Buka : 06.30 - 22.00
0811 2953 081 | 0819 1555 0847 | 0812 2794 4404 | 0817 7044 0340

Potensi Wisata Swafoto Yang Instagenik di Sawah Sukorame Bantul

Sebagai provinsi yang memiliki potensi sumber daya manusia dan sumber daya alam yang melimpah, Yogyakarta bermetamorfosa dari daerah yang kaya akan cagar budayanya menjadi daerah yang sangat kreatif membangun potensinya menjadi sesuatu yang indah dan memiliki potensi wisata yang luar biasa.

Sawah Sukorame
Sawah Sukorame, sumber foto : Akun Instagram @sulistyoraden

Sebagai provinsi yang menjadi salah satu lumbung beras terbesar di Indonesia, Yogyakarta memiliki lahan persawahan yang luas dan subur. Anda bisa menemukan persawahan-persawahan di 4 kabupaten di Yogyakarta, diantaranya kabupaten Sleman, Kabupaten Kulon Progo, Kabupaten Gunung Kidul dan Kabupaten Bantul. Di Kabupaten Bantul ini ada satu lokasi persawahan yang tidak hanya menghasilkan padi unggul melainkan juga dioptimalkan untuk menambah pendapatan masyarakat setempat dengan potensi-potensi wisata yang dibuat, namanya adalah Sawah Sukorame di Bantul.

Sawah Sukorame, IG @delvymanda

Yang menjadi unik di Sawah Sukorame Bantul ini adalah jembatan bambu yang mengelilingi area persawahan dan lokasinya yang dikelilingi oleh bukit-bukit hijau nan subur. Awalnya ide pembangunan jembatan bambu tersebut muncul dari kegiatan KKN di tahun 2017. Karena kendala biaya proses pembangunan tersebut tidak rampung pada masa KKN tersebut. Namun kemudian dimulai lagi pada tahun 2018 oleh warga setempat yang akhirnya selesai dan resmi dibuka pada tahun yang sama.

source : IG @bintanguya

Dengan dibangunnya jembatan di area persawahan tersebut, pengelola berharap banyak pengunjung yang datang untuk mengenal proses penanaman padi, meningkatkan kepedulian lingkungan dan juga mampu meningkatkan potensi wisatanya.

Tak elak lagi, dari ide kreatif para mahasiswa KKN tersebut yang kemudian teraplikasi dengan pembangunan secara bertahap menjadi gebrakan perubahan yang mengagumkan. Perubahan yang unik di area Sawah Sukorame Bantul tersebut akhirnya menjadi viral di jejaring sosial seperti Facebook maupun Instagram. Viralnya foto-foto yang instagenik tersebut ternyata mampu mengundang ribuan wisatawan yang datang baik dari lokal maupun mancanegara.

Lokasi dan Rute Menuju Sawah Sukorame Bantul

Obyek Wisata di Sawah Sukorame berada di Mangunan, Dlingo, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta. Lokasinya tidak begitu jauh dari Malioboro, hanya sekitar 25 kilometer yang bisa ditempuh dengan kendaraan roda empat dalam waktu 50-60 menit. Untuk menuju ke Sawah Sukorame, Anda bisa menggunakan fasilitas Google Maps yang sudah ada di Smartphone. Ikuti saja rute terbaik yang disarankan oleh google map tersebut.

Apabila Anda menginginkan untuk mengunjungi tempat-tempat wisata di Bantul lainnya, Anda bisa menggunakan jasa rental mobil Jogja atau agen penyedia paket wisata Jogja. Ada beberapa obyek wisata lainnya di sekitar Sawah Sukorame, diantaranya adalah Jurang Tembelan Kanigoro, Bukit Panguk Kediwung, Hutan Pinus Asri, Puncak Becici, Hutan Pinus Pengger dan Air Terjun Sri Gethuk.

Potensi Wisata di Sawah Sukorame Bantul

Dengan maraknya kegemaran anak muda dalam berselancar di jagat maya dan jejaring sosial, keberadaan Sawah Sukorame ini menjadi tempat favorit dalam mengaktualisasikan hobinya di bidang fotografi. Banyak juga yang datang ke tempat ini untuk pembuatan foto prewedding. Karena antusiasmenya mereka untuk mendapatkan foto yang bagus agar bisa dipajang di feed Instagram, mereka rela membawa aksesoris dan properti foto seperti balon, payung, sarung, caping, radio jadul dan lainnya.

Waktu yang tepat untuk mengunjungi area persawahan Sukorame adalah pada pagi hari, selain udara yang sangat sejuk tentu saja ada kombinasi semburat matahari yang menerobos dari perbukitan sekitar. Ditambah menarik lagi saat sawah tersebut sudah mulai muncul bulir-bulir padinya yang mulai menguning. Hal tersebut menjadikan foto Anda begitu instagramable dan alami.  Selain pengaruh waktu, akan sangat bagus apabila pengambilan fotonya menggunakan drone, karena bisa mengambil seluruh bentang persawahan dan jembatan bambu yang ada.

Untuk saat ini daerah wisata sawah Sukorame belum diberlakukan tiket masuk, Anda cukup membayar parkir saja sebesar Rp. 2000 untuk motor dan Rp. 3000 untuk mobil. Meskipun masih gratis, kami berharap supaya pengunjung mampu menjaga kebersihan lingkungan dan tidak merusak sarana-prasarana yang ada.  

Saran dan Tips Saat Mengunjungi Sawah Sukorame Bantul

Ada beberapa saran yang bisa kami berikan bagi Anda yang hendak mengunjungi tempat tersebut, diantaranya :

  1. Lakukan kunjungan di pagi hari
  2. Bawalah kamera, jika memungkinkan bawalah drone
  3. Bawalah air mineral
  4. Bawalah property yang bisa menambah keindahan foto Anda
  5. Jaga kebersihan lingkungan dan sarana prasarana yang ada
  6. Bersosialisasilah terhadap masyarakat setempat, supaya bisa menambah pengalaman Anda

Mungkin itu saja yang bisa penulis sampaikan, apabila Anda membutuhkan informasi terhadap tempat wisata, informasi rental mobil jogja atau akomodasi selama di Jogja, Anda bisa menghubungi Jogja Empat Roda.

Tentang Kami
JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan jasa di bidang rental mobil, rental motor dan paket wisata di Jogja. Berdiri sejak tahun 2009, kami siap memberikan service terbaik untuk Anda. Hubungi kami di nomer telepon: 0819 1555 0847 | 0812 2794 4404 | 0851 0604 2220.

Leave a Reply

*

Thanks!

WA CS 2

Rental Mobil Jogja

WA CS 1

Telp