Buka : 06.30 - 22.00
0811 2953 081 | 0819 1555 0847 | 0812 2794 4404 | 0817 7044 0340

Menikmati Pantai Parangendog di Balik Bukit Pegunungan Seribu

Kebanyakan wisatawan yang datang ke Yogyakarta pasti lebih mengenal Pantai Parangtritis, padahal di dekatnya terdapat sebuah pantai yang memiliki pemandangan tidak kalah indah. Pantai Parangendog, bisa menjadi pilihan lain jika Anda sudah bosan dengan pantai yang itu-itu saja. Mudah untuk menemukan tempat ini karena berada dekat dengan hanya berjarak 1.5 km tepat di arah timur dari Pantai Parangtritis yang sama-sama berada di Desa Girijati, kecamatan Purwosari, Gunung Kidul Yogyakarta. Wisatawan yang ingin mendatangi objek wisata ini bisa menggunakan transportasi umum yang menuju Parangtritis.

Nama pantai unik ini berasal dari dua kata dalam bahasa Jawa, yakni parang dan endog. Parang bisa diartikan untuk sebuah batu karang dan endog yang berarti sebuah telur. Berdasarkan cerita sejarah di sisi utara pantai tersebut ditemukan banyak sekali bebatuan bulat yang bentuk dan ukurannya menyerupai telur. Setiap batuan itu juga memiliki ukuran yang hampir sama.

Pantai Parangendog

sumber foto: Akun IG @ayodolan

Pantai Parangendog memiliki hamparan pasir yang luas dengan gelombang pantai yang lumayan besar. Pengunjung dapat duduk-duduk ataupun berjalan santai di tepian pantai. Masih sepinya pengunjung yang datang dibandingkan dengan Parangtritis membuat Anda dapat lebih leluasa menikmati keindahan pantai di atas pasirnya. Di beberapa sisi pasirnya tergeletak berbagai kulit kerang dan beberapa cangkang hewan laut. Pengunjung yang ingin melepas penat juga bisa sambil membakar ikan lalu memakannya dengan rasa yang lebih nikmat. Jika ingin menikmati air laut, pengunjung bisa bermain di sekitaran bibir pantai dan disarankan tidak terlalu jauh ke tengah laut.

Lokasi pantai ini berada di balik Pegunungan Seribu yang membatasi kabupaten Bantul dan kabupaten Gunung Kidul. Anda bisa menikmati banyak sekali pemandangan dari puncak perbukitan yang berada di utara dan mengelilingi area ini. Dari ketinggian pengunjung akan terpesona melihat lautan bergelombang yang membentang luas dan hamparan pasir yang ada di Pantai Parangendog, lebih luas lagi Anda dapat melihat Parangtritis dengan pengunjungnya yang memenuhi lokasi. Perbukitan hijau yang memanjang dan berkelok menyuguhkan keindahan dan keeksotisan pantai.

Pantai Parangendog

sumber foto: IG @andri_nugroho_08

Pemandangan unik yang bisa didapat adalah persawahan milik penduduk setempat. Berbagai aktivitas mengolah ladang meramaikan pemandangangan yang ada. Ladang yang ditumbuhi padi dan ada juga yang ditanami bawang merah. Sensasi utama menikmati pemandangan adalah keindahan saat matahari mulai terbenam seolah-olah memasukan dirinya ke dalam laut lepas. Warna-warni senja akan membuat permukaan laut terlihat berkilau dan perbukitan tampak menguning seperti emas.

Bukit yang berada di Pantai Parangendog juga biasanya dipakai untuk landasan olahraga udara, seperti paralayang. Wisatawan yang berani dan juga punya budget dapat melakukan takeoff di puncak bukit ini untuk kemudian meluncur ke udara, dan melihat keindahan panorama yang ada di bawahnya dari sudut yang berbeda.

Baca Sebelumnya:

Liburan Tenang di Pantai Nguluran, Purwodadi, Tepus
Natural Wall Jumping Air Terjun Pengantin, Goa Pindul, Gunung Kidul, Yogyakarta

Tentang Kami
JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan jasa di bidang rental mobil, rental motor dan paket wisata di Jogja. Berdiri sejak tahun 2009, kami siap memberikan service terbaik untuk Anda. Hubungi kami di nomer telepon: 0819 1555 0847 | 0812 2794 4404 | 0851 0604 2220.
  1. Pingback: JOGJA EMPAT RODA Rental Mobil Jogja, Sewa Mobil di Jogja Desa Wisata Manding - JOGJA EMPAT RODA Rental Mobil Jogja, Sewa Mobil di Jogja

Leave a Reply

*

Thanks!

WA CS 2

Rental Mobil Jogja

WA CS 1

Telp