Buka : 06.30 - 22.00
0811 2953 081 | 0819 1555 0847 | 0812 2794 4404 | 0817 7044 0340

Surga Tersembunyi Pantai Ngetun, Yogyakarta

Salah satu pantai indah yang ada di wisata Gunung Kidul adalah Pantai Ngetun. Surga tersembunyi ini memang belum populer seperti pantai-pantai lainnya. Namun, keindahan yang ditawarkan pantai Ngetun ini sangat luar biasa. Letaknya memang menjorok ke daratan dan memiliki garis pantai yang pendek, serta dikelilingi hutan-hutan lebat, sehingga tampak seperti pantai pribadi.

pantai-ngetun

Pantai Ngetun / Sumber Foto: IG @fahmiatmadja

Lokasi dan Akses ke Pantai Ngetun

Secara administratif lokasi pantai berada di Dusun Sureng, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul. Tempatnya berada tidak jauh dari Pantai Timang yang terkenal dengan lobster dan gondola gantung. Meskipun berdekatan, akses jalur yang dilalui untuk menuju kedua pantai berbeda. Sayangnya, jalan menuju Pantai Ngetun tidak terlalu bagus.

Jika berniat berkunjung ke pantai ini, terlebih dulu menuju Dusun Sureng. Sampai di Sureng, carilah SDN IV Tepus yang tempatnya agak tersembunyi di semak belukar. Kalau sudah menemukan sekolah tersebut, maka ikuti jalan kecil yang berada di samping gedung. Meskipun, jalan sempit tapi sudah dicor beton. Sampai di pertigaan kuburan, terus saja mengikuti jalan yang ada.

Setelahnya akan tiba di jalan yang bergelombang, dan melewati dua buah desa. Saat melewati lapangan dengan pohon beringin besar, pengunjung akan menemukan jalan menurun yang sudah dicor. Mendekati bibir pantai, ada sebuah turunan curam. Berhati-hatilah melewatinya. Sebelum tiba di bibir pantai, terdapat sumber mata air yang sangat jernih. Apabila masih ragu, gunakanlah jasa rental mobil Jogja terpercaya yang paham rute menuju obyek wisata Pantai Ngetun ini. Atau apabila Anda ingin benar-benar berpetualang, sewalah motor di Jogja untuk aktivitas backpackermu.

 

Suasana Pantai dan Kegiatan yang Dapat Dilakukan

Tiba di pantai, pengunjung akan disuguhi pemandangan alam yang asri dan sejuk. Suara debur ombak dari kejauhan memecah keheningan tempat tersebut. Pasir pantai sangat halus dan bersih. Di sekitar pantai banyak pohon rindang yang dapat dijadikan tempat berteduh. Posisi pantai yang diapit dua buah bukit yang tinggi seolah-olah melindungi pantai dari dunia luar. Di atas bukit ini, biasanya warga setempat memancing lobster.

pantai-ngetun

Sumber foto : IG @triwicaksono

Akses jalan yang sulit dan minim fasilitas menjadikan tempat ini sepi pengunjung. Hanya orang yang berjiwa petualang yang penasaran singgah di surga tersembunyi ini. Dengan kondisi jalan yang tidak mulus kegiatan bersepeda cocok dilakukan. Trek yang penuh rintangan dapat memacu adrenalin dan menjadikan kegiatan ini asyik untuk dilakukan. Selepas bersepeda bisa melepas penat di pasir pantai, sambil menikmati keindahan alam.

Bagi pecinta touring dengan menggunakan roda empat, trek ini merupakan rute sempurna. Disarankan bagi jeep yang tidak berpenggerak 4WD untuk tidak turun melebihi tempat parkir, karena akan kesulitan saat kembali. Begitu pula kendaraan roda dua yang bukan trail. Curamnya tebing yang akan dituruni merupakan tantangan sendiri bagi pecinta roadrace.

Letak pantai yang menjorok ke dalam memungkinkan pengunjung untuk bermain air di sekitar pantai. Sebab ombak dan arus yang datang sudah tidak besar. Air yang jernih juga memudahkan pengunjung untuk snorkeling di tepian pantai. Kegiatan mancing lobster juga menarik dilakukan, biasanya sudah ada warga yang rutin berburu lobster di sekitar pantai tersebut.

Untuk pecinta fotografi, spot pantai yang paling indah berada di atas bukit. Dari sisi ini, seluruh view pantai tampak jelas hingga ke laut lepas.Pemandangan sunset dari tempat ini sangat luar biasa, apalagi dengan latar bukit-bukit karang yang menjulang. Pengunjung yang ingin camping bersama rombongan, juga dapat mendirikan tenda di pantai. Membuat api unggun sambil menikmati suasana alam terbuka bersama teman-teman tentunya memberikan pengalaman tak terlupakan. Yang terpenting persiapan matang seperti bekal makanan, tenda, sleeping bag tidak boleh ketinggalan.

Tips untuk yang akan berkunjung ke Pantai Ngetun, sebaiknya lakukan saat hari cerah, karena kondisi jalan yang kurang bagus. Resiko terpeleset karena jalanan licin dan becek sangat besar. Ditambah lagi tempat yang minim fasilitas, sehingga perlu persiapan matang untuk berangkat. Bekal makanan dan minuman harus cukup. Jika ingin bersantai, harus membawa tikar sebagai alas duduk, atau terpal jika cuaca sedang musim hujan. Secara keseluruhan pantai ini layak untuk dikunjungi. Perjalanan yang sulit dengan jalan berliku dan terjal terbayarkan dengan pemandangan alam yang sangat indah. Apalagi suasana pantai yang masih sepi dan bersih, sangat cocok untuk melepas penat dari kesibukan sehari-hari. Rencanakan liburan ke Pantai Ngetun sekarang juga.

Tentang Kami
JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan jasa di bidang rental mobil, rental motor dan paket wisata di Jogja. Berdiri sejak tahun 2009, kami siap memberikan service terbaik untuk Anda. Hubungi kami di nomer telepon: 0819 1555 0847 | 0812 2794 4404 | 0851 0604 2220.

Leave a Reply

*

Thanks!

WA CS 2

Rental Mobil Jogja

WA CS 1

Telp