbedaan antara keduanya? Anda dapat melihatnya sendiri di Museum Gembira Loka.

Ada juga koleksi tentang macam-macam biji-bijian. Ingin melihat alga laut alias rumput laut yang utuh? Ada semuanya di sini. Berbagai jenis umbi dan akar yang akan memberi informasi tentang berbagai macam tanaman yang berbeda. koleksi morfologi flora yang lain akan membuat Anda mengetahui bagian-bagian tanaman dan bagaimana mereka bertahan hidup. Ada juga diorama tentang jamu dan tanaman obat. Lengkap dengan patung para ibu-ibu yang sedang menggiling tanaman obat untuk dijadikan jamu.

Pendidikan alam tentunya tidak hanya soal tumbuhan, ada juga koleksi tentang fauna di sini. Mulai dari fauna invertebrate yng hidup di laut, mungkin Anda akan merasa sedikit jijik untuk yang satu ini. Karena berisi hewan-hewan berlendir dan biasanya orang akan jijik melihatnya. Ada juga fauna terestrial dan tanah, fauna akuatik yang beranekaragam akan menghibur Anda dengan sosok-sosok hewan yang hidup di air. Selain hewan-hewannya, habitat dari hewan-hewan tersebut juga akan diinformasikan di Museum Gembira Loka.

Museum Kebun Raya Gembiraloka

sumber gambar: anishidayah dot com

Ada juga koleksi buku yang akan menambah informasi tentang koleksi yang telah Anda lihat. Tidak hanya buku terbitan dalam negeri, ada juga buku terbitan luar negeri. Semuanya berisikan informasi tentang flora dan fauna. Museum ini buka setiap hari untuk umum. Jam bukanya dimulai dari pukul 08.00 hingga pukul 17.00 WIB. Untuk masuk ke Museum Gembira Loka ini Anda harus membeli tiket untuk masuk ke kebun binatangnya, yaitu sebesar Rp 25.000,00 untuk hari Sabtu dan Minggu, sedangkan untuk hari Senin dan Jumat harga tiket hanya Rp 20.000,00.

Baca Juga :Wow, Ternyata Ada 3.752 Herbarium di Museum Biologi UGM !

Tentang Kami
JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan jasa di bidang rental mobil, rental motor dan paket wisata di Jogja. Berdiri sejak tahun 2009, kami siap memberikan service terbaik untuk Anda. Hubungi kami di nomer telepon: 0819 1555 0847 | 0812 2794 4404 | 0851 0604 2220.

Leave a Reply

*

Thanks!

WA CS 2

Rental Mobil Jogja

WA CS 1

Telp