Buka : 06.30 - 22.00
0811 2953 081 | 0819 1555 0847 | 0812 2794 4404 | 0817 7044 0340

Pantai Seruni, Pantai ‘Emas’ Di Bumi Gunungkidul

Banyak diantara jajaran pantai di Gunungkidul yang bisa dengan mudah dikunjungi karena aksesnya sangat mudah dan lokasinya mudah dicari baik dengan penunjuk jalan maupun google maps. Namun Gunungkidul juga menyimpan pantai-pantai yang masih tersembunyi dan perlu untuk dikenalkan kepada para wisatawan agar menjadi salah satu opsi destinasi wisata favorit.

Salah satu pantai tersembunyi yang ada di kawasan Gunungkidul yaitu pantai Seruni. Pantai ini berada di sebelah pantai Pok Tunggal yang sudah terkenal dengan keindahannya. Pantai Seruni bahkan memiliki keeksotisan tersendiri yang menjadi ciri khas dari pantai ini. Kira-kira dimana tepatnya lokasi pantai Seruni yang eksotis ini?

Lokasi Pantai Seruni

Tepatnya lokasi pantai Seruni berada di desa Tepus, kecamatan Tepus, kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jarak dari kota Yogyakarta mencapai 70 km sehingga bisa ditempuh selama 2 jam saja. Aksesnya memang cukup sulit karena harus berjalan kaki dan naik perahu dari tempat parkir menuju lokasi yang melewati jalur bibir pantai maupun dengan jalanan setapak yang cukup terjal ketika lewatjalur bukit.Perjalanan menuju Pantai Seruni memang begitu menantang namun, setelah sampai di sana, keindahan bisa terlihat dengan jelas.

Pantai Seruni

Pantai Seruni, Foto : IG @diyanamargonoo

Jika Anda bingung dengan rute yang harus dilalui menuju pantai ini, Anda bisa menggunakan Google Map. Sebagai tips, gunakan kendaraan pribadi agar Anda bisa mengatur jadwal pulang dengan mudah.

Asal-Muasal Pantai Seruni

Nama seruni diambil dari sebuah nama bunga berbahasa latin yakni chrysanthemun atau chrysous yang berarti emas. Dari arti kata ‘emas’ itu dimaknai sebuah keindahan didalamnya dan juga sebagai sumber mata pencaharian bagi penduduk sekitar. Nama itu digunakan karena panorama alami yang sungguh mempesona, biota laut yang masih terjaga dan untuk menggali sebuah ‘emas’ haruslah butuh perjuangan bukan? Karena untuk mencapai pantai yang elok ini juga harus membutuhkan perjuangan yang cukup melelahkan.

Foto : Akun IG @lizasifanni

Tiket Masuk dan Jam Operasional

Para pengunjung pantai Seruni hanya dikenakan biaya masuk sebesar Rp 10.000,00. Kemudian ditambah dengan biaya parkir sebesar Rp 3.000,00 untuk kendaraan roda dua dan Rp 5.000,00 untuk menginap, sedangkan untuk kendaraan roda empat dikenakan biaya parkir sebesar Rp 5.000,00 dan Rp 10.000,00 untuk menginap.

sumber gambar : akun Instaram @dadi.dani1212

Bagi para pengunjung tidak perlu khawatir tentang batasan waktu berkunjung ke Pantai Seruni karena buka setiap hari selama 24 jam. Jadi anda bisa kapanpun datang ke tempat ini untuk sekedar menikmati keindahannya.

Air Terjun Mini Buatan

Pada saat ombak sedang surut anda dapat bergeser ke sisi utara pantai Seruni karena terdapat ’air terjun mini’ yang dibuat oleh pengelola. ‘air terjun mini’ ini berasal dari mata air tawar yang dilengkapi dengan pipa pancuran sehingga menyerupai air terjun.

Artikel Wisata menarik lainnya :

Tahura – Taman Hutan Raya, Kawasan Konservatif Nan Cantik

Teras Kaca Pantai Nguluran, Dari Spot Selfi sampai Spot Uji Nyali

Tentang Kami
JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan jasa di bidang rental mobil, rental motor dan paket wisata di Jogja. Berdiri sejak tahun 2009, kami siap memberikan service terbaik untuk Anda. Hubungi kami di nomer telepon: 0819 1555 0847 | 0812 2794 4404 | 0851 0604 2220.

Leave a Reply

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Thanks!

WA CS 2

Rental Mobil Jogja

WA CS 1

Telp