Buka : 06.30 - 22.00
0811 2953 081 | 0819 1555 0847 | 0812 2794 4404 | 0817 7044 0340

Sambutan Kehangatan Alam, Cemara dan Pandan di Pantai Somandeng

Jika Anda berencana berwisata ke Jogja, mampirlah ke Gunung Kidul. Gunung Kidul siap membuat Anda jatuh cinta dengan pemandangan menakjubkan yang akan disuguhkannya. Pesona keindahan puluhan destinasi pantai siap memanjakan Anda. Salah satu pantai di Gunung Kidul yang terkenal dengan potensi alamnya adalah Pantai Somandeng. Pantai ini terletak di Desa Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta yang merupakan salah satu diantara surga wisata alam di Kabupaten Gunung kidul.

Pantai Somandeng

sumber foto: Akun IG @dannysynthesis

Pantai Somandengbaru saja dibuka sebagai tempat wisata yang berada di area dimana dahulunya adalah pandan laut dan juga area hutan cemara udang yang dikelola oleh perhutani dan UGM. Pantai ini dikembangkan oleh penduduk sekitar dengan mengantongi ijin dari pemerintah daerah setempat. Diresmikannya pantai ini sebagai objek wisata bertujuan untuk memaksimalkan potensi alam yang dimilikinya. Pantai ini mempunyai keunikan yang jarang dimiliki pantai lain yaitu beberapa pipa besar yang menghadap ke tengah laut. Ini adalah pantai yang terhitung masih baru dan membutuhkan beberapa perbaikan disana sini. Pengelolaan pantai dilakukan oleh pihak swasta. Beberapa penginapan, tempat makan, dan WC umum sedang dibangun untuk meningkatkan fasilitas objek wisatanya.

Jika Anda berkunjung ke Pantai Somandeng ini, Anda akan disambut dengan rimbunnya pohon cemara. Tidak hanya pohon cemara udang yang melakukan penyambutan, tetapi warung-warung yang tertata rapi di antara pohon-pohon cemara udang dan pandan laut tersebut juga akan menyambut kedatangan Anda. Anda akan disuguhi pemandangan pantai tanpa dihalangi gundukan karang sehingga terlihat lebih luas. Sama seperti kebanyakan pantai selatan lainnya, pantai ini juga terkadang akan cukup berbahaya untuk aktivitas main ombak. Hal ini dikarenakan ombak memiliki intensitas sedang dengan gulungan yang lumayan besar. Saat Anda mengamati kawasan bibir pantai, banyak sekali karang dan aneka tanaman laut dicelah-celahnya. Ikan-ikan kecil dan beberapa bintang laut kadang tersangkut diantara tumbuhan-tumbuhan tersebut.

Pantai Somandeng

Sumber foto: Akun IG @chornie_nie

Anda juga akan disuguhi kenyamanan tak terbatas ketika berkunjung ke pantai ini. Kenyamanan tersebut tentunya datang dari rimbunnya pohon cemara udang. Pohon cemara udang saat ini sedang digalakkan pemerintah daerah setempat di sepanjang pesisir laut selatan dengan tujuan mencegah proses pengikisan atau yang lebih terkenal dengan istilah abrasi pantai. Meskipun pemandangan area pantai memang tidak begitu menarik dan cukup datar, tetapi Anda tetap bisa menikmati suasana pantai dengan pasir putih yang menawan dan bersih.

Meskipun tempat wisata Pantai Somandeng belum dilengkapi dengan aneka atraksi laut, akan tetapi fasilitas pendukungnya lumayan lengkap. Disekitar pantai ada banyak penyewaan gubug gazebo, banyak warung yang menjual snack dan juga kelapa muda, aneka tempat makan dengan olahan khas seafood, dan juga beberapa villa untuk Anda menginap.

Artikel Lainnya:

Spot Menakjubkan di Kawasan Irung Gareng, Gunung Kidul, Yogyakarta
Alaminya Pantai Peweden Ciut, Kemadang, Tanjungsari, Gunung Kidul

Tentang Kami
JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan jasa di bidang rental mobil, rental motor dan paket wisata di Jogja. Berdiri sejak tahun 2009, kami siap memberikan service terbaik untuk Anda. Hubungi kami di nomer telepon: 0819 1555 0847 | 0812 2794 4404 | 0851 0604 2220.
  1. Pingback: JOGJA EMPAT RODA Rental Mobil Jogja, Sewa Mobil di Jogja Panorama Alam Pantai Watulawang, Gunung Kidul, yang Menawan

Leave a Reply

*

Thanks!

WA CS 2

Rental Mobil Jogja

WA CS 1

Telp