Buka : 06.30 - 22.00
0811 2953 081 | 0819 1555 0847 | 0812 2794 4404 | 0817 7044 0340

Ngungap Beach, “Rumah Lain” Ratu Pantai Selatan

Gunungkidul memang gudangnya pantai yang indah dan mempesona. Destinasi wisata pantai di salah satu kabupaten yang terletak di Yogyakarta ini menyimpan beragam mahakarya Tuhan yang tak tertandingi. Menyimpan sejarah dan mitos yang dipercayai oleh sebagian masyarakat di sekitarnya.

Ngungap Beach
Pantai Ngungap, IG @gatot_djimbrak

salah satu wisata pantai yang saat ini masih terdapat tmitos dan dipercaya oleh masyarakat sekitarnya adalah Ngungap Beach (Pantai Ngungap). Ngungap Beach juga agak berbeda dengan pantai-pantai lainnya karena tidak memiliki garis tepi pantai sehingga para pelancong tidak akan menumkan hamparan pasir putih di tempat wisata ini. Selain itu jiga berwisata di Ngungap, Anda tidak perlu membayar tiket masuk, tetapi hanya mengisi kas warga dengan sukarela.

Asal-usul Ngungap Beach

Nama yang disematkan pada Ngungap Beach ini berasal dari kata ngungak yang artinya menengok. Kata ini dipakai karena untuk dapat menikmati panorama yang menarik, para pelancong harus menengok ke bawah melalui tebing karang di sepanjang pantai tersebut.

Pantai Ngungap, IG @fandiriyan

Kisah Mistis Ngungap Beach

Ngungap Beach menyimpan kisah mistis yang sampai sekarang masih dipercaya oleh masyarakat sekitarnya yaitu ‘rumah lain’ penguasa laut selatan atau lebih dikenal dengan nama Nyi Roro Kidul. Hal ini didiukung dengan adanya pohon dan batu yang masih dikeramatkan untuk digunakan sebagai tempat pemujaan kepada sang Ratu. Para pemuja sang ratu datang di bulan-bulan tertentu khususnya di bulan Sura dengan membawa sesajen. Para pelancong diharapkan melakukan sikap sopan santun selama berkunjung di sana.

Lokasi Ngungap Beach

Ngungap Beach berlokasi di desa Pucung, kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jika berangkat dari pusat kota Yogyakarta dapat ditempuh lebih kurang 2 jam perjalanan menggunakan motor maupun mobil. Anda bisa menggunakan sewa mobil dari kota Yogyakarta. Baik sewa lepas kunci ataupun sewa dengan dengan sopir. Salah satunya adalah JOGJA EMPAT RODA. Terdapat berbagai macam pilihan harga, sewa 12jam, fullday, dan 24jam atau lebih.

Tebing-Tebing Karang yang Menjulang Tinggi

Ketika para wisatawan berkunjung ke Pantai Ngungap, mereka tidak akan bisa menemukan hamparan pasir, namun mereka akan melihat tebing karang yang menjulang tinggi nan megah. Sensasi dapat dirasakan yaitu bisa menikmati keindahan pantai dengan cara yang berbeda daripada umumnya. Kebanyakan dari para pelancong mengambil foto di tempat ini karena view yang bagus dan unik.

Pantai Ngungap, IG @gembel_motret

Bagi para pelancong sangat disarankan untuk tetap berhati-hati saat berswafoto karena kondisi pantai yang hanya berupa karang-karang dan di bawahnnya laut bebas. Selain itu, tempat ini juga sangat cocok untuk menikmati sunset yang cantik dan menjadi tempat favorit bagi para pemancing karena ombak yang cukup besar. Dan sudah tentu tersimpan banyak ikan didalamnya. Jika Anda ingin menikmati laut di sekitarnya, warga sekitar menyediakan perahu untuk berkeliling hingga tengah laut dengan ditemani para nelayan.

“Emas” Tersembunyi di Karang-karang

Adanya mitos di Ngungap Beach tidak menjadikan warga sekitar takut untuk mengunjungi tempat ini. Tebing-tebing karang yang menjulang tinggi malah dijadikan sebagai tempat untuk mencari rejeki oleh para nelayan dan warga sekitar. Mereka mencari sarang burung walet yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi di pasaran. Meskipun harus bertaruh dengan nyawa mereka sendiri. Adanya sarang burung walet ini bisa menjadi sumber penghasilan untuk meningkatkan perekonomian warga sekitar.

Tempat Wisata menarik Lainnya :

Pantai Sedahan Menawarkan Liburan Berkesan dengan Sangat Terjangkau

Pantai Ngandong, Surga Eksotis yang Tersembunyi

Tentang Kami
JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan jasa di bidang rental mobil, rental motor dan paket wisata di Jogja. Berdiri sejak tahun 2009, kami siap memberikan service terbaik untuk Anda. Hubungi kami di nomer telepon: 0819 1555 0847 | 0812 2794 4404 | 0851 0604 2220.

Leave a Reply

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Thanks!

WA CS 2

Rental Mobil Jogja

WA CS 1

Telp